3 Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10 yang Bisa Anda Coba

Laptop atau komputer yang Anda miliki tentunya tidak akan lengkap jika tidak diinstal aplikasi – aplikasi tertentu. Aplikasi – aplikasi yang Anda install pun beragam, ada aplikasi untuk mengolah kata, gaming, membuat video, mengedit gambar dan lain sebagainya.

Namun, adakalanya ketika Anda sudah merasa tidak membutuhkan lagi aplikasi tersebut, Anda tentunya perlu menghapus (uninstall) aplikasi tersebut karena nantinya aplikasi tersebut hanya akan menghabiskan space harddisk anda atau jika aplikasi tersebut berjalan pada startup, tentu saja akan memperlambat aktivitas multitasking yang dilakukan RAM .

Secara umum, untuk uninstall aplikasi pada versi windows sebelumnya, Anda perlu melewati beberapa langkah terlebih dahulu. Nah, tetapi kalau Anda menggunakan Windows 10, untuk uninstall program atau aplikasi menjadi jauh lebih singkat dan sederhana.

Pada pembahasan kali ini, Nesaba Media akan memberika 3 cara uninstall aplikasi di Windows 10. Untuk lebih jelasnya, simaklah Berikut 3 cara uninstall aplikasi atau program dari Windows 10 dibawah ini.

1. Melalui Menu Start

Nah, cara yang satu ini tentunya sangat mudah untuk dilakukan karena Anda dapat menghapus aplikasi ataup program di Windows 10 secara langsung melalui menu Start. Caranya dengan mengarahkan pointer Anda ke pojok kiri bawah lalu klik ikon Start (Ikon yang berlogo Windows). Kemudian, pilih aplikasi yang ingin Anda uninstall dengan cara mencari nama aplikasi atau program tersebut pada kotak search.

Setelah Anda menemukan aplikasi atau program yang akan di-uninstal, klik kanan pada aplikasi atau program tersebut lalu pilih Uninstall dari menu dropdown yang muncul seperti pada gambar dibawah ini.

cara uninstall aplikasi di windows 10

2. Melalui Fitur Settings

Selain melalui menu Start, Anda juga dapat menggunakan fitur Settings untuk meng-uninstall aplikasi atau program tertentu. Berikut langkah – langkah uninstall aplikasi atau program melalui fitur Settings.

1. Pertama, buka jendela Settings (Ikon bergambar gerigi). Disini saya membuka Setting melalui menu Start dengan cara mengarahkan pointer ke pojok kiri bawah lalu klik ikon Start kemudian pilih ikon Settings seperti gambar dibawah ini.

klik setting yang berlogo gerigi

2. Setelah jendela Settings tampil, pilih System (Display, notifications, search, power) > Apps & features.

cara uninstall program di windows 10

 

3. Pada jendela Apps & features, Anda akan melihat daftar aplikasi atau program yang ada pada PC Anda yang telah diurutkan berdasarkan ukurannya masing – masing. Nah, untuk mencari aplikasi yang akan di-uninstal, Anda dapat menggunakan kotak pencarian pada kolom Search this list.

Pilih aplikasi atau program yang ingin Anda uninstall

4. Untuk menguninstal aplikasi, cukup klik pada aplikasi yang akan di-uninstal kemudian klik tombol Uninstall seperti pada gambar dibawah ini.

Apps and Feature pada di windows 10

3. Melalui Fitur Control Panel

Terakhir, Anda dapat menggunakan fitur control panel untuk meng-uninstal aplikasi atau program pada PC selain dari kedua cara diatas. Memang, cara uninstall melalui Control Panel tidak sesingkat ataupun semudah kedua cara diatas tetapi tidak ada salahnya jika Anda ingin mencobanya. Berikut ini langkah – langkah uninstall aplikasi atau program melalui control panel.

1. Pertama, buka Control Panel. Salah satu caranya adalah menggunakan power user task menu dengan cara arahkan pointer ke pojok kiri bawah lalu klik kanan pada ikon Start dan pilih Control Panel.

Pilih start kemudian Control Panel

2. Klik Programs > Programs and Features atau langsung klik Uninstall a program.

Klik Programs > Programs and Features

3. Kemudian, cari aplikasi atau program yang ingin Anda uninstall. Klik kanan pada aplikasi tersebut lalu klik Uninstall.

Pilih aplikasi yang Anda inginkan

Nah, sekian pembahasan kali ini tentang 3 cara uninstall aplikasi di Windows 10. Jika ada aplikasi yang memang jarang sekali Anda gunakan atau benar-benar tidak dibutuhkan, lebih baik dihapus aplikasi tersebut, daripada hanya akan memenuhi space harddisk Anda. Selamat mencoba!

Ada pertanyaan atau komentar?