Panduan Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri Lengkap untuk Pemula (100% Gratis)

Artikel kali ini mengenai cara membuat email dengan domain sendiri tanpa biaya alias gratis. Kenapa memiliki email dengan domain sendiri itu penting? Dengan menggunakan email dengan domain sendiri akan terlihat lebih profesional terutama untuk keperluan bisnis online. Jadi email anda nanti akan seperti [email protected].

Disini saya tidak menggunakan email dari cpanel atau membuat email server sendiri karena beberapa kasus malah memberatkan resource hosting yang kita gunakan. Dalam tutorial kali ini kita menggunakan layanan gratis untuk membuat email dengan domain sendiri, bukan layanan premium seperti Google Apps yang penggunanya diharuskan membayar setiap bulan.

Untuk ukuran perusahaan, mungkin menggunan layanan seperti Google Apps sangat disarankan karena fiturnya lengkap dan storagenya lebih besar. Tapi kalau yang gratis dengan fitur yang sudah lebih dari cukup dan hanya membutuh beberapa user saja, maka rekomendasi saya jatuh pada layanan email hosting dari Zoho. Dengan menggunakan email hosting gratis dari Zoho, kita bisa membuat email dengan domain sendiri, maksimal 25 pengguna dan masing-masing pengguna mendapat jatah 5GB storage. Lebih dari cukup, bukan?

Cara membuat email dengan domain sendiri

1. Pertama, anda harus daftar terlebih dahulu disini.

2. Masukkan email dan password anda. Jika sudah, pilih SIGN UP FOR FREE.

cara membuat email dengan domain sendiri

3. Jangan lupa untuk cek inbox email anda, dan klik email verifikasi yang dikirim oleh Zoho.

verifikasi email dari zoho

4. Selanjutnya pilih Mail.

cara membuat email dengan domains sendiri

5. Anda akan disuruh memasukkan nomor ponsel untuk keperluan verifikasi. Masukkan nomor ponsel anda yang masih aktif beserta password akun zoho anda. Kemudian pilih Send code.

6. Anda akan menerima sms yang berisi kode verifikasi. Masukkan kode tersebut, lalu pilih Verify Code.

cara membuat email dengan domain sendiri gratis selamanya

7. Nomor ponsel anda berhasil diverifikasi. Pilih Continue untuk melanjutkan.

verifikasi nomor ponsel berhasil

8. Berhubung kita ingin menggunakan layanan email hosting gratis, maka silakan pilih LITE dengan cara klik tombol CHOOSE.

pilih Lite

9. Masukkan alamat domain anda, lalu pilih Continue.

masukkan domain

10. Disini kita diharuskan untuk melakukan verifikasi kepemilikan domain. Pada Select your domain’s DNS Manager (DNS Hosting provider) from the list, pilih Others.

verifikasi kepemilikan domain

11. Ada tiga metode yang bisa anda pilih yaitu dengan memasukkan CNAME atau TXT record pada registrar tempat anda membeli domain atau bisa juga mengupload file HTML yang diberikan Zoho. Pada contoh kali ini, saya memilih memasukkan CNAME record untuk verifikasi kepemilikan domain.

12. Untuk menambahkan CNAME atau TXT record disetiap masing-masing registrar tidak jauh berbeda satu sama lain. Tidak mungkin saya menjelaskannya semua, mulai dari Namecheap, Godaddy, Name, IDWebhost, Rumahweb dan lain sebagainya.

Setting CNAME records di Cloudflare

Domain saya terdaftar di Namecheap, tapi saya perlu mengatur CNAME recordnya ke pengaturan DNS di Cloudflare.

Loh kok bisa? Blog saya menggunakan CDN dari Cloudflare untuk meringankan kinerja, mempercepat loading situs dan memanajemen trafik pada blog saya. Nah ketika kita menggunakan layanan CDN dari Cloudflare, kita diharuskan mengganti default nameserver dari registrar tempat anda membeli domain menjadi nameserver yang telah diberi oleh Cloudflare.

Jadi misalkan anda tidak menggunakan Cloudflare, anda bisa langsung menambahkan CNAME record di hosting (dari Cpanel) atau langsung dari registrar tempat anda membeli domain.

1. Seperti yang sudah saya jelaskan, saya perlu login di Cloudflare untuk mengatur CNAME recordnya. Kunjungi link berikut ini untuk login.

login di cloudflare

2. Kemudian pilih DNS seperti yang saya beri tanda panah.

pilih DNS pada cloudflare

3. Masukkan CNAME record seperti pada gambar dibawah ini. Jika sudah, pilih Add Record.

masukkan verifikasi cname records

4. CNAME record yang sudah ditambahkan tampilannya kurang lebih seperti gambar dibawah.

tampilan sesudah cname records ditambahkan

5. Kemudian kembali ke halaman verifikasi kepemilikan domain. Pilih Proceed to CNAME Verification.

pilih proceed to cname verification

6. Jika anda mendapat notifikasi seperti ini berarti anda sudah berhasil menambahkan CNAME recordnya. Setelah itu, pilih Verify Now untuk melanjutkan.

pilih verify now

7. Pada halaman ini, anda dapat menambahkan pengguna utama yang anda inginkan. Sebagai contoh, saya ingin membuat email dengan alamat [email protected]. Maka saya cukup memasukkan admin saja, kemudian pilih Create Account.

masukkan nama pengguna

 

8. Pada halaman Add Users, anda dapat menambahkan pengguna lain, maksimal 25 pengguna. Saya pribadi dua-tiga pengguna saja sudah cukup, jika anda ingin menambahkannya, pilih Proceed to Add Users.

Menambahhkan user

9. Masukkan nama, email ID serta password pada kolom yang telah disediakan. Mungkin anda bingung, email yang telah kita buat tadi ([email protected]) kok tidak ada kolom memasukkan password. Untuk password dari email tersebut sama dengan yang anda masukkan waktu awal registrasi di Zoho (Langkah nomor 2). Jika sudah selesai diisi, pilih OK.

membuat email domain sendiri tanpa hosting

10. Pada halaman Create Groups, anda bisa membuat akun grup di halaman ini. Saya rasa ini tidak begitu penting, jadi saya pilih SKIP.

11. Untuk menerima email, kita harus menambahkan MX Records di hosting atau registrar tempat anda membeli domain. Seperti yang sudah saya jelaskan, berhubung saya menggunakan Cloudflare, saya juga harus menambahkan MX Records ini di pengaturan DNS Cloudflare.

MX records

12. Masih pada halaman DNS di Cloudflare. Masukkan 2 MX records yang dibutuhkan, kemudian pilih Add Records untuk menambahkannya.

13. Jika sudah ditambahkannya, hasilnya kurang lebih seperti gambar dibawah ini.

hasil MX records

14. Kembali ke halaman konfigurasi MX Records tadi, dan pilih MX Lookup untuk memastikan bahwa konfigurasi MX records yang anda masukkan tadi benar.

MX records

15. Tunggu beberapa menit, maka anda akan mendapat notifikasi seperti dibawah ini yang menandakan bahwa konfigurasi MX Records yang anda masukkan sudah benar. Setelah itu pilih OK, kemudian pilih Next.

Mx records

 

16. Untuk mencegah spam email dari pengguna dari layanan email lain dan keperluan autentikasi, anda bisa menambahkan SPF dan DKIM records. Tambahkan SPF dan DKIM records ini melalui pengaturan DNS di Cloudflare. Cara menambahkannya sama seperti ketika anda menambahkan CNAME dan MX records. Berhubung step ini opsional jadi sengaja saya skip. Sampai disini, anda sudah bisa menggunakan email dengan domain anda sendiri untuk keperluan mengirim atau menerima email.

Untuk halaman SPF/ DKIM, Email Migration, Mail Client Configuration sampai Mobile Acces sengaja saya skip karena termasuk opsional. Anda bisa mengaturnya sendiri jika anda anggap perlu karena langkah-langkahnya pun sangat mudah.

Masuk ke inbox email anda

Anda sekarang sudah memiliki email dengan domain anda sendiri. Nah untuk login ke inbox email anda, simak langkah-langkah berikut ini:

1. Klik link berikut ini untuk login ke inbox email anda.

2. Setelah itu, masukkan email dan password email anda.

login page zoho

3. Nah berikut ini merupakan tampilan inbox email anda.

Berikut tampilan inbox email anda

Itulah panduan cara membuat email dengan domain sendiri dengan mudah dan gratis. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya  bahwa memiliki email dengan domain sendiri akan terlihat lebih profesional dan sedikit keren, hehehe.

Misalkan anda menemukan hambatan atau ada step yang belum anda mengerti, silakan tanya melalui kotak komentar yang telah disediakan dibawah. Saya akan berusaha menjawabnya sesegera mungkin. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel berikutnya!

Ada pertanyaan atau komentar?