Panduan Cara Membuat Logo Secara Online Maupun Offline untuk Pemula

Logo merupakan bagian terpenting dalam membentuk suatu brand. Logo ini termasuk ke dalam desain komunikasi visual yang berguna sekali untuk menjelaskan identitas maupun deskripsi suatu brand.

Setiap perusahaan bahkan bisnis dengan skala kecil sudah pasti memiliki logo. Logo ini juga termasuk ke dalam program marketing atau pemasaran, yakni salah satu fungsinya adalah untuk mengenalkan brand perusahaan atau usaha anda kepada masyarakat. Lalu, bagaimana cara membuat logo dengan mudah? Bahkan untuk pemula yang tidak tahu menahu mengenai tool atau software apa yang digunakan untuk membuat logo?

2 Cara Membuat Logo dengan Mudah

Dalam tutorial kali ini, saya akan menjelaskan mengenai dua cara membuat logo, baik secara online maupun offline. Online disini berarti kita terlebih dahulu harus terkoneksi ke internet. Disini saya menggunakan tool online dari situs logomakr.com untuk membuat logo tanpa perlu menginstall software.

Sedangkan cara yang kedua, saya menggunakan software yang bernama Jeta Logo Designer yang bisa anda download secara gratis. Software ini juga terbilang mudah digunakan dan cocok sekali untuk orang awam yang ingin membuat logo dengan mudah.

Cara #1: Membuat Logo Secara Online

1. Kunjungi situs Logomakr.com

2. Pada saat pertama kali membuka situs tersebut, anda akan dihadapkan pada video tutorial dasar mengenai bagaimana cara membuat logo online di Logomakr.com. Saya sarankan anda menontonnya sebentar, jika sudah klik tombol X pada jendela video.

3. Dibawah ini merupakan lembar kerja baru anda. Terdapat beberapa tool penting yang perlu anda ketahui fungsinya. Anda bisa melihat masing-masing fungsinya dibawah ini:

membuat logo 1

  • Nomor 1 (Text): Digunakan untuk menambahkan text
  • Nomor 2 (Shapes): Digunakan untuk menambahkan shape pada logo anda, misal segitiga, kotak atau lingkaran.
  • Nomor 3 (Paintbucket): Digunakan untuk mewarnai suatu object dengan cepat (bisa text, shape atau ikon)
  • Nomor 4 (Undo): Digunakan untuk membatalkan perintah sebelumnya. Anda juga bisa menggunakan tombol Ctrl+Z untuk melakukan Undo.
  • Nomor 5: Menampilkan semua ikon yang bisa anda gunakan untuk memperbagus logo anda
  • Nomor 6: Menampilkan ikon berdasarkan kata kunci yang anda ketikkan. Misal anda ketikkan “computer”, maka akan muncul semua ikon yang berhubungan dengan kata “computer”. Gunakan bahasa inggris ya untuk mengetikkan kata kuncinya.

4. Klik tool Text untuk menambahkan text, misalkan NESABA MEDIA. Anda juga bisa mengubah jenis font sesuai yang anda inginkan pada menu yang telah saya beri tanda panah.

membuat logo 2

5. Saya ingin menambahkan ikon yang berhubungan dengan hewan pada logo saya. Tinggal ketikkan “pet” pada kotak pencarian seperti yang telah diberi tanda panah, kemudian tekan Enter.

membuat logo 3

6. Akan muncul semua ikon berdasarkan kata kunci yang kita masukkan tadi. Scroll kebawah (bisa juga dengan menekan tombol panah atas / bawah). Kemudian pilih ikon yang anda inginkan.

cara membuat logo online

7. Untuk mengatur posisinya sesuai yang anda inginkan, anda cukup mendrag ikon atau textnya. Untuk menghapus / mengcopy suatu object, tinggal klik kanan ikon / text yang dimaksud kemudian pilih Delete/ Duplicate.

membuat logo 5

8. Jika anda ingin mengubah warna suatu object, tinggal klik saja objectnya kemudian ganti warna yang anda inginkan pada diagram warna yang terletak di samping kanan bawah.

cara membuat logo gratis

9. Dibawah ini merupakan logo saya yang warna textnya telah saya ubah menjadi biru.

membuat logo 7

10. Saya juga ingin menambahkan shape berbentuk kotak yang akan saya letakkan sebelum text NESABA MEDIA.

cara membuat logo gratis

11. Agar shape diletakkan sebelum / dibelakang text NESABA MEDIA, klik kanan shape-nya kemudian pilih Send to Back.

cara membuat logo untuk pemula

12. Nah, berikut ini merupakan hasil akhir logo yang saya buat. Selanjutnya kita perlu menyimpannya agar bisa digunakan.

desain logo online gratis

13. Untuk menyimpan hasil logo yang telah anda buat, klik tombolĀ Save yang terletak di samping kanan atas.

membuat logo 11

14. Terakhir klik tombol DOWNLOAD AND AGREE TO GIVE CREDIT untuk mendownload logo yang telah anda buat. Selesai.

buat logo sendiri

Cara #2: Membuat Logo Secara Offline

Cara kedua adalah membuat logo secara offline atau dengan bantuan software. Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, saya menggunakan software Jeta Logo Designer untuk membuat logo. Untuk panduan cara menggunakan software ini bisa anda lihat pada halaman berikutnya.

Saya tidak bisa menjelaskannya dalam satu halaman karena langlah-langkahnya cukup panjang. Silakan klik link dibawah ini untuk lanjut ke halaman berikutnya.

HALAMAN BERIKUTNYA

Ada pertanyaan atau komentar?