Cara Mengganti Password Wifi Indihome dengan Mudah (Disertai Gambar)

Isitilah wifi sudah pasti tidak asing lagi di telinga kita. Kita pasti sering menemui jaringan wifi di tempat-tempat ngopi, kampus, hotel, sekolah dan tempat-tempat yang lain. Salah satu produk layanan internet (sekaligus layanan telepon rumah dan TV interakrif) yang paling populer saat ini adalah Indihome.

Indihome merupakan produk besutan PT Telekomunikasi Indonesia yang mengganti pendahulunya, yakni Speedy. Banyak sekali perusahaan maupun institut yang menggunakan Indihome untuk keperluan internet mereka, bahkan untuk tempat nongkrong sekalipun sudah banyak yang memasang Indihome. Mereka biasanya menyediakan hotspot wifi gratis bagi pengunjung yang nongkrong / ngopi disana.

Cara mengganti password wifi indihome

Ada kalanya sebagai pemilik wifi kita ingin mengganti password wifi kita untuk beberapa alasan tertentu. Nah untuk mengganti password wifi indihome, kita perlu login ke halaman gateway modem anda. Setiap merk modem (Linksys, ZTE, TP-Link, Huawei dll) memiliki tampilan menu yang berbeda-beda. Namun Telkom lebih sering menggunakan modem merk ZTE (punya saya model F660) untuk pemakai Indihome. Langsung saja, simak tutorial cara mengganti password wifi indihome dibawah ini:

1. Pertama-tama pastikan anda sudah terhubung dengan jaringan wifi anda.

mengganti indihome 1

2. Selanjutnya anda perlu mengakses halaman gateway modem anda. Alamat default gatewaynya adalah 192.168.1.1. Buka browser (saya menggunakan Chrome), kemudian ketikkan 192.168.1.1 ke address bar lalu tekan Enter.

mengganti indihome 2

3. Untuk mengakses pengaturan modem, anda harus login terlebih dahulu. Anda bisa login menjadi administrator (admin) atau menjadi pengguna biasa (user). Secara default, login detailnya sebagai berikut:

Administrator
Username: admin
Password: adminPengguna Biasa
Username: user
Password: user

Untuk mengganti password wifi dapat dilakukan oleh admin maupun pengguna biasa. Kebetulan saya menggunakan pengguna biasa dikarenakan password admin saya yang lama sudah direset beberapa kali oleh Telkom dan untuk meresetnya ulang sangat susah. Dulu saya sering mereset password admin melalui Telnet, tapi sekarang port untuk Telnet (port 23) sudah diblokir oleh Telkom. Untuk pengguna biasa, username maupun passwordnya tidak direset oleh Telkom, jadi anda bisa login menggunakan username: user dan password: user. Setelah itu, pilih Login.

default user indihome

4. Setelah berhasil login, silakan pindah ke tab Network.

cara mengganti password wifi indihome zte

5. Pada halaman Network, pilih Security. Anda bisa mengganti password wifi anda pada kolom WPA Passphrase. Jika sudah, pilih Submit.

cara mengganti wifi indihome

Mencegah orang lain mengganti password wifi

Karena default password pengguna biasa (user) yang sangat mudah ditebak, maka untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, anda perlu mengubah password default user agar hanya anda sebagai pemiliki wifi yang memiliki akses untuk mengganti password wifi atau melakukan pengaturan lainnya. Cara mengganti password default user bisa anda lihat dibawah ini:

1. Pindah ke tab Administration.

cara mengganti password wifi zte f660

2. Setelah itu, masukkan username dan password baru yang anda inginkan. Jika sudah, pilih Submit.

cara mengganti password wifi zte f660

Itulah tutorial cara mengganti wifi indihome anda beserta bagaimana cara mencegah orang lain untuk mengganti password maupun melakukan konfigurasi modem anda tanpa sepengetahuan anda sebagai pemilik wifi. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, password admin seringkali diganti oleh pihak Telkom, mungkin untuk keperluan keamanan. Sedangkan untuk password user setahu saya jarang sekali diganti oleh Telkom.

Login sebagai admin memiliki kontrol lebih dibanding user biasa dalam mengkonfigurasi modem. Maka dari itu, anda harus mengganti default password admin maupun user secepatnya. Jika anda tidak bisa login menggunakan admin maupun user biasa karena password telah diganti atau karena lupa, anda bisa menghubungi pihak Telkom atau datang langsung ke Plasa Telkom untuk menyakan passwordnya.

Ada pertanyaan atau komentar?