4 Cara Cek Kuota Internet 3 yang Bisa Anda Lakukan, Cara #1 Sering Saya Gunakan

Kebutuhan akan akses internet sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Dewasa ini, seakan-akan internet sudah menjadi ‘kebutuhan pokok’ semua orang. Pernyataan tersebut tidaklah salah, mengingat manfaat dari internet sangatlah banyak. Komunikasi yang cepat, berjualan online, semakin mudahnya mendapat berita dan pengetahuan, semua hal tersebut tak lepas dari peran internet.

Banyak orang yang berbondong-bondong membeli paket internet guna menikmati manfaat internet ini. Salah satu paket internet yang sering dgunakan adalah paket internet berbasis kuota. Hampir semua operator seluler menyediakan paket internet berbasis kuota, salah satunya adalah 3 atau orang sering menyebutnya Tri.  Menurut saya pribadi, Tri menyediakan paket internet berbasis kuota yang dibanderol dengan harga yang cukup miring. Saya menggunakan Tri dalam aktivitas browsing saya sehari-hari.

Baca juga: cara cek kuota indosat / im3

Namanya juga dibatasi dengan kuota, yah kita harus pintar-pintar menghemat pemakaian kuota internet agar tidak cepat habis. Terus bagaimana sih cara cek kuota 3 (tri)? Simak langkah-langkahnya sebagai berikut :

Bagaimana Cara Cek Kuota 3?

Cara #1 Melalui SMS

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengecek berapa sisa kuota kita adalah dengan menggunakan pesan singkat atau sms. Cara ini merupakan cara yang sering saya gunakan jika ingin melihat berapa sisa kuota internet yang saya punya.

1. Ketik “info data” dan kirim ke 234.

cara cek kuota 3 lewat sms

2. Setelah itu, anda akan mendapatkan sms yang berisi informasi mengenai nomor anda beserta sisa kuota internet yang anda miliki.

cara cek kuota 3 step dengan sms

Cara #2 Melalui USSD

USSD merupakan semacam protokol yang digunakan oleh perangkat GSM untuk berkomunikasi dengan komputer provider yang anda gunakan. Untuk mengecek sisa kuota melalui USSD bisa anda lakukan dengan cara sebagai berikut :

1. Tekan *111*4*2# pada ponsel anda.

menggunakan dial

2. Pilih paket internet yang anda gunakan, misal jika anda ingin melihat sisa Kuota Data Regular, tekan 1.

langkah keempat cara cek kuota 3

3. Anda akan mendapatkan sms yang sama dengan cara pertama yang berisi informasi nomor beserta sisa kuota internet anda.

balasan berupa sms

Cara #3 Melalui situs internet.tri.co.id

Dengan cara ini, kita dapat melihat sisa kuota internet yang kita miliki langsung melalui situs Tri. Langkah-langkahnya bisa anda simak sebagai berikut:

1. Buka situs internet.tri.co.id melalui browser ponsel anda.

melalui web 3

2. Anda akan melihat informasi mengenai sisa kuota internet anda yang berbentuk speedometer. Selain itu, anda juga dapat melihat nomor kartu anda, jenis kartu, sisa pulsa, jenis paket internet yang digunakan sampai masa aktif kartu.

langkah cara cek kuota 3 kedelapan

Cara #4 Melalui aplikasi BimaTri

Tidak hanya digunakan untuk mengecek sisa kuota internet anda, aplikasi ini mempunyai banyak sekali fitur.

Diantaranya adalah notifikasi otomatis saat kuota mau habis, menampilkan informasi kartu (nomor kartu, masa berlaku, sisa pulsa dll) dan masih banyak lagi fitur lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

1. Install aplikasi BimaTri disini (untuk pengguna Android).

install aplikasi BimaTri

2. Jika sudah, buka aplikasinya. Selain sisa kuota internet, anda juga dapat melihat informasi seperti nomor Tri anda, sisa pulsa, masa berlaku dan informasi lainnya yang bisa anda utek-utek sendiri, hehehe.

informasi kartu anda

Closing…

Dari keempat cara cek kuota 3 (tri) yang telah saya sebutkan diatas, hanya nomor 1 yang menurut saya paling simpel dan gak ribet. Misalkan ada error menggunakan cara pertama, mungkin cara kedua bisa anda jadikan alternatif.

Hmmm, sedangkan untuk cara ketiga dan keempat membutuhkan koneksi untuk mengecek sisa kuota anda, yaah meskipun tidak memakan begitu banyak koneksi sih, hehehe. So, pilih yang menurut anda simpel dan mudah. 🙂

 

2 Comments

  1. mantap86
  2. Vina saputri

Ada pertanyaan atau komentar?