Cara Main COC di PC atau Laptop Lengkap dengan Gambar (Untuk Pemula)

Game Clash of Clans atau yang sering disebut dengan COC semakin populer dan penggunanya semakin merangkak tajam. Saat ini, game besutan Supercell yang bergenre strategi ini hanya bisa dijalankan di platform Android dan iOS.

Nah, bagi anda yang tidak mempunyai ponsel berbasis Android atau iOS, anda bisa menjalankan game ini melalui laptop atau PC anda. Meskipun begitu, anda terlebih dahulu harus menginstall emulator android yang sudah pernah saya bagikan dalam artikel “Panduan cara menjalankan aplikasi/ game andorid di PC“.

Ada satu artikel yang saya temui di internet yang menjelaskan bagaimana cara bermain game COC di PC TANPA menggunakan emulator. Dalam artikel tersebut, kita disuruh menginstall Mobizen, salah satu aplikasi recorder terpopuler.

Perlu anda ketahui bahwa tutorial tersebut hanya berlaku bagi anda yang mempunyai ponsel berbasis android sekaligus PC atau laptop. Jadi anda membutuhkan dua device sekaligus, hanya untuk bermain game COC. Sebenarnya, aplikasi Mobizen ini hanya menampilkan apa yang terdapat pada ponsel android anda, jadi wajar saja jika penggunaannya tidak memakan banyak resource PC anda dan jarang sekali membuat PC anda ngelag.

Nah dalam artikel ini, saya akan menjelaskan cara main COC di PC atau laptop dengan mudah, tanpa harus mempunyai ponsel android maupun iOS.

Cara Main COC di PC atau Laptop

1. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, bahwa anda terlebih dahulu harus menginstall emulator android (tutorialnya disini). Tenang saja, jangan takut bahwa emulator ini bakalan membuat PC anda ngelag, karena selama saya menggunakannya, emulator ini (MeMu) benar-benar ringan dan tidak terlalu makan banyak resource.

2. Saya anggap anda sudah berhasil menginstall emulator android beserta konfigurasi Playstore-nya. Kemudian buka aplikasi Play Store.

cara main coc di laptop

3. Ketikkan Clash of Clans atau COC pada kolom pencarian. Kemudian pilih Install dan tunggu beberapa menit untuk proses instalasinya.

Pilih install untuk menginstall coc

4. Setelah proses instalasi selesai, pilih Open untuk membuka gamenya.

cara main coc di PC

5. Anda akan melihat notifikasi yang berisi anda harus menyetujui syarat dan ketentuan yang telah dibuat oleh game ini. Pilih OK untuk melanjutkan.

cara bermain coc di pc dan laptop

6. Pada step ini, anda diharuskan untuk membuat Gamer ID. Pilih NEXT untuk melanjutkan.

Membuat gamer ID

5. Anda bisa membuat Gamer ID sesuai keinginan anda. Dalam contoh kali ini, saya menggunakan NesabaMedia90 sebagai Gamer ID saya. Setelah itu, pilih SIGN IN.

CoC tanpa emulator

6. Tadaah, sekarang anda bisa bermain COC di PC atau laptop.

bermain coc tanpa bluestack

Game COC ini memang seru, selain membangun benteng yang kuat, kita juga disuruh berfikir cerdik membangun strategi untuk menumbangkan benteng lawan.

Melalui artikel diatas, semoga anda dapat bermain COC di PC atau laptop dengan lancar dan mulus, tanpa perlu memiliki ponsel yang berbasis Android maupun iOS. Selamat mencoba dan sampai jumpa pada artikel tutorial berikutnya!

Ada pertanyaan atau komentar?