Cara Mempercepat Download IDM yang Terbukti Berhasil (Speed Meningkat Sampai 33%)

Internet Download Manager atau yang sering disebut dengan IDM sudah menjadi aplikasi downloader paling populer dan hampir semua pengguna komputer menginstallnya. Tidak heran jika banyak orang memilih IDM dikarenakan dengan aplikasi downloader ini, proses downloading yang kita lakukan jauh lebih cepat dibanding tanpa menggunakan IDM.

Banyak yang salah persepsi mengenai IDM ini. Mereka berfikir bahwa dengan menggunakan IDM ini, kita dapat mempercepat koneksi internet sehingga proses downloading berjalan jauh lebih cepat. Ini benar-benar salah.

Cara kerja IDM hanya memaksimalkan speed koneksi internet anda agar tidak ada yang idle saat proses downloading berlangsung dan membantu agar kita mendapatkan speed yang maksimal dari server tempat anda mendownload. Nah lebih jelasnya, IDM ini bekerja dengan membagi request ke server menjadi 8 bagian (default) dengan menggunakan thread. Gampangnya, Proses downloading yang dilakukan IDM hanyalah memecah file yang didownload menjadi beberapa bagian kecil, kemudian menyatukannya kembali dalam waktu yang sama menjadi satu file.

Cara Mempercepat Download IDM

Meskipun IDM ini sudah membantu sekali dalam proses downloading, ada saja orang yang “masih” kurang puas dengan kecepatan downloading yang dilakukan oleh IDM. Mulailah mereka mencari-cari artikel di blog-blog mengenai bagaimana cara mempercepat download IDM. Dalam artikel berikut ini, saya akan membagikan sedikit trik yang bisa anda gunakan untuk mempercepat proses download IDM.

1. Buka IDM anda, kemudian pilih tab Downloads > Options.

cara mempercepat IDM

2. Ubah Connection Type/Speed menjadi High speed: Direct connection (Ethernet/Cable) / Wi-Fi / Mobile 4G / other. Kemudian ubah juga Default max. conn. number dari 8 menjadi 16. Setelah itu pilih OK.

cara mempercepat download IDM

Cuman itu saja triknya?

Ya, triknya cuman itu saja, tidak ada yang lain. Saya tidak menggunakan software seperti IDM Optimizer, mengoprek registry windows, menggunakan proxy dan lain sebagainya. Kenapa masnya tidak menggunakan itu semua? Kan kecepatan dowloadingnya nanti bakalan meningkat 200 kali lipat? Tidak, karena itu semua mustahil, Sebisa mungkin, saya tidak ingin menyesatkan pembaca blog saya. Yang paling menentukan cepat tidaknya proses downloading itu 80% lebih dari kecepatan internet anda sendiri dan lokasi/ kepadatan trafik dari server tempat anda mendownload, sisanya sedikit tweak/ oprek yang dilakukan pengguna. Jadi sangat mustahil kita dapat meningkatkan kecepatan download hingga 200 kali lipat dengan cara tersebut.

Dalam tutorial ini, saya hanya mengubah sedikit pengaturan di IDM dan mengubah max connection menjadi 16. Meskipun efeknya tidak begitu terasa, tapi lumayan, proses downloading yang saya lakukan setelah melakukan konfigurasi diatas meningkat 33%, dari rata-rata 1,4Mb/s (gambar yang atas) menjadi 1,9Mb/s (gambar yang bawah). Yang saya download merupakan file yang sama dengan lokasi server yang sama pula (dari server Microsoft).

Sebelum melakukan konfigurasi

Sesudah melakukan konfigurasi

Penutup

Jadi kecepatan download IDM sangat bergantung pada kecepatan koneksi anda, itu yang paling utama. Kedua lokasi server atau kepadatan trafik dari lokasi server tempat anda mendownload. Semoga tutorial cara mempercepat download IDM yang saya bagikan ini bermanfaat dan membantu agar proses download IDM anda menjadi lebih cepat, walaupun hanya sedikit. Selamat mencoba!

One Response

  1. Rangga

Ada pertanyaan atau komentar?