Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Akun Google dengan Mudah

Untuk upaya mengamankan akun google anda, mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah pada akun google anda sangat disarankan. Dengan adanya fitur ini, tidak sembarangan orang dapat mengakses akun google anda, meskipun orang tersebut tahu alamat beserta password email anda.

Setiap kali ada yang login ke akun gmail anda, google akun mengirim anda sebuah kode verifkasi melalui SMS atau telepon. Jadi orang yang ingin login ke akun google anda tanpa memasukkan kode verifikasi tersebut akan ditolak dan tidak bisa masuk ke akun anda. Untuk mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah ini, anda terlebih dahulu harus menambahkan nomor ponsel yang aktif (nomor milik anda sendiri, bukan milik orang lain). Jika anda belum menambahkannya, anda bisa membaca tutorialnya disini.

Baiklah, saya anggap anda sudah berhasil menambahkan nomor ponsel pada akun google anda. Setelah itu, simak langkah-langkah dibawah ini untuk cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah akun google.

1. Login ke akun google anda melalui link berikut ini.

2. Kemudian pilih Sign-in & security.

cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah

3. Untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah, klik 2-Step Verification.

cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah

4. Jika anda belum pernah mengaktifkan verifikasi 2 langkah, anda akan menemui halaman seperti ini. Silakan pilih GET STARTED untuk melanjutkan.

verifikasi 2 langkah 3

5. Untuk keperluan verifikasi, masukkan password google anda. Kemudian pilih NEXT.

turn on verifikasi 2 langkah 4

6. Pilih nomor ponsel yang ingin anda gunakan untuk verifikasi 2 langkah. Dalam artikel berikut, saya hanya menambahkan 1 nomor ponsel saja di akun google saya. Jadi nomor ponsel akan terpilih secara otomatis seperti gambar dibawah. Pada kolom How do you want to get codes?, pilih Text message saja. Text message (kode verifikasi dikirim melalui SMS), sedangkan Phone call (kode verifikasi akan diberitahu melalui panggilan telpon). Selanjutnya pilih NEXT.

verifikasi 2 langkah 5

7. Google akan mengirimi anda kode verifikasi melalui SMS. Masukkan kode yang anda terima tersebut, setelah itu pilih NEXT.

verifikasi 2 langkah gmail

8. Jika kode verifikasi yang anda masukkan benar, anda akan mendapati halaman seperti gambar dibawah. Kemudian pilih TURN ON dan verifikasi 2 langkah untuk akun google anda sudah aktif.

verifikasi 2 langkah 7

Sekarang anda sudah berhasil mengaktifkan verifikasi 2 langkah pada akun google anda. Coba kita tes terlebih dahulu untuk memastikan fitur ini benar-benar aktif dengan cara sebagai berikut:

1. Buka browser anda (saya menggunakan Google Chrome). Bersihkan riwayat browsing anda terlebih dahulu dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Del. Selanjunya pilih the beginning of time, centang semua opsi (Browsing history, Download hitory, dll) kemudian pilih CLEAR BROWSING DATA.

cara aktifkan verifikasi 2 langkah

2. Login ke akun google anda seperti biasa. Setelah anda memasukkan alamat email dan password, anda juga harus memasukkan kode verifikasi yang telah dikirim pada ponsel anda.

verifikasi 2 langkah 9

Agar anda tidak lagi diminta untuk memasukkan kode verifikasi lagi setiap anda ingin login, centang Don’t ask again on this computer. Centang bila anda menggunakan laptop atau PC sendiri untuk login ke akun google anda, bukan milik orang lain. Setelah itu pilih NEXT dan selesai (anda berhasil login ke akun google anda).

Jadi setiap ada orang lain yang masuk ke akun google anda dari perangkat yang tidak dikenali, halaman verifikasi 2 langkah ini pasti muncul dan meskipun orang tersebut tahu alamat email dan password anda, ia akan kesulitan karena harus memasukkan kode verifikasi terlebih dahulu jika ingin login.

Itulah tutorial cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah akun google anda. Dengan begini, keamanan akun google anda menjadi jauh lebih ketat dan tidak mudah dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Ada pertanyaan atau komentar?