Bagaimana Cara Menjalankan BBM di PC atau Laptop? Simak Panduannya Disini

BBM merupakan salah satu aplikasi messenger yang awalnya hanya dapat digunakan pada ponsel Blackberry. Tapi sudah lama ini BBM dapat dinikmati oleh pengguna Android maupun iOS. Untuk keperluan chatting, entah itu dengan kerabat atau teman-teman Anda, BBM ini sudah lebih dari cukup untuk menjaga silaturahmi kepada mereka semua.

Namun bagi pengguna PC, saat ini masih belum ada aplikasi BBM versi PC. Tapi ada alternatif lain yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah dengan menginstall emulator android pada PC Anda.

Banyak asumsi mereka bahwa menggunakan emulator membuat PC menjadi berat dan sering ngelag, memang ada benarnya sih tapi tidak sepenuhnya benar. Kalau kita cerdik dan teliti dalam memilih emulator android, lemot atau ngelag pada PC mungkin bisa diminimalisir.

Sebenarnya ada BBM versi PC yang diberi nama Blackberry Blend. Tapi sayang aplikasi ini hanya boleh digunakan oleh pengguna ponsel Blackberry saja, bagi pengguna ponsel Android/ iOS belum bisa menggunakannya, apalagi yang tidak punya ketiga ponsel tersebut, hehehe.

Baiklah pertama-tama kita harus menginstall emulator androidnya, dalam tutorial ini saya menggunakan Memu. Jangan kuatir, emulator ini sudah saya coba (sampai sekarang) dan tidak terlalu memakan banyak resource. Berbeda sekali ketika menggunakan Bluestack, karena memakan banyak sekali resource. Panduan menginstallnya bisa anda lihat dalam artikel “Cara menjalankan aplikasi atau game android di PC atau laptop“.

Cara Menjalankan BBM di PC atau Laptop

1. Saya anggap Anda sudah berhasil menginstall emulator sekaligus konfigurasi akun playstore-nya.

2. Seperti yang Anda tahu bahwa untuk menginstall aplikasi, biasanya kita hanya perlu mengetikkan nama aplikasi tersebut di Playstore, misal “BBM” kemudian tinggal install seperti biasa.

Tapi untuk saat ini, ketika Anda menginstallnya melalui Playstore, Anda akan menemukan notifikasi your device isn’t compatible with this version yang berarti versi android yang kita gunakan tidak kompatibel dengan versi BBM yang terbaru, hehehe soalnya emulator android ini masih menggunakan Jelly Bean 4.2.2 (Kedepannya akan saya buatkan tutorial cara upgrade Android ke versi yang lebih baru).

3. Untuk itu, anda bisa download versi BBM lamanya disini (file akan terdownload secara otomatis). Versi tersebut tidak jadul sih, jadi tampilannya masih tetap bagus dan navigasinya tidak jauh berbeda dengan yang versi terbaru. Mengunduhnya bisa melalui browser yang sudah tersedia di emulator androidnya. Sebagai contoh saya menggunakan Chrome yang telah saya install melalui Playstore untuk mengunduhnya.

4. Jika Anda mendapat notifikasi seperti ini, pilih ES Downloader. Memilih Browser atau Chrome pun tidak masalah, hanya saja lokasi downloadnya yang mungkin berbeda.

5. Jika sudah selesai mengunduh, anda bisa langsung pilih Open/ Install untuk menginstallnya. Misalkan Anda ingin tahu lokasi filenya, klik ES File Explorer.

6. Kemudian pilih Internal Storage. File yang telah didownload tersebut tersimpan di folder Download. Klik file BBM yang telah didownload tadi, kemudian pilih Install.

7. Setelah proses instalasi selesai, Anda disuruh membuat akun BBM atau Anda bisa pilih Sign In jika sebelumnya sudah punya akun BBM.

8. Masukkan nama, nomor ponsel yang aktif dan password yang Anda inginkan. Untuk Country (kode telepon), pilih Indonesia. Anda juga dapat registrasi dengan menggunakan email, dengan cara pilih Sign up with an email address. Setelah semua kolom sudah Anda isi, pilih Create Account.

9. Anda disuruh memasukkan kode verifikasi yang telah dikirim ke nomor ponsel yang Anda masukkan waktu registrasi. Jika sudah, lalu pilih Verify.

10. Selamat! Sekarang Anda bisa menggunakan BBM di PC atau laptop Anda.

Itulah cara menjalankan BBM di PC atau laptop dengan mudah. Misalkan Anda mempunyai masalah atau pertanyaan yang bersangkutan dengan instalasi BBM di PC, jangan sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar yang telah disediakan. Selamat mencoba!

Ada pertanyaan atau komentar?