Loading Blog Kayak Kura-kura? Lakukan Kompres Gambar Sekarang Juga!

Sudah 2 bulan saya tidak menyoret-nyoret blog sederhana saya ini. Bagi pembaca setia blog Nesaba Media (itupun kalau ada :p), saya minta maaf yah jarang update artikel untuk kalian.

Langsung saja deh, kali ini saya akan menambahkan kategori #blogging pada blog ini. Jadi bagi anda yang berprofesi sebagai blogger, bisa mampir di blog sederhana saya ini.

Ngomong-ngomong mengenai kecepatan blog. Pentingkah? Sangat penting? Atau sangat tidak penting. Okey mungkin sedikit cerita ini akan menjawabnya.

Misalkan anda sedang mencari informasi mengenai cara membuat donat kentang. Dalam pencarian anda tersebut, ada beberapa blog yang terpampang di halaman pertama google. Anggap saja anda langsung membuka 3-4 blog sekaligus untuk mendapatkan artikel yang benar-benar anda cari. Anda pasti langsung membaca artikel pada blog yang terbuka duluan, bukan?

Misalkan blog pertama terbuka duluan dan apa yang anda cari sudah terjawab disana. Anda pasti akan menutup blog lainnya yang loadingnya agak lama dari blog pertama. Itu pasti, karena rata-rata orang ingin mendapatkan informasi yang dicarinya dengan cepat dan gak pakek lama pokoknya.

Baca juga: cara membuat blog gratis

Maka dari itu kali ini saya akan share sedikit tips untuk mengurangi loading blog anda dengan cara mengkompres gambar yang terdapat di postingan blog anda. Bagi anda yang mempunyai blog tutorial seperti blog ini, sangat disarankan menerapkan tips berikut ini. Yuuuk langsung saja, simak langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Silakan menuju situs kraken.io
2. Kemudian pilih Try Free Web Interface.

loading lama1

3. Pilih Click to upload or drop individual images here untuk mengupload gambar yang ingin dikompres
4. Gambar akan terkompres secara otomatis. Kemudian pilih tombol download this file untuk mendownload hasil gambar yang sudah dikompres.

loading lama2

Anda bisa melihat sendiri perbandingan ukuran gambar sebelum dan sesudah dikompres. Tool ini mampu mengoptimasi gambar hingga 90% dengan kualitas gambar yang tidak jauh berbeda dengan aslinya. Tool ini free dan ada juga yang berbayar untuk versi PRO. Tapi saya pilih yang gratis ajalah, saya kan suka yang gratis-gratis. :p

Loh kok gambar pada postingan blog mas banyak yang ndak dikompres?

Yah itulah kesalahan saya. Dulu mah saya tidak terlalu memikirkan kecepatan blog. Jadi ndak kepikiran buat kompres gambar. Buat artikel, tanpa banyak cincong langsung dipublish. Untuk kedepannya, saya akan mengkompres gambarnya terlebih dulu, sebelum dipublish.

Mas, apakah ini satu-satunya cara untuk mempercepat loading blog?

Banyak jalan menuju Roma :p. Jadi mengkompres gambar postingan bukan satu-satunya cara untuk mempercepat loading blog anda. Banyak kok cara lain untuk mempercepat loading blog anda, salah satunya meminimalisir penggunaan javascript, memasang gadget yang diperlukan saja, dan masih banyak lagi.

Sekian untuk artikel hari ini. Sampai jumpa lagi pada artikel selanjutnya, dan jangan lupa mampir terus di blog sederhana saya ini. Lumayanlah dapat ilmu, walaupun sedikit. 😀

One Response

  1. Husain

Ada pertanyaan atau komentar?