2 Cara Mengecilkan Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitas

Misalkan anda saat ini memiliki foto / gambar yang ingin anda kirim ke teman anda melalui email, atau anda ingin mengupload foto tersebut ke sosial media anda. Namun sayangnya, file foto tersebut memiliki ukuran yang cukup besar, semisal 1-5MB. Kalau misal 1 file saja tidak masalah, namun bagaimana jika anda memiliki puluhan file foto? Belum lagi di beberapa website sosial media membatasi berapa maks. ukuran foto yang diperbolehkan.

Maka dari itu, anda perlu memperkecil ukuran file foto anda agar proses uploading menjadi lebih cepat dan anda dapat mengupload foto anda pada website sosial media yang membatasi maks. ukuran foto yang dapat diupload. Karena semakin besar ukuran file atau semakin banyak jumlah file, semakin lama pula proses uploadnya. Anda tahu sendiri jika ingin menyertakan lampiran file pada email, entah itu file foto, dokumen dan lain sebagainya, terlebih dahulu file-file tersebut harus diupload.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto

Artikel kali ini akan membahas mengenai cara mengecilkan ukuran foto atau nama lainnya mengkompres ukuran foto menjadi lebih kecil TANPA mengurangi kualitas dari foto itu sendiri. Untuk memperkecil ukuran foto, kita akan menggunakan tool online yang bernama TinyPNG dan Kraken Image Optimizer. Kedua tool online ini memiliki fungsi yang sama, yakni mengkompres ukuran foto agar menjadi lebih kecil, namun ada sedikit perbedaan diantara keduanya yang bisa anda simak penjelasannya dibawah ini.

1. Menggunakan TinyPNG

TinyPNG merupakan salah satu tool online yang terkenal dan sangat diandalkan untuk urusan mengkompres ukuran file foto menjadi lebih kecil tanpa mengurangi kualitas foto itu sendiri. Anda dapat mengkompres 20 foto sekaligus dengan ukuran masing-masing foto maksimal 5MB. Bagaimana cara kompres foto menggunakan TinyPNG? Simak langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Pertama-tama kunjungi situs TinyPNG.com

2. Kemudian klik area yang telah diberi tanda panah untuk memasukkan file gambar yang ingin anda kompres. Anda juga bisa mendrag file gambarnya pada area tersebut.

cara memperkecil ukuran foto

3. Pilih lokasi dimana filenya berada, kemudian pilih Open.

buka file gambar

4. Tunggu beberapa detik / menit untuk proses compressing. Lama tidaknya proses ini bergantung pada besar ukuran atau banyaknya file gambar.

cara memperkecil ukuran foto

5. Jika proses compressing selesai, pada bar hijau akan muncul tulisan Finished. Klik download untuk mendownload file gambar yang telah diperkecil ukurannya. Misalkan anda mengkompres lebih dari satu file gambar, anda bisa mendownloadnya sekaligus dengan cara klik tombol Download all yang berwarna hijau.

download file hasil kompres

2. Menggunakan Kraken Image Optimizer

Kraken Image Optimizer juga merupakan salah satu tool online yang tidak kalah populernya dengan TinyPNG. Anda dapat mengkompres puluhan file sekaligus dengan ukuran yang sedikit lebih kecil dari yang ditawarkan TinyPNG, yakni hanya 1MB per foto. Untuk cara mengkompres foto menggunakan tool online ini, bisa anda simak langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Terlebih dahulu kunjungi situs Kraken.io

2. Pada halaman utama website, klik tombol Try Free Web Interface.

cara kompres foto

3. Klik area yang telah diberi tanda panah untuk memasukkan / mengupload file gambar yang ukurannya ingin anda perkecil. Anda juga bisa mendrag file gambarnya pada area tersebut.

masukkan foto yang akan dikompres

4. Pilih lokasi dimana filenya berada, kemudian pilih Open.

cara kompres foto

5. Tunggu proses compressing hingga selesai. Lama tidaknya proses ini bergantung pada besar ukuran file gambar anda atau banyaknya jumlah file gambar. Jika sudah selesai, klik Download File. Jika file gambar lebih dari satu, bisa langsung pilih Download All Kraked Files.

cara memperkecil ukuran foto

6. Anda akan dibawa ke halaman preview file gambar yang telah diperkecil ukurannya. Terakhir tinggal klik Save image as.. untuk menyimpannya.

cara mengecilkan ukuran file jpg

Hasil Perbandingan

Anda bisa melihat hasil perbandingan kualitas foto, sebelum dan sesudah dikompres. Jika anda perhatikan dengan seksama, hampir tidak ada perbedaan antara kualitas foto sebelum dan sesudah dikompres.

harimau putih - original size

File foto yang asli (tanpa dikompres)

Dikompres menggunakan TinyPNG (berkurang 79%)

Dikompres menggunakan Kraken Image Optimizer (berkurang 58.91%)

Dalam tutorial diatas, bisa disimpulkan bahwa TinyPNG mampu mengkompres file foto hingga 79%, sedikit lebih tinggi dari Kraken Image Optimizer yang hanya mampu mengkompres hingga 58.91%. Namun hasil tersebut bisa saja berubah bergantung jenis dan ukuran foto. Saya pernah melakukan perbandingan dengan file foto yang berbeda, dan Kraken Image Optimizer lebih unggul daripada TinyPNG.

Tool Online Maks Ukuran per File Sebelum & Sesudah Dikompres (%)
TinyPNG 5MB 79%
Kraken Image Optimizer 1MB 58.91%

Kalau software yang direkomendasikan ada nggak?

Untuk saat ini saya masih belum menemukan software yang cocok dan handal untuk keperluan mengkompres file foto / gambar. Kebanyakan software tersebut hanya mampu mengkompres file foto sampai 20% saja, itupun kualitasnya menjadi agak lebih buruk (beberapa pixel ada yang pecah dan buram).

Namun jika anda memiliki rekomendasi software yang ampuh untuk keperluan mengkompres file foto, jangan sungkan untuk memberitahu saya melalui kotak komentar yang telah disediakan dibawah. Saya akan mencoba dulu softwarenya, jika memang hasilnya memuaskan, saya akan menambahkannya dalam artikel diatas.

Itulah kedua cara mengecilkan ukuran foto tanpa mengurangi kualitas foto yang bisa anda coba. Jika ada yang ingin anda tanyakan seputar mengkompres file foto, bisa langsung menyampaikannya melalui kotak komentar yang telah disediakan. Saya akan berusaha membalasnya secepat mungkin, jika misalkan lama belum dibalas, mohon dimaklumi ya, soalnya saya juga sibuk bekerja dan kuliah. 🙂

Ada pertanyaan atau komentar?