Lupa Kata Sandi Facebook? Tenang, Reset Saja dengan Menggunakan 3 Metode Ini

Facebook merupakan media sosial ternama dan telah memiliki milyaran pengguna dari berbagai balahan dunia. Selain digunakan untuk berkomunikasi dengan kerabat maupun orang lain, manfaat lain dari facebook adalah untuk berjualan atau mempromosikan suatu produk. Maka dari itu, banyak manfaat yang akan anda dapat jika memiliki akun facebook, dengan syarat anda harus bijak menggunakannya, bukan malah untuk membuang-buang waktu, seperti debat tidak jelas, bermain game, menebar berita hoax dan lain sebagainya.

Mungkin anda pernah mengalami lupa kata sandi facebook dikarenakan anda sudah lama tidak membukanya semisal karena fokus ujian atau tes, sehingga anda tidak ingat kata sandi FB anda. Jika anda mengalami hal tersebut, tenang saja, anda sedang membaca artikel yang tepat.

Mengatasi Lupa Kata Sandi Facebook

Dalam artikel berikut ini, saya akan menjelaskan dengan detail mengenai bagaimana cara reset kata sandi facebook anda dengan mudah. Langsung saja, simak langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Buka facebook.com. Pada halaman utama facebook, pilih Lupa akun?.

lupa kata sandi facebook

2. Masukkan email facebook anda untuk mencari akun facebook anda. Alternatif lain, anda juga bisa menggunakan nomor telepon atau username facebook anda. Selanjutnya pilih Cari.

masukkan email baru

3. Pada halaman ini, anda disuruh memilih metode pemulihan mana yang anda inginkan.

Opsi pemulihan akun

Terdapat 3 metode atau opsi untuk memulihkan akun facebook anda. Yang pertama melalui email, kedua melalui nomor ponsel dan yang ketiga melalui kontak terpercaya. Ketiga metode tersebut akan saya jelaskan satu per satu. Agar peluang kembalinya akun facebook anda lebih besar, pastikan anda mencoba ketiga metode tersebut secara berurutan, dari yang pertama, kedua sampai yang ketiga.

A. Metode Pertama: Melalui Email

Metode pertama yang kita gunakan adalah dengan mereset password FB melalui email. Metode ini cukup ampuh dan besar kemungkinan anda bisa mendapatkan kembali akses ke akun FB anda. Langsung saja, simak langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Pada halaman opsi pemulihan akun, pilih Kirim kode melalui email seperti yang telah saya beri tanda kotak warna merah. Setelah itu, pilih Lanjutkan.

Pilih lanjutkan lagi

2. Anda akan disuruh memasukkan kode keamanan yang dikirim ke email anda. Silakan login ke email anda, kemudian buka email dari facebook yang berisi kode keamanan untuk mereset password.

kode keamanan dari email

3. Masukkan kode keamanan tersebut, lalu pilih Lanjutkan.

masukkan kode keamanan 2

4. Masukkan kata sandi baru yang anda inginkan. Jika sudah, pilih Lanjutkan.

pilih lanjutkan lagi

Usai mengganti kata sandi, anda dapat mengakses kembali facebook anda seperti semula. Selagi anda memiliki akses terhadap email yang anda gunakan untuk mendaftar facebook, anda dapat mereset kata sandi facebook anda kapanpun. Jika misalkan ada kendala dan tidak dapat mengakses email anda, silakan lanjut ke Metode Kedua.

B. Metode Kedua: Melalui Nomor Ponsel

Jika anda tidak memiliki akses terhadap akun email anda, ada alternatif lain yang bisa anda gunakan, yakni dengan menggunakan nomor ponsel. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Pada halaman opsi pemulihan akun, pilih Kirim kode melalui SMS. Kemudian pilih Lanjutkan.

pilih lanjutkan

2. Pihak facebook akan mengirim SMS berupa kode keamanan untuk mereset ulang kata sandi FB anda.

sms berupa kode keamananan

3. Masukkan kode keamanan tersebut, lalu pilih Lanjutkan.

cara membuka fb yang lupa kata sandi tanpa menggunakan email

4. Masukkan kata sandi baru yang anda inginkan, kemudian pilih Lanjutkan. Anda akan diarahkan ke halaman Beranda, dan selamat, anda dapat mengakses kembali FB anda.

masukkan password

Pada metode kedua ini, nomor ponsel yang terhubung ke facebook anda harus aktif dan dapat digunakan. Jadi misalkan nomor ponsel anda tidak aktif atau sudah lama tidak dipakai, tentu saja anda akan kesulitan mereset ulang password FB anda. Alternatif lain, anda bisa mencoba Metode Ketiga.

C. Metode Ketiga: Melalui Kontak Terpercaya

Metode ketiga ini bisa anda coba jika metode pertama dan kedua belum juga berhasil. Pada metode ketiga ini, kita akan meminta bantuan kepada kontak terpercaya yang sebelumnya sudah anda setting pada menu pengaturan facebook. Simak langkah-langkah dibawah ini untuk mereset ulang kata sandi FB melalui kontak terpercaya:

1. Pada halaman opsi pemulihan akun, pilih Tidak punya akses ke sini lagi?.

lupa kata sandi facebook

2. Masukkan alamat email baru anda. Jika anda belum punya, anda bisa membaca artikel tentang tutorial membuat email baru melalui link berikut ini. Jika sudah, pilih Lanjutkan.

pilih lanjutkan

3. Pada halaman ini, pilih Tampilkan Kontak Terpercaya Saya seperti yang telah ditunjuk tanda panah.

lupa password facebook

4. Masukkan salah satu nama FB kontak terpercaya anda, pastikan nama ataupun ejaannya benar. Selanjutnya pilih Konfirmasi.

ketik salah satu nama kontak terpercaya anda

5. Facebook akan menampilkan seluruh kontak terpercaya yang telah anda atur sebelumnya. Kemudian anda akan diminta untuk menghubungi minimal tiga kontak terpercaya untuk anda mintai kode keamanan. Anda bisa menghubungi kontak terpercaya yang mudah dihubungi, misal kerabat atau teman anda. Oh ya, biarkan halaman ini terbuka, jangan diclose.

lupa password facebook

6. Setelah itu, suruh kontak terpercaya anda, entah itu kerabat atau teman anda untuk login ke akun facebook mereka. Kemudian suruh mereka mengunjungi link https://www.facebook.com/recover.

