Pengertian dan Definisi Lengkap Mengenai Bandwidth yang Perlu Anda Ketahui

Dalam dunia komputer, bandwidth merupakan luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi.

Bandwidth juga bisa dibilang perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam rentang tertentu.

Bandwidth berfungsi sebagai acuan data transfer rate, dimana jumlah data yang dapat dibawa dari satu titik ke titik lainnya dalam kurun waktu tertentu. Lebih mudahnya, bandwidth di ibaratkan sebagai besar pipa yang digunakan dalam suatu jaringan.

Jadi, semakin besar pipa yang disediakan, semakin besar pula jumlah data yang dapat ditampung. Satuan bandwidth dinyatakan dalam bit per second (bps), bukan megabit per second (mbps), atau gigabit per second (gbps).

Perlu anda ketahui bahwa bandwidth bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi kinerja suatu jaringan. Terdapat banyak faktor, seperti packet loss, latency, jiter dan lain-lain.

Aplikasi satu dengan yang lain membutuhkan bandwidth yang berbeda-beda. Misalkan, percakapan pesan instan membutuhkan 1.000 bps, percakapan menggunakan VoIP membutuhkan 56 kbps, video dengan definisi standar (480p) membutuhkan 1 mbps, video HD(720p) membutuhkan sekitar 4 mbps, sedangkan video HDX membutuhkan lebih dari 7 mbps.

Apa Itu Alokasi bandwidth?

Alokasi bandwidth atau yang sering disebut dengan reservasi bandwidth merupakan proses sebuah proses pembagian jatah bandwidth pada masing-masing user atau aplikasi yang terdapat dalam sebuah jaringan.

Tidak hanya membagikan jata pada masing-masing user dan aplikasi, alokasi bandwidth ini juga berperan penting dalam menentukan aliran data berdasarkan prioritas dari masing-masing aliran data tersebut. Besarnya bandwidth akan berdampak penting pada kecepatan transmisi suatu data. Kecepatan transmisi ini sangat dibutuhkan aplikasi komputer yang membutuhkan kecepatan transmisi tinggi seperti videoconferencing.

Salah satu penerapan teknologi yang mengonsumsi bandwidth dalam jumlah yang cukup besar adalah Voice over IP (VoIP) dan video streaming. Maka tidak heran jika anda sedang streaming video di youtube, kuota internet anda akan sangat cepat habis. Hal itu dikarenakan tingginya penggunaan bandwidth pada aktivitas video streaming.

Ada pertanyaan atau komentar?