Panduan Cara Install Movie Maker Di Windows 10, Software Sederhana untuk Editing Video

Bagi Anda pengguna Windows tentunya sudah tidak asing dengan aplikasi Windows Movie Maker, bukan? Windows Movie Maker merupakan aplikasi editing video yang memungkinkan Anda untuk mengubah gambar, file audio, dan klip pendek menjadi film. Berbagai jenis media yang dapat digunakan di Window Movie Maker, termasuk foto dari kamera digital, kartu flash, smartphone dan DVD. Aplikasi ini sering menjadi andalan dalam editing video yang ringan.

Jika Anda pengguna versi Windows 10, Anda tidak akan menemukan Window Movie Maker didalamnya. Windows Movie Maker memang tidak terinstall pada Windows 10. Ditambah lagi, status supportnya sudah habis pada 10 Januari 2017. Tetapi, bukan berarti Anda yang menggunakan Windows 10 tidak bisa menggunakan Movie Maker. Nah, untuk itu, Anda harus menginstall Movie Maker di windows 10 dengan mengikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini.

Download Installer Movie Maker

Sebelum melakukan install, Anda harus mendownload software Movie Maker terlebih dahulu. Windows Movie Maker merupakan bagian dari Windows Essential 2012. Sayangnya, installer Movie Maker sudah tidak tersedia lagi di website official Microsoft. Tetapi jangan khawatir, Anda bisa mendownloadnya disini.

Cara Install Movie Maker di Windows 10

Nah, setelah installer Movie Maker selesai diunduh, sekarang Anda hanya perlu menginstall aplikasi tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

1. Double klik file yang telah Anda download tadi.

cara install movie maker di windows 10

2. Jika Windows Anda belum terinstall .NET Framework 3.5 maka installer akan meminta Anda untuk menginstallnya. Caranya dengan mengklik Download and install this feature. Pastikan juga Anda terkoneksi dengan internet.

Cara Install Movie Maker Di Windows 10

3. Setelah .NET Framework 3.5 diinstal maka proses instalasi pun dimulai. Pada tahap awal, Anda akan diberi pilihan untuk menginstall seluruh atau beberapa aplikasi pada Windows Essentials. Tetapi karena Anda hanya akan menginstal Movie Maker di Windows 10 maka cukup pilih Choose the programs you want to install.

4 Pilih program apa saja yang ingin diinstall

4. Hilangkan semua centang yang ada tetapi tetap centang Photo Gallery and Movie Maker saja.

centang Photo Gallery and Movie Maker

5. Proses instalasi Movie Maker di Windows 10 pun akan berlangsung.

6. Setelah proses instalasi selesai, Anda hanya tinggal membuka aplikasi Movie Maker melalui Start Menu ataupun mencari Movie Maker melalui Fitur Search.

Cara Install Movie Maker Di Windows 10

7. Double klik pada aplikasi Movie Maker tersebut lalu di awalnya akan tampil term dan pilih Accept.

klik pada aplikais Movie Maker

8. Nah, sekarang aplikasi Movie Maker sudah siap Anda gunakan di Windows 10 untuk mengedit video, mengubah berbagai foto, audio, ataupun klip menjadi sebuah video. Selain itu, Anda juga menerapkan berbagai ragam tema, transisi, teks, dan visual efek yang sudah tersedia.

Cara Install Movie Maker Di Windows 10

Nah, sekian pembahasan kali ini tentang cara install Movie Maker di Windows 10. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih!

Ada pertanyaan atau komentar?