Pