Cara Uninstall IDM (Internet Download Manager) dengan Mudah (Lengkap dengan Gambar)

Bagi Anda yang sangat sering mendownload melalui internet, tentunya sudah tidak asing dengan Internet Download Manager (IDM), bukan? Bagaimana tidak, IDM mampu mempercepat proses download hingga 5x lipat atau lebih dari biasanya. Hal yang perlu Anda ingat, IDM tidak mempercepat koneksi internet tetapi proses download-nya.

Jadi, bagi Anda yang belum tahu tentang Internet Download Manager, mulailah untuk mencoba software ini. Pertama, Anda harus download terlebih dahulu IDM tetapi software ini merupakan software berbayar. Meskipun begitu, Anda masih bisa menikmati trial dari IDM selama 30 hari.

Nah, misalkan Anda kurang cocok dengan software ini atau Anda punya alasan tersendiri untuk tidak menggunakan lagi software, Anda harus meng-uninstallnya dari sistem PC Anda. Untuk itu, Nesaba Media akan memberikan tutorial cara uninstall IDM yang akan dijelaskan pada tutorial dibawah ini:

Cara Uninstall IDM Melalui Control Panel

1. Pertama, buka Control Panel. Disini saya membuka control panel melalui fitur search.

Cara Uninstall IDM Melalui Control Panel

2. Setelah jendela Control Panel tampil, klik Uninstall a program pada menu Programs.

Cara Uninstall IDM Melalui Control Panel

3. Pada jendela Programs and Features, cari Internet Download Manager di bagian Uninstall or change a program. Atau dengan cara, klik kanan pada Internet Donwload Manager, dan pilih Uninstall/Change seperti gambar dibawah ini.

Atau setelah Anda klik Internet Download Manager, klik tombol Uninstall/Change di bagian atas seperti gambar dibawah ini.

4. Selanjutnya, lakukan uninstall dengan mengikuti langkah – langkah yang diberikan oleh Internet Download Manager (IDM). Anda sebaiknya memilih Full karena dengan data IDM tidak akan tersimpan di browser pada sistem Anda.

Cara Uninstall IDM

Tunggu sampai proses selesai.

5. Setelah proses uninstall selesai, maka akan tampil peringatan seperti gambar dibawah ini. Lalu klik OK untuk memulai proses restart.

Cara Menghapus IDM

Cara Uninstall IDM dari Windows Registry

1. Pertama, buka Window Run dengan menekan Windows+R pada keyboard. Ketiklah regedit.exe dan klik OK. Dan jika ada Window UAC yang tampil, klik Yes.

2. Di jendela Registry Editor, buka folder dibawah ini dan hapus registry Internet Download Manager yang ada didalam folder dengan cara klik kanan pada folder Internet Donwload Manager lalu pilih Delete.

HKEY_CURRENT_USER > SOFTWARE > Internet Download Manager.
HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Internet Download Manager.

Cara Uninstall Internet Download Manager

Nah, sekian pembahasan kali ini tentang cara uninstall IDM. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih !

One Response

  1. marley

Ada pertanyaan atau komentar?