2 Cara Membootable Flashdisk untuk Install Windows dan OS Lain

Untuk melakukan instalasi sistem operasi dengan menggunakan media flashdisk, anda terlebih dahulu harus membuat flashdisk tersebut bootable. Hal apa saja yang dibutuhkan untuk membootable flashdisk? Yang pertama sudah pasti flashdisk itu sendiri. Pastikan anda memiliki flashdisk yang ukuran sudah sesuai dengan ukuran sistem operasinya nanti.

Cara Membootable Flashdisk

Misalkan file ISO dari sistem operasi windows 10 berukuran 5GB, anda harus menyiapkan flashdisk dengan ukuran diatasnya, misal 8 atau 16GB. Yang kedua adalah, anda harus memiliki file ISO sistem operasinya. Misalkan anda ingin menginstal windows 10, terlebih dahulu anda harus memiliki file ISO windows 10 tersebut.

Cukup 2 itu saja yang anda perlukan untuk membootable sebuah flashdisk. Selanjutnya anda cukup menginstal software pihak ketiga yang akan digunakan untuk mengcopy file ISO tadi ke flashdisk anda sekaligus menjadikannya bootable.

Cara membootable flashdisk

Cara membootable flashdisk bisa anda lakukan dengan menggunakan dua software yang saya rekomendasikan, yakni Rufus dan UNetbootin.

1. Rufus

Rufus adalah sebuah software besutan Akeo Consulting yang digunakan untuk membootable flashdisk agar bisa digunakan untuk instalasi OS, baik itu windows, linux dan lain sebagainya.

Di website resminya, Rufus mengklaim dirinya lebih cepat dari software sejenis seperti UNetbootin atau WinToBootic. Saya belum membuktikannya sendiri hasil perbandingan dari ketiga software sekaligus tapi selama saya menggunakannya, proses bootable flashdisk yang dilakukan Rufus tergolong cepat dan sangat jarang sekali mengalami corrupt atau kasus beberapa file ISO yang belum tercopy.

Saya sangat merekomendasikan software ini untuk urusan membootable flashdisk. Anda bisa membaca tutorial cara membootable flashdisk dengan menggunakan Rufus melalui artikel berikut ini:

2. UNetbootin

Software selanjutnya yang saya rekomendasikan adalah UNetbootin. Saya jarang menggunakan UNetbootin, saya lebih sering menggunakan Rufus. Meskipun begitu, UNetbootin ini pantas menjadi rival dari Rufus daripada WinToFlash.

Kedua software ini sama-sama gratis dan memiliki fungsi yang sama yaitu untuk membootable flashdisk. Meskipun begitu, proses mengcopy file ke flashdisk sedikit lebih lama beberapa menit daripada Rufus. Anda bisa menggunakan UNetbootin ini untuk membootable flashdisk anda agar bisa digunakan sebagai media instalasi OS. Tutorialnya sudah saya tulis sebelumnya dan anda bisa membaca tutorialnya dibawah ini:

Itulah dua dari sekian banyak software yang bisa anda gunakan untuk membootable flashdisk anda. Sebenarnya anda bisa membootable flashdisk melalui CMD tapi saya sangat tidak menyarankannya, apalagi jika anda masih awam dalam dunia komputer. Selain itu, membootable flashdisk melalui CMD juga seringkali mengalami corrupt.

Maka dari itu, saya lebih menyarankan anda menggunakan software pihak ketiga yang lebih simpel dan praktis. Baiklah, semoga tutorial cara membootable flashdisk diatas bermanfaat dan jika ada hal ingin ditanyakan, silakan disampaikan pada kolom komentar dibawah.

Ada pertanyaan atau komentar?