4 Cara Download Video Youtube Tanpa Software

Seperti yang kita tahu bahwa hampir setiap orang jika ingin melihat video, situs pertama kali yang mereka kunjungi adalah youtube. Youtube merupakan situs berbagi video nomer 1 yang paling sering diakses oleh pengguna internet. Di youtube, anda dapat menemukan berbagai jenis video, ada video tutorial, trailer film, video klip dan lain sebagainya.

Kebanyakan pengguna internet lebih suka mendownload video youtube terlebih dahulu kemudian mereka tonton menggunakan video player yang terdapat di laptop atau ponsel mereka. Mendownload video ini berbeda dengan menyimpan video untuk ditonton secara offline (tombol Save pada aplikasi youtube di ponsel android).

Dalam tutorial kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara download video youtube tanpa software apapun yang bisa anda praktikkan di PC atau ponsel anda. Ingat ya, disini kita akan mendownload dan menyimpan videonya di drive kita, bukan menontonnya secara offline seperti yang ditawarkan oleh fitur youtube pada pengguna ponsel.

Cara download video youtube tanpa software

Disini saya akan menjelaskan lima cara yang bisa anda gunakan untuk mendownload video tanpa harus menginstal software terlebih dahulu. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Menggunakan add-ons/ ekstensi

Salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk mendownload video youtube tanpa software adalah dengan menggunakan add-ons atau ekstensi di browser anda. Add-ons yang sering saya pakai adalah Easy Youtube Video Downloader.

Ekstensi ini tergolong simpel, praktis dan memiliki pilihan resolusi yang banyak, mulai dari 144p, 360p, 720p sampai dengan 1080p. Yang saya tahu, ekstensi ini hanya tersedia di Mozilla dan Opera, dan untuk Google Chrome tidak menyediakannya (kebijakan Google melarang ekstensi yang digunakan untuk mendownload video dari youtube).

Sebagai contoh, saya ingin menambahkan ekstensi Easy Youtube Video Downloader di browser Mozilla saya. Tutorial cara menambahkannya bisa anda lihat dibawah ini:

1. Buka browser Mozilla, kemudian pilih ikon menu yang terletak di kanan atas. Setelah itu, pilih Add-ons.

cara download video youtube tanpa software

2. Pada kotak pencarian, ketikkan “easy youtube“.

ketikkan easy youtube

3. Akan muncul hasil pencarian dengan kata kunci “easy youtube“. Pilih Install pada ekstensi yang telah saya beri tanda kotak merah (Easy Youtube Video Downloader Express).

cara download video youtube tanpa software

4. Buka video youtube yang ingin anda download. Klik tombol Download As yang terletak dibawah judul video kemudian pilih resolusi atau format video yang anda inginkan.

download video youtube tanpa software

2. Menambahkan ‘ss’ pada url video

Cara yang kedua ini seringkali digunakan oleh kebanyakan pengguna internet. Untuk cara mendownload video youtube dengan metode ini, kita cukup menambahkan ‘ss’ pada url video youtube yang ingin kita download. Simak cara lengkapnya sebagai berikut:

1. Buka video youtube yang ingin anda download.

2. Perhatikan url videonya dan tambahkan ss di url videonya. Misalkan url videonya seperti ini: https://www.youtube.com/watch?v=qiHk1j9cVps. Jika ditambahkan ss akan menjadi seperti https://www.ssyoutube.com/watch?v=qiHk1j9cVps. Kemudian tekan Enter.

tambahkan ss pada url video

3. Anda akan diarahkan ke halaman download. Setelah itu, pilih format video yang anda inginkan.

download video youtube tanpa software

4. Video akan terdownload dan pilih Save File untuk menyimpan videonya.

save file untuk menyimpan video ss

3. Menambahkan ‘dl’ pada url video

Ada juga cara lain yang serupa dengan cara kedua yaitu dengan menambahkan ‘dl’ pada url videonya. Cara ini memang mirip sekali dengan cara kedua tetapi jarang sekali pengguna internet menggunakan cara ini, mereka lebih familiar dengan kata “ss” daripada “dl”.

1. Buka video youtube yang ingin didownload.

2. Perhatikan url pada video tersebut. Misal url videonya adalah https://www.youtube.com/watch?v=h67f1Kzv6zI. Kita cukup menambahkan dl pada url videonya sehingga menjadi https://www.dlyoutube.com/watch?v=h67f1Kzv6zI. Setelah itu, tekan Enter.

tambahkan dl untuk download video

3. Anda akan diarahkan ke halaman download videonya. Ada beberapa pilihan format video yang bisa anda pilih yakni MP4 (720p), MP4 (360p), 3GP (240p) atau 3GP (144p). Jangan pilih MP3 ya, anda pasti tahu kalau MP3 itu merupakan format audio/ musik.

pilih format video youtube

4. Setelah itu, pilih Save File untuk menyimpan videonya.

download video youtube tanpa software di android

4. Menambahkan ‘save/ kick’ pada url video

Cara kerja metode keempat ini hampir sama dengan cara kedua dan ketiga, yakni dengan menambahkan beberapa huruf pada url videonya. Kita hanya perlu menambahkan save/ kick pada url videonya. Baik menggunakan save atau kick sama saja, nanti kita akan diarahkan ke halaman download yang sama. Sama halnya dengan cara ketiga, cara ini juga jarang sekali digunakan oleh kebanyakan orang.

1. Buka video youtube yang ingin anda download.

2. Tambahkan kata save/ kick pada url videonya (saya menggunakan kata save). Pastikan anda menambahkan kata save/ kick sesuai dengan gambar dibawah, setelah itu tekan Enter.

menambahkan save untuk download video

3. Pilih resolusi atau format video yang anda inginkan. Setelah itu klik tombol Download video yang berwarna hijau.

menambahkan save untuk mengunduh video youtube

4. Tunggu beberapa detik kemudian pilih Save File untuk menyimpan videonya.

menambahkan save dan save file untuk menyimpannya

5. Menggunakan layanan situs video downloader online

Cara terakhir yaitu dengan menggunakan layanan situs video downloader online. Perlu anda ketahui, cara kedua sampai dengan cara keempat sebenarnya juga menggunakan layanan situs video downloader online (meskipun berbeda situs).

Ada banyak sekali layanan video downloader yang bisa digunakan, contohnya adalah KeepVid. KeepVid merupakan situs video downloader online yang tidak hanya digunakan untuk mendownload video youtube, tetapi juga bisa digunakan untuk mendownload video dari facebook.

1. Buka video youtube yang ingin anda download kemudian copy url videonya.

menggunakan tool online 1

2. Buka situs keepvid.com kemudian pastekan url videonya seperti yang anda lihat pada gambar dibawah. Setelah itu, klik tombol Download.

download video dengan online downloader

3. Anda akan diarahkan ke halaman download seperti gambar dibawah. Ada beberapa opsi resolusi yang bisa anda pilih, yakni 720p, 360p sampai dengan 144p. Setelah itu klik tombol Download.

video downloader

4. Pilih Save File untuk menyimpan video tersebut ke drive PC/ laptop anda.

download video youtube tanpa software

Itulah beberapa cara download video youtube tanpa software yang bisa anda coba sekarang juga. Untuk pengguna PC / laptop, semua cara diatas bisa digunakan. Sedangkan untuk pengguna ponsel android, cara pertama saya rasa kurang cocok untuk digunakan. Jadi saya sarankan untuk pengguna android menggunakan cara kedua sampai cara kelima.

Ada pertanyaan atau komentar?