7. Jika mereka menemui halaman seperti ini, tinggal pilih Lanjutkan.

lanjutkan

8. Jika ada pertanyaan yang kurang lebih isinya seperti gambar dibawah, suruh teman atau kerabat anda memilih opsi pertama: Ya. Saya telah berbicara dengan [nama FB anda] melalui telepon. Ingat, jangan pilih opsi lain. Selanjutnya pilih Lanjutkan.

pilih opsi pertama

9. Akan tampil kode keamanan yang anda perlukan untuk mereset ulang kata sandi FB anda. Selanjutnya pilih Selesai.

setelah itu, pilih lanjutkan

10. Pastikan ketiga kontak terpercaya anda sudah melakukan apa yang telah saya jelaskan pada langkah nomor 6 sampai 9. Silakan kembali ke halaman Minta Bantuan pada Kontak Terpercaya, kemudian masukkan ketiga kode keamanan tersebut pada kolom yang telah disediakan. Selanjutnya pilih Lanjutkan.

masukkan ketiga kode keamanan

11. Masukkan password baru yang anda inginkan, lalu pilih Lanjutkan.

lupa kata sandi facebook

12. Pada halaman ini, anda disuruh untuk membuka email dan mengklik tautan (link) dari Facebook yang telah dikirim ke alamat email baru anda.

cek email anda

13. Login ke alamat email baru anda, kemudian buka email dari facebook. Selanjutnya klik link seperti yang telah saya garis bawahi.

link yang wajib anda klik

14. Kata sandi facebook anda sudah berhasil direset. Namun, untuk masalah keamanan, terlebih dahulu anda disuruh untuk menunggu 24 jam sebelum bisa login kembali ke akun facebook anda seperti biasa.

tunggu 24 jam

Sesudah anda menunggu 24 jam atau keesokan harinya, anda bisa login ke akun facebook anda menggunakan email baru dan kata sandi baru yang telah anda buat. Mungkin bagi sebagian orang, metode ketiga ini cukup ‘rumit’, karena kita harus membuat email baru, menghubungi kontak terpercaya, meminta kode sampai harus menunggu 24 jam terlebih dahulu untuk bisa login.

Memang begitu, hal ini dilakukan juga untuk kebaikan pemilik akun, facebook tidak ingin orang lain mengatasnamakan anda dan mengaku-ngaku sebagai anda. Metode ketiga ini berlaku bagi pengguna FB yang sebelumnya telah mengatur kontak terpercaya pada akun mereka, jika anda belum mengaturnya, tentu saja opsi pemulihan akun melalui kontak terpercaya tidak bisa dilakukan. Dapat disimpulkan bahwa gagal reset kata sandi FB bisa dikarenakan beberapa hal berikut:

1. Tidak bisa login ke email karena lupa password emailnya
Seperti yang telah saya bilang sebelumnya, jika anda tidak memiliki akses terhadap email anda, anda tidak dapat mereset password melalui email. Namun alternatif lain, anda bisa melakukan reset kata sandi melalui nomor ponsel seperti yang telah saya jelaskan pada Metode Kedua.

2. Belum menambahkan nomor ponsel ke akun atau nomor sudah tidak aktif
JIka anda belum menambahkan nomor ponsel ke akun facebook anda, tentu saja Metode Kedua tidak bisa anda terapkan. Karena untuk melakukan reset ulang kata sandi melalui nomor ponsel, terlebih nomor ponsel sudah ditambahkan pada akun FB anda. Metode Kedua juga tidak dapat diterapkan jika nomor ponsel yang anda tambahkan pada akun anda sudah tidak aktif (nomor yang tidak aktif atau terblokir tidak dapat menerima SMS), atau nomor sudah lama tidak anda gunakan (hilang).

3. Belum mengatur opsi pemulihan melalui kontak terpercaya
Jika metode pertama dan kedua tidak bisa diterapkan, dikarenakan anda lupa password email atau nomor ponsel anda tidak aktif / hilang, metode ketiga menjadi alternatif terakhir yang bisa digunakan.

Namun jika anda belum mengatur opsi pemulihan akun melalui kontak terpercaya, saya tidak tahu metode mana lagi yang bisa anda gunakan untuk mengembalikan akun facebook anda. Karena metode pertama dan kedua merupakan metode yang paling umum digunakan untuk mereset ulang kata sandi FB, sedangkan metode ketiga jarang sekali orang menggunakannya.

Penutup

Semoga ketiga metode yang telah saya jelaskan diatas mengatasi masalah lupa kata sandi facebook yang anda alami. Saya sudah mencoba menjelaskan langkah-langkahnya sedetail mungkin, namun bila ada beberapa langkah yang anda bingung, jangan sungkan untuk bertanya melalui kotak komentar yang telah disediakan dibawah.

Kemudian, jika anda mempunyai cara lain untuk mereset kata sandi FB, saya senang sekali jika anda membagikannya kepada teman kita yang lain melalui kotak komentar dibawah. Saya akan menambahkannya pada artikel jika memang cara tersebut ampuh dan terbukti berhasil. 🙂

Ada pertanyaan atau komentar?