2 Cara Mematikan Windows Update di Windows 10 dengan Mudah (100% Berhasil)

Sudah menjadi hal yang umum untuk sebuah sistem operasi untuk tetap terus up to date guna memperbaiki dan meningkatkan kualitasnya.

Mungkin itulah alasan mengapa Microsoft membuat Windows 10 otomatis mengecheck update, mendownload dan kemudian menginstallnya tanpa sepengetahuan kita. Fitur ini sebenarnya cukup bagus untuk para pengguna, namun sebagian menganggap itu adalah hal yang buruk, terutama bagi mereka yang memiliki koneksi internet terbatas.

Untuk itu ada dua cara yang bisa anda gunakan untuk mematikan fitur “update paksa” ini, yaitu:

Cara 1 – Menggunakan Metered Connection

Ketika anda menetapkan sebuah koneksi sebagai “metered”, Windows 10 secara otomatis tidak akan melakukan Update pada koneksi tersebut. Windows hanya akan kembali melakukan update apabila komputer anda terhubung ke jaringan yang non-metered.

Jadi bila anda tidak ingin melakukan update otomatis pada jaringan Wifi atau seluler anda cukup dengan mengesetnya menjadi metered dengan cara berikut :

1. Buka menu Settings atau dengan shortcut Windows + I.
2. Masuk ke menu Network & Internet.
3. Pada menu Wi-Fi pilih Advanced Options.

1

4. Langkah terakhir adalah mengeset Metered Connection menjadi On.

2

Pengaturan ini hanya akan berpengaruh pada jaringan Wifi yang sudah kita setting, dan Windows akan menyimpan setiap pengaturan tersebut. Sayangnya untuk saat ini jaringan Ethernet masih belum tersedia untuk fitur metered ini.

Cara 2 – Mematikan Windows Update Service

Cara ini adalah cara yang paling ampuh untuk mematikan update di Windows 10, yaitu dengan mendisable services yang bertanggung jawab untuk mengecheck, mendownload dan menginstall update pada Windows. Cara mendisablenya pun terbilang mudah, yaitu dengan cara:

1. Pertama buka menu Services dengan mengetik Services dan tekan Enter. Atau dengan menggunakan Run dan ketik services.msc lalu tekan Enter.

3

2. Kemudian cari Windows Update pada services list.

4

3. Setelah menemukannya, Klik 2 kali lalu akan muncul jendela Windows Update Properties.

5

4. Pada jendela Windows Update Properties set Startup Type menjadi “Disabled”.
5. Klik Stop untuk menghentikan services.

6

6. Kemudian Apply dan OK.

Mulai dari sekarang Windows Update anda tidak akan berjalan, yang berarti anda tidak akan mendapatkan update terbaru dari Microsoft.

Jika anda ingin melakukan update atau mengembalikan pengaturan seperti semula cukup ikuti langkah-langkah di atas, tapi pada jendela Windows Update Properties set Startup type: menjadi “Automatic”.

Perlu di ingat bahwa mematikan fitur Auto Update bukanlah sebuah ide bagus, karena anda tidak akan menerima pembaruan dan peningkatan keamanan. Dan di lain sisi Microsoft akan secara rutin merilis update dan fitur baru, dan untuk mendapatkan versi terbaru anda tetap harus menginstall update-update sebelumnya.

4 Comments

  1. Yos
  2. Yos
  3. atoet

Ada pertanyaan atau komentar?