Pengertian WiFi Adapter Beserta Fungsi WiFi Adapter Pada Perangkat Komputer dan Laptop

Koneksi internet pada tahun-tahun belakangan ini telah menjadi kebutuhan yang tidak terhindarkan. Banyak aktivitas mulai dari aktivitas sosial hingga sampai aktivitas bisnis memerlukan koneksi internet. Oleh karena itu, kebutuhan akan koneksi internet kini bisa dibilang menjadi kebutuhan utama.

Namun untuk bisa terhubung pada jaringan internet, seringkali kita menemui kendala. Mulai dari pemasangan perangkat jaringan yang rumit, hingga keterbatasan jangkauan layanan koneksi internet. Misalkan di rumah (atau sekitar rumah) anda terdapat akses wifi dan anda ingin menggunakannya untuk internetan, terlebih dahulu pastikan PC atau laptop anda tertanam wifi adapter. Untuk laptop, hampir semua laptop masa kini sudah dibekali wifi adapter, berbeda dengan PC, sebagian ada yang dibekali dan sebagian tidak.

Sudah tahukah anda apa itu wifi adapter? Artikel berikut ini akan menjelaskan secara lengkap mengenai pengertian wifi adapter dan fungsi wifi adapter pada perangkat komputer dan laptop.

Pengertian Wifi Adapter (WLAN Card)

pengertian wireless adapter

Wifi Adapter (WLAN Card)

Wifi adapter adalah sebuah perangkat yang memberikan konektivitas nirkabel pada PC maupun laptop. Wifi adapter atau yang lebih dikenal dengan istilah Wireles Local Area Network (WLAN) card ini pada umumnya terpasang menjadi satu dengan motherboard baik pada PC maupun laptop. Pada umumnya wifi adapter beroperasi dalam dua mode yaitu mode infrastruktur dan mode ad-hoc. Dalam mode infrastuktur, data pada jaringan ditransfer menggunakan access point yang berfungsi sebagai pusat.

Semua koneksi yang terlibat dalam jaringan tersebut akan berbagi identitas service set identifier (SSID) yang sama sebagai access point. Selain itu juga akan menggunakan kode keamanan seperti WEP atau WPA sesuai dengan pengaturan. Sementara itu pada mode ad-hoc, koneksi jaringan tidak membutuhkan access point dan secara langsung bisa terhubung dengan semua perangkat wireless. Pada mode konektivitas jenis ini, koneksi mode ad-hoc harus menggunakan saluran dan SSID sama.

Fungsi Wifi Adapter

Skema sederhana jaringan wireless

Skema sederhana jaringan wireless

Wifi adapter memiliki fungsi khusus untuk menerima dan menyebarkan atau membagikan sinyal koneksi wifi dari satu komputer ke komputer lainnya. Pada sistem jaringan, wifi adapter juga bisa digunakan untuk menukar koneksi antara PC dan laptop secara mudah dan cepat.

Dengan adanya wifi adapter ini, kita bisa terhubung ke jaringan hotspot wifi disekitar rumah kita atau jika kita ingin berbagi file pada PC atau laptop lain melalui jaringan wifi bisa dilakukan dengan perangkat ini. Maka dari itu, wifi adapter ini memiliki fungsi yang penting sekali dan ‘wajib’ disematkan pada perangkat elektronik seperti PC maupun laptop.

Wifi Adapter Model USB

Wifi adapter tipe USB kini telah banyak beredar. Device ini memiliki bentuk seperti flashdisk yang sering Anda gunakan untuk keperluan menyimpan dan mengcopy data. Wifi adapter jenis ini mulai populer digunakan pada tahun 2005 dan mulai populer di Indonesia sejak tahun 2006. Wifi adapter jenis USB ini mempunyai kehandalan yaitu praktis untuk digunakan di manapun.

pengertian wifi adapter

USB Wifi Adapter

Harga device ini cukup terjangkau, memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, dan pemakaiannya yang bersifat fleksibel. Wifi adapter tipe USB ini bisa Anda dapatkan dengan kisaran harga Rp. 300.000 sampai Rp. 600.000 bergantung merk dan spesifikasi. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mengakses internet dalam jaringan wifi dengan mudah dan praktis (Dengan terlebih dahulu memasukkan password wifi-nya). Selain itu, perangkat ini memiliki mobilitas yang tinggi karena bentuknya yang kecil dan menjadi salah satu alasan utama mengapa Wifi adapter model USB banyak diminati.

pengertian dan fungsi wifi adapter

USB Modem Wifi

Terlebih lagi, saat ini juga terdapat USB wifi adapter yang mendukung slot SIM card (USB Modem WiFi). Jadi wifi adapter model ini juga bisa digunakan sebagai modem. Penggunaan Wifi adapter jenis USB ini juga menawarkan beberapa keuntungan, yaitu 1) mengurangi penggunaan kabel, 2) tidak perlu meng-install perangkat keras internal, dan 3) dapat digunakan pada banyak device sekaligus.

Keuntungan yang terakhir adalah Anda dapat menggunakan koneksi dari USB wifi adapter ini untuk digunakan pada banyak device sekaligus. Sebagai contoh Anda saat ini tengah menggunakan laptop untuk membaca informasi di blog ini, kemudian Anda sedang menggunakan smartphone, di lain pihak adik Anda sedang membaca buku online di tabletnya. Maka dengan menggunakan USB wifi adapter ini saja Anda sudah bisa berbagi koneksi internet dari 1 device ke beberapa device sekaligus. USB wifi adapter ini juga mampu mencakup area yang cukup luas yakni hingga kurang lebih dalam radius 10 m.

Ada pertanyaan atau komentar?