Pengertian Android Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Tentunya sebagian dari anda sudah tidak asing dengan kata Android? Apalagi bagi anda yang menggunakan smartphone, tentunya sudah mengenal apa itu Android. Beberapa orang terkadang salah mendefinisikan Android sebagai smartphone. Namun sebenarnya Android sendiri adalah sistem operasi yang disematkan dalam smartphone ataupun komputer. Sistem android ini lah yang nantinya menyediakan beragam kebutuhan dari pengguna smartphone.

Pada awalnya Android merupakan sistem operasi basis Linux yang mana dikembangkan langsung oleh Android Inc. dengan dukung penuh dari Google Finance namun kemudian dibeli pada tahun 2005. Setelah itu, Android resmi liris pada tanggal 5 November 2007 bersamaan dengan berdirinya Open Handset Alliance yang mana merapakan perusahaan telekomunikasi yang bertujuan untuk dapat memajukan standar dari perangkat seluler yang ada.

Di sisi lain, pihak Google merilis kode-kode pada Android di bawah naungan lisensi Apache yang mana merupakan lisensi perangkat lunak serta standar terbuka untuk perangkat seluler. Terdapat 2 jenis distributor resmi dari sistem Android, yang pertama memiliki dukungan penuh Google (Google Mail Services) dan yang kedua adalah distributor yang memang benar benar bebas tanpa adanya dukungan dari Google yang sering disebut Open Handset Distribution (OHD).

Pengertian Android

Ponsel HTC Dream

Smartphone yang pertama kali diluncurkan ke publik dengan menjalankan sistem Android yaitu HTC Dream yang diluncurkan pada tanggal 22 Oktober 2008. Nah kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai pengertian Android beserta hal-hal yang terkait di dalamnya.

Pengertian Android

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Android merupakan sistem operasi yang memang khusus dirancang untuk smartphone dan tablet. Sistem Android ini memiliki basis Linux yang mana dijadikan sebagai pondasi dasar dari sistem operasi Android. Linux sendiri merupakan sistem operasi yang memang khusus dirancang untuk komputer.

kelebihan dan kekurangan Android

Android memang dirancang untuk dipasang pada perangkat-perangkat mobile touchscreen ( smartphone dan tablet). Sehingga sistem operasi yang berada di dalam smartphone saat ini memang menyesuaikan dari spesifikasi kelas low-end hingga high-end. Sehingga perkembangan sistem android memang cukup meningkat tajam. Android merupakan sistem operasi yang terbuka (open source) yang mana berarti jika pihak Google memperbolehkan dan membebaskan bagi pihak manapun untuk dapat mengembangkan sistem operasi tersebut. Bahkan anda sendiri pun juga dapat mengembangkan sistem android yang memang sesuai dengan keinginan anda.

Sistem Android memiliki gudang aplikasi dan game yaitu Google Playstore, yang mana disini anda bisa mendownload serta menggunakan aplikasi atau game yang terdapat di Google Play Store¬†sepuasnya dengan menggunakan perangkat seluler dengan sistem Android. Uniknya, Android menggunakan nama-nama makanan untuk membedakan versi sistem android yang diluncurkannya. Android menggunakan huruf depan dari nama makanan tersebut sebagai penanda peningkatan versi sistemnya. Mulai dari Cupcake Android 1.5 (C), Donuts Android 1.6 (D), √Čclair Android 2.0-2.1 (E) atau Marshmallow Android 6.0 (M).

Kelebihan Dan Kekurangan Android

Kelebihan Android

  1. User Friendly, yang dimaksudkan disini adalah sistem Android sangat mudah untuk dijalankan. Sama halnya pada sistem operasi Windows yang ada pada komputer. Bagi anda yang belum terlalu terbiasa dengan smartphone, anda hanya membutuhkan waktu sebentar saja untuk bisa mempelajari sistem Android.
  2. Anda akan sangat mudah mendapat beragam notifikasi dari smartphone anda . Untuk mendapatkannya, anda bisa mengatur beberapa akun yang anda miliki seperti SMS, Email, Voice Dial, dan lainnya.
  3. Keunggulan lainnya terdapat dari segi tampilan sistem Android yang menarik dan tidak kalah baiknya dengan iOS (Apple). Hal ini dikarenakan dari awal, Android memang mengusung konsep dan teknologi iOS hanya saja Android merupakan versi murah dari iOS.
  4. Sistem operasi ini memang memiliki konsep open source yang mana pengguna dapat bebas mengembangkan sistem android versi milikinya sendiri. Sehingga akan banyak sekali Custom ROM yang bisa anda gunakan.
  5. Tersedia beragam pilihan aplikasi menarik, bahkan hingga jutaan aplikasi. Dari mulai aplikasi gratis hingga aplikasi berbayar. Anda dapat mendownloadnya langsung di Google Playstore yang tersedia pada smartphone anda.

Kekurangan Android

  1. Update system yang kurang efektif. Sistem Android memang seringkali mengalami peningkatan versi yang ditawarkan kepada penggunanya. Namun untuk mengupdate system Android ini bukanlah hal yang mudah. Anda diharuskan untuk menunggu masing-masing vendor merilis resmi update terbaru dari sistem android tersebut. Dan bagi beberapa pengguna, hal ini kurang begitu menyenangkan.
  2. Baterai yang cepat habis, mungkin hal ini sering dialami oleh pengguna sistem Android saat ini. Apalagi jika anda sering menyalakan paket data serta menggunakan widget dan aplikasi yang berjalan terlalu berlebihan sehingga menyebabkan daya baterai berkurang dengan cepat. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa mengurangi aktivitas yang ada pada smartphone anda.
  3. Sering mengalami lemot atau lag, hal ini biasanya berkaitan dengan spesifikasi dari masing-masing perangkat seluler. Namun meskipun begitu, jika sistem android memang tidak bersahabat dengan aplikasi-aplikasi yang anda miliki tentu saja akan berdampak pada leletnya penggunaan smartphone anda. Hal ini dikaitkan dengan RAM atau prosesor yang memang kurang memadai. Sehingga akan lebih baik jika menyimpan aplikasi yang memang sesuai dengan smartphone yang anda miliki.

Nah itu tadi penjelasan detail terkait pengertian Android beserta kelebihan dan kekurangan yang perlu anda ketahui. Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, sampai saat ini Android masih menjadi sistem operasi nomor satu yang disematkan pada ponsel atau smartphone.

Ada pertanyaan atau komentar?