6 Hal yang Perlu Anda Analisa Sebelum Membangun Server

Berbicara mengenai server, mungkin yang terdapat pada benak pikiran anda adalah bahwa server merupakan sebuah komputer yang memiliki spesifikasi yang sangat tinggi.

Anggapan tersebut tidaklah salah, mengingat server pada umumnya bekerja dengan berat.

Untuk membangun server, anda perlu menganalisa beberapa faktor yang menurut saya harus anda lakukan sebelum membangun sebuah server. Berikut beberapa hal yang perlu kita analisa sebelum membangun server :

cara membangun server

1. Aktifitas Bisnis yang Dilakukan

Hal pertama yang perlu anda analisa adalah aktifitas bisnis yang akan dilakukan server. Terlebih dahulu kita harus menentukan seberapa berat aktifitas yang akan dilakukan server.

Apakah server akan bekerja berat, sedang atau ringan ?

Jika anda sudah menentukan aktifitas bisnis yang akan dilakukan server, kita bisa menentukan kebutuhan hardware yang diperlukan oleh server dengan mudah.

2. Pemilihan Hardware

Pemilihan hardware yang tepat merupakan salah satu kunci membangun server yang optimal. Anda harus benar-benar bijak dalam memilih hardware yang akan anda gunakan pada server yang sedang anda bangun.

Pastikan anda memilih hardware yang sesuai dengan aktifitas bisnis yang akan dilakukan server.

Sangat disayangkan sekali jika kita menghabiskan banyak uang untuk membangun server dengan spesifikasi yang sangat tinggi padahal server tersebut hanya digunakan untuk aktifitas bisnis yang sangat ringan.

Dalam hal ini, anda harus betul-betul teliti dalam memilih hardware dikarenakan pemilihan hardware yang kurang tepat akan berdampak pada kinerja server.

3. Jumlah Pengguna

Berapa banyak pengguna sangat berpangaruh dalam pembangunan server yang optimal. Aktifitas bisnis yang ringan mungkin dapat diimbangi dengan spesifikasi server yang rendah, tetapi bagaimana jika jumlah penggunanya sangat banyak ?

Dalam hal ini, gunakan rumus sebagai berikut untuk memecahkan masalah tersebut :

rumus

Dalam rumus berikut dijelaskan bahwa untuk mendapatkan spesifikasi server yang sesuai dan optimal, jumlah pengguna dikalikan dengan rasio aktifitas bisnis yang dibutuhkan, kemudian dikalikan lagi dengan jumlah pengguna.

Jumlah pengguna dan aktifitas bisnis merupakan faktor yang berdampingan dan tidak bisa dipisahkan untuk membuat margin antar spesifikasi minimal dan rata-rata operasional.

4. Skalabilitas

Sebuah server harus tetap berkembang mengikuti perkembangan teknologi yang akan datang.

Maka dari itu, penentuan skema jaringan, pembagian sumber daya yang tepat, dan alokasi cadangan yang tepat sangat diperlukan guna menunjang perkembangan server yang akan kita bangun.

5. Titik Penyebaran

Jika lokasi pengguna yang mengakses server hanya terdapat pada satu lokasi saja, mungkin satu server saja sudah cukup. Tetapi bagaimana jika lokasi pengguna yang mengakses server bertebaran di lokasi yang berbeda-beda yang tidak dapat dijangkau oleh server?

Untuk mengantisipasi hal tersebut, diperlukan server sekunder. Dengan membuat server sekunder, penyampaian informasi/ data pada pengguna yang lokasinya sangat jauh dari server utama akan lebih terjamin.

Alternatif lain yang bisa dilakukan untuk menanggulangi hal tersebut adalah dengan meningkatkan media pengiriman data seperti menggunakan media berkecepatan tinggi, contoh : kabel fiber optik.

6. Software

Seperti yang kita tahu bahwa hardware dan software merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Hardware tidak dapat bekerja tanpa software, dan sebaliknya. Pemilihan software yang tepat sangat berpengaruh pada kinerja server yang akan kita bangun nanti.

Pilihlah software yang menawarkan jaminan, kehandalan serta keamanan yang memadai. Sungguh bencana besar apabila server yang melayani ribuaan bahkan jutaan pengguna down atau mati. Maka dari itu, untuk meminimalisir hal tersebut diperlukan software yang benar-benar berkualitas.

Intinya, analisa terhadap kebutuhan server harus dilakukan sebelum anda hendak membangun sebuah server. Untuk membangun server yang sesuai dan optimal, server harus disesuaikan dengan beberapa faktor seperti aktifitas bisnis, jumlah pengguna dan faktor lain yang sudah saya bahas di atas.

Ada pertanyaan atau komentar?