Cara Membuat Email Baru di Gmail (Google Mail) dan Yahoo Lengkap dengan Gambar

Cara membuat email – Artikel kali ini mengingatkan saya ketika masih duduk di kelas 2 SMP. Waktu itu guru saya yang mengajar bidang TIK memberikan tugas kepada saya dan teman-teman, kemudian menyuruh kami mengumpulkannya melalui email.

Pada saat itu, saya tidak mengerti apa itu email dan kegunaannya. Maklumlah waktu itu saya masih gaptek, dan sampai sekarangpun masih gaptek. Hehehehe

Electronic mail atau yang sering disingkat dengan email merupakan surat yang berbentuk elektronik. Misalnya ketika anda ingin membuat blog gratis di blogger, terlebih dahulu anda harus mempunyai email, bukan?

Email juga digunakan ketika anda ingin membuat/ mendaftar akun facebook baru, pokoknya banyak deh manfaat yang bisa anda ambil dari email. Maka dari itu, peran dari email tidak perlu dipertanyakan lagi karena email sangat penting sekali bagi pengguna internet.

Sampai saat ini, masih banyak saja yang belum mengerti bagaimana cara membuat email. Maka dari itu, saya sengaja menuliskan artikel mengenai cara membuat email gratis di dua penyedia layanan email terbesar, yaitu Gmail dan Yahoo mail. 🙂

Cara Membuat Email Baru di Gmail

Google mail atau yang sering disingkat dengan Gmail merupakan layanan email berbasis web. Layanan email besutan google ini banyak digemari oleh pengguna internet karena beberapa kelebihannya, salah satunya adalah layanan email ini disediakan google secara gratis.

1. Pertama-tama, buka situs gmail.com
2. Anda akan melihat halaman utama Gmail seperti berikut. Silahkan klik tombol CREATE AN ACCOUNT untuk beralih ke form pendaftaran.

buat email gratis

3. Anda akan dihadapkan dengan tampilan form pendaftaran sebagai berikut. Silakan masukkan data-data yang diminta pada kolom yang telah disediakan, seperti :

  • Name: Isi dengan nama lengkap anda.
  • Choose your username: Isi dengan nama pengguna anda. Nama pengguna inilah yang nantinya menjadi alamat email anda.

    Misalkan nama penggunanya mzakaria2522, maka alamat emailnya adalah [email protected]

  • Create a password: Masukkan kata sandi untuk email baru anda.
  • Confirm your password: Masukkan kembali kata sandi anda.
  • Birthday: Isi dengan tanggal lahir anda.
  • Gender: Pilih jenis kelamin anda.
  • Mobile phone: Masukkan nomor HP anda. Pastikan anda memasukkan nomor HP yang aktif, karena nantinya pihak Google akan mengirimkan kode untuk verifikasi akun anda
  • Your current email address: Masukkan alamat email anda saat ini (opsional), jika tidak punya biarkan kosong.
  • Location: Pilih Indonesia sebagai lokasi anda.

cara membuat email baru

4. Jika anda sudah selesai mengisi semua kolom yang diperlukan, selanjutnya klik tombol Next Step. Akan muncul halaman yang berisi syarat dan ketentuan, silakan scroll kebawah dan pilih I AGREE.

syarat dan ketentuan dari Google

5. Anda akan diarahkan ke halaman verifikasi akun. Cek nomor HP yang sudah anda masukkan tadi, sudah betul atau tidak. Kemudian pilih Continue.

cara buat akun email google

6. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan google kepada anda. Kemudian pilih Continue untuk melanjutkan. Jika dalam waktu 15 menit lebih kode verifikasi belum dikirimkan juga, silakan klik link yang bertulisan try again agar pihak Google mengirimkan kembali kode verifikasi anda.

masukkan kode verifikai ponsel

 

7. Anda akan dihadapkan pada halaman sebagai berikut. Silakan pilih Continue to Gmail untuk beralih ke halaman utama Gmail anda.

membuat akun gmail gratis

8. Selamat! Anda sudah berhasil membuat email baru di Gmail. Berikut tampilan dari halaman utama gmail anda.

cara membuat email google

Cara Membuat Email Baru di Yahoo

Tak kalah populer dengan Gmail, Yahoomail juga merupakan layanan email berbasis web yang banyak digemari oleh pengguna internet.

1. Terlebih dahulu, buka situs Yahoomail.

2. Untuk membuat email baru di Yahoo, pilih Sign up pada halaman utama Yahoomail.

kunjungi login yahoo com

3. Anda akan dibawa ke form pendaftaran seperti gambar berikut. Silakan masukkan data-data yang diminta pada kolom yang telah disediakan, seperti :

  • First name & Last name: Isi dengan nama depan dan nama belakang anda
  • Email address: Isi dengan nama pengguna yang juga sekaligus menjadi alamat email anda
  • Password: Masukkan kata sandi anda
  • Mobile phone number: masukkan nomor ponsel anda yang aktif
  • Birt Month, Day & Year: Masukkan tanggal lahir anda
  • Gender: Pilih jenis kelamain anda, tidak diisi juga tidak masalah.

isi form pendaftaran email yahoo 2

4. Jika anda sudah mengisi data-data yang diperlukan, pilih Continue untuk lanjut ke tahap berikutnya.

5. Pada halaman verifikasi dibawah, pastikan nomor ponsel yang anda masukkan tadi sudah benar. Selanjutnya klik tombol Text me an Account Key.

6. Beberapa menit kemudian anda akan menerima sms yang berisi kode verifikasi. Jika masih belum menerima sms tersebut, klik Re-send untuk mengirim ulang sms kode verifikasinya. Setelah itu, masukkan kode tersebut seperti pada gambar dibawah ini, kemudian pilih Verify.

7. Halaman ini menandakan bahwa anda telah berhasil membuat email di Yahoo. Pilih Let’s get started.

selamat akun yahoo Anda sudah jadi 5

8. Untuk masuk ke inbox email anda, klik ikon email yang berada di pojok kanan atas (lihat petunjuk panah).

cara membuat yahoo

9. Berikut tampilan inbox email yahoo anda. Sampai sini anda sudah memiliki akun email yahoo sendiri.

folder email yahoo

Penutup

Sekian untuk artikel bagaimana cara membuat email gratis di Gmail maupun Yahoo. Anda bebas menggunakan layanan email apa saja yang anda sukai, entah itu Gmail, Yahoo atau layanan email gratis lainnya. Jika anda sering menggunakan produk Google seperti Youtube, Google Drive atau Play Store, tentu saja memiliki akun Gmail sudah menjadi kewajiban. Jika untuk keperluan lain selain mengakses produk Google, baik Gmail maupun Yahoomail sama-sama bagus.

Semoga apa yang saya tulis hari ini bermanfaat bagi anda. Oh ya, jika anda menemukan kesulitan dalam pembuatan email, baik di Gmail maupun Yahoo, jangan sungkan untuk menanyakannya melalui kotak komentar yang telah disediakan.

One Response

  1. Elizabeth Syah Putry

Ada pertanyaan atau komentar?