Panduan Cara Menginstall Windows 10 dengan Flashdisk

Tutorial kali ini mengenai cara menginstall windows 10 dengan flashdisk. Banyak orang yang lebih suka menggunakan flashdisk sebagai media instalasi daripada menggunakan keping DVD. Alasan pertama mungkin karena notebook mereka tidak dilengkapi CD drive atau DVD drive PC mereka rusak. Dan alasan yang kedua mungkin karena flashdisk lebih simpel.

Untuk melakukan instalasi windows 10 menggunakan flashdisk, terlebih dahulu anda harus menjadikan flashdisk anda bootable. Ada banyak aplikasi atau program yang bisa anda gunakan untuk menjadikan flashdisk anda bootable, tapi program yang paling saya rekomendasikan adalah Rufus. Program ini sudah saya gunakan sejak lama, dan selama saya menggunakannya tidak pernah ada masalah dan overall program ini dapat diandalkan untuk membuat flashdisk bootable.

Sebenarnya tanpa menggunakan program pihak ketiga pun kita bisa membootable flashdisk, yaitu dengan menggunakan tool CMD dari windows. Tapi tentu saja, untuk orang awam di dunia komputer sangat tidak disarankan untuk menggunakannya. Kalau ada program yang lebih simpel, kenapa menggunakan yang lebih ribet, betul kan?

Sebelum itu pastikan anda sudah menyiapkan flashdisk berukuran minimal 4GB (8GB sangat disarankan), Dan yang kedua adalah, anda harus mempunyai file ISO windowsnya. Sebenarnya berapa besar ukuran flashdisk bergantung pada ukuran file ISO-nya. Misalkan file ISO-nya berukuran 3GB, tentu saja flashdisk 4GB sudah lebih dari cukup. Dan jika file ISO-nya lebih dari 4GB, sudah pasti anda harus menyiapkan flashdisk berukuran 8GB.

Baiklah, langsung saja simak langkah-langkah berikut ini untuk instalasi windows 10 dengan flashdisk:

Cara menginstall windows 10 dengan flashdisk

1. Pertama-tama anda harus menginstall Rufus terlebih dahulu. Filenya bisa anda download disini.

2. Masukkan flashdisk ke laptop atau PC, kemudian buka program Rufus. Flashdisk anda akan otomatis terdeteksi. Setelah itu, klik tombol DVD drive seperti yang telah saya beri panah.

cara setting boot device priority flashdisk

3. Cari lokasi file ISO windows 10 nya, kemudian pilih Open. Pastikan filenya berformat ISO bukan yang lain.

cara instal windows 10 di laptop baru

4. Flashdisk sudah siap dibootable. Anda juga bisa mengubah nama flashdisknya jika perlu pada New volume label. Untuk pengaturan lainnya tidak perlu diubah, biarkan default. Kemudian pilih Start untuk memulai proses pemindahan file ISO ke flashdisk.

biarkan pengaturan rufus default

5. Anda akan mendapat notif yang berisi, bahwa semua data yang terdapat pada flashdisk akan dihapus. Jadi pastikan terlebih dahulu jika data penting anda pada flashdisk sudah dipindah. Jika sudah, pilih OK.

cara menginstal windows 10 beserta gambarnya

6. Proses pemindahan file berlangsung. Proses ini memakan waktu beberapa menit saja.

cara menginstal windows 10 dengan flashdisk

7. Jika progress bar yang berwarna hijau sudah penuh, maka flashdisk sudah siap digunakan untuk instalasi windows 10.

flashdisk sudah siap digunakan untuk instalasi windows 10

Media instalasi sudah siap. Langkah selanjutnya adalah melakukan setting di BIOS agar booting pertama kali dilakukan pada flashdisk.

Setting BIOS agar booting dari flashdisk

1. Pastikan anda tidak mencabut flashdisknya. Setelah itu, restart laptop atau PC anda.

2. Tekan tombol DEL (Delete) untuk masuk BIOS. Tombol paling umum yang bisa anda gunakan untuk masuk BIOS adalah DEL, F1, F2, F10 atau Fn+F2, tergantung jenis laptop dan motherboard anda.

3. Anda akan melihat tampilan BIOS yang kurang lebih seperti gambar dibawah ini. Setelah itu, arahkan ke tab Boot menggunakan tombol ◄ ►.

tampilan awal BIOS windows 10

4. Seperti yang anda lihat pada menu Boot bahwa yang berada diurutan pertama adalah Hard Drive. Dengan kata lain, laptop atau PC anda akan melakukan booting pertama kali dari harddisk.

cara menginstal windows 10 dengan flashdisk

5. Supaya laptop anda booting pertama kali dari flashdisk, maka anda perlu menempatkan Removable Devices ke urutan pertama. Caranya cukup mudah yaitu dengan memilih Removable Devices kemudian menggesernya menggunakan tombol +/- sampai urutannya di posisi teratas.

geser sampai removable devices berada di urutan pertama

Catatan:

Oh ya, biasanya BIOS langsung mendeteksi flashdisk anda sesuai merk flashdisknya misal USB Kingston atau Thosiba bukan dengan nama Removable Devices.

6. Untuk menyimpan setting yang telah anda lakukan, pindah ke tab Exit, pilih Exit Saving Changes kemudian pilih Yes. Atau anda bisa langsung menekan tombol F10, kemudian pilih Yes.

cara menginstal windows 10 dengan flashdisk

Langkah selanjutnya apa mas?

Setelah selesai melakukan setting di BIOS, anda akan dibawa ke halaman instalasi. Untuk langkah-langkah instalasi windows 10, saya sudah pernah membagikannya pada artikel sebelumnya. Silakan klik link dibawah ini untuk melihat langkah-langkahnya (lewati pada bagian setting BIOS):

Baiklah, sekian untuk artikel cara menginstall windows 10 dengan flashdisk. Dua langkah yang perlu anda ingat yaitu, menjadikan flashdisk anda bootable dan mengatur agar booting pertama kali dilakukan dari flashdisk.

Jika anda menemukan masalah atau pertanyaan seputar instalasi windows 10 dengan flashdisk, jangan sungkan untuk menanyakannya melalui kotak komentar dibawah. Selamat mencoba dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

30 Comments

  1. Risqi
  2. Dadang
  3. Rayhan
  4. Rayhan
  5. denis
  6. Dhanny
  7. rkn
  8. Aaa
  9. derry
  10. Christhoper Yudya
  11. user_452
  12. karim
  13. Jonas
  14. farid
  15. Angga Gemilang
  16. Agus
  17. Gon
  18. Arnov Rizki Chahyanto

Ada pertanyaan atau komentar?