10+ Kelebihan Windows 10 Dibanding OS Windows Sebelumnya

Bagi para pengguna gadget saat ini pasti tidak asing dengan istilah OS atau operating system. Bagaimana tidak, semua gadget seperti laptop, komputer, dan handphone tentunya memiliki OS yang berfungsi sebagai sistem pendukung dan pengatur segala macam fungsi dasar dari gadget tersebut.

OS atau dalam bahasa Indonesia disebut sistem operasi ini ternyata ada beberapa macam, yang paling terkenal adalah iOS dan Android untuk handphone, sedangkan untuk komputer dan laptop ada Macintosh, Linux, dan Microsoft Windows.

Jika penggunaan iOS dan Android cukup berimbang, maka berbeda dengan OS untuk laptop dan komputer. Tidak bisa dipungkiri bahwa Microsoft Windows atau yang biasa disingkat dengan Windows saja ini menjadi OS yang paling banyak digunakan oleh semua orang di seluruh penjuru dunia, terutama di Indonesia. Alasan paling utama mungkin karena OS buatan Microsoft ini lebih user-friendly jika dibandingkan OS yang lain, walau sebenarnya setiap OS tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sekilas Perkembangan Windows

Windows telah mengalami perkembangan dari berbagai generasi, sejak dikembangkan dari sebuah sistem yang bernama MS-DOS. Mulai dari Windows 1.0 yang diluncurkan pada tahun 1985 sampai sekarang ada Windows 10 yang dirilis secara resmi sejak tahun 2015.

Pada awal munculnya hanya berupa GUI atau tampilan grafis yang sederhana, yaitu pada Windows 1.0, 2.0 dan 3.0, kemudian mulai berkembang dengan munculnya Windows 95 dan 98. Perbaikan berikutnya adalah kemunculan keluarga Windows NT yang diawali dengan Windows 2000 dan Windows ME. Lalu berturut-turut ada Windows XP yang paling banyak digunakan dulunya, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan akhirnya sampai di Windows 10.

Sekilas Perkembangan Windows

Ada sebuah mitos yang beredar di kalangan pengguna OS Windows ini, yaitu bahwa terjadi perulangan antara produk sukses dan gagal untuk setiap generasi OS tersebut, lebih tepatnya sejak kemunculan Windows 2000. Produk Windows 2000 ini terbilang sukses, sedangkan penerusnya yaitu Windows ME dianggap sebagai produk gagal. Lalu berulang pada kesuksesan Windows XP, yang diikuti kegagalan dari Windows Vista. Terulang lagi pada Windows 7 yang menuai sukses, sedangkan Windows 8 dicap gagal.

Hingga sekarang muncul Windows 10 yang sangat sukses dan dianggap perbaikan dari versi-versi sebelumnya. Windows sengaja tidak mengeluarkan yang ke-9 karena angka 9 telah identik dengan Windows 95 dan 98, mereka langsung mengeluarkan versi 10 sebagai penyempurnaan dari OS buatan mereka.

Kelebihan Windows 10 yang Menarik

Sebagai versi yang paling baru dan mutakhir, tentunya banyak kelebihan Windows 10 ini. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Windows 10 yang mungkin bisa membuat para pengguna yang belum memakainya segera tertarik untuk memasangnya.

1. Kompatibel di Semua Perangkat

Kompatibel di semua perangkat

Salah satu terobosan terbaru dari Windows 10 adalah dari segi kompatibilitasnya. Jadi segala macam aplikasi yang ada di Windows 10 ini harus bisa dijalankan pada berbagai jenis perangkat, tidak hanya di komputer dan laptop saja melainkan juga di smartphone dan tablet. Dengan demikian para pengembang aplikasi mesti membuat aplikasi yang responsif dan bisa menyesuaikan dengan berbagai macam perangkat yang tentunya memiliki ukuran layar yang berbeda-beda pula.

2. Fitur Asisten Digital Bernama Cortana

Cortana adalah salah satu fitur baru dari Windows 10. Sebuah asisten digital yang tidak hanya memberikan balasan suara saja, tetapi kita juga bisa memberi perintah dan pertanyaan. Berbagai macam hal yang bisa dilakukan oleh Cortana misalnya menjadi pengingat berdasarkan waktu, tempat atau orang. Bisa juga sebagai pelacak jadwal penerbangan kita. Bisa juga mengirim email atau pesan lainnya. Bahkan Cortana bisa mencari berbagai macam file atau informasi yang kita butuhkan dan membukakan apapun aplikasi yang ada di sistem kita.

3. Kembalinya Tombol Start Menu

Kembalinya tombol Start Menu

Satu hal yang menjadi kelemahan dari Windows 8 adalah tombol start menu yang agak membingungkan bagi para pengguna Windows 7 dan sebelumnya. Oleh karena itu Windows 10 melakukan perbaikan dan mengembalikan letak aslinya di pojok kiri bawah. Bukan hanya itu saja, Windows 10 juga merubahnya menjadi lebih dinamis dan tetap terasa seperti tampilan milik Windows 8, namun dengan penggunaan yang lebih mudah seperti halnya start menu pada Windows 7 dan sebelumnya.

4. Free Upgrade

Satu kelebihan lainnya dari Windows 10 adalah fitur upgrade yang gratis bagi para pemilik Windows 7 atau Windows 8, tentunya yang memiliki versi asli dan berlisensi, bukan yang bajakan. Cara upgrade juga cukup mudah, tinggal masuk ke halaman berjudul Windows 10 Free Upgrade, kemudian pilih tombol upgrade dan ikuti langkah demi langkah yang muncul di layar anda.

5. Hadirnya Microsoft Edge

Hadirnya Microsoft Edge

Windows 10 tidak lagi memakai Internet Explorer sebagai web browser standarnya, tetapi digantikan dengan Microsoft Edge. Web browser baru buatan Microsoft ini akan digunakan di semua perangkat yang memakai Windows 10. Disinyalir akan menjadi web browser yang ringan dan cepat, dengan tampilan seperti web browser standar lainnya. Microsoft Edge juga memiliki fitur alat anotasi, mode membaca, dan integrasi dengan Cortana.

6. Teknologi Virtual Desktop

Kelebihan lain dari Windows 10 yang belum ada di OS lainnya adalah teknologi virtual desktop. Dengan ini pengguna bisa membuat lebih dari satu layar desktop untuk keperluan yang berbeda-beda. Pengguna bisa menggabungkan jendela yang sejenis pada satu layar desktop dan jendela lainnya di layar desktop lainnya pula, dengan demikian pengguna bisa mengatur isi dari tiap layar desktop dan dengan mudah berpindah antar layar tersebut.

7. Beberapa aplikasi dalam satu layar

Beberapa aplikasi dalam satu layar

Para pengguna Windows 10 tidak hanya bisa membuat lebih dari satu layar desktop saja, tetapi juga bisa menampilkan lebih dari satu aplikasi dalam satu layar desktop. Fitur antarmuka yang baru dari Windows 10 membuat pengguna bisa menampilkan lebih dari satu aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Para pengguna juga bisa dengan mudah berpindah dari berbagai macam aplikasi yang ditampilkan tersebut.

8. Fitur game mode

Bagi para pengguna aplikasi game booster atau semacamnya kini tidak perlu lagi memakai aplikasi tambahan tersebut karena Windows 10 telah menghadirkan game mode yang memiliki fungsi setara. Opsi game mode ini bisa dipakai ataupun tidak, jika dipakai akan menjadikan aktifitas game sebagai prioritas dan meningkatkan kualitas game yang dimainkan. Dengan demikian aktivitas game yang dimainkan akan menjadi lebih powerful.

9. Windows Store

windows store windows 10

Satu fitur bawaan dari Windows 10 adalah hadirnya Windows Store yang berfungsi sebagai tempat untuk berbelanja segala macam kebutuhan aplikasi untuk perangkat Windows 10 yang kita pakai, baik di laptop, komputer, tablet, maupun smartphone. Di sini kita bisa mengunduh segala macam konten digital yang kita butuhkan, misalnya aplikasi, game, musik, film, dan lain sebagainya. Sama halnya dengan fungsi Google Play Store.

10. Fitur continuum

Fitur lain dari Microsoft 10 adalah continuum, yaitu fitur untuk menjadikan smartphone yang menggunakan Windows 10 serasa seperti komputer. Caranya adalah dengan menyambungkan layar external, mouse, dan keyboard ke smartphone yang kita pakai. Namun tentu saja ada beberapa persyaratan bagi smartphone yang ingin memakai fitur tersebut. Spek minimalnya adalah resolusi layar 720p, RAM 2 GB, internal storage 8 GB, Bluetooth 4.0, dan WiFi 802.11n.

Itulah beberapa kelebihan Windows 10 yang mungkin akan membuat anda tertarik untuk segera memasangnya di gadget yang anda pakai. Segeralah mencoba dan rasakan berbagai kelebihannya.

One Response

  1. Jiah

Ada pertanyaan atau komentar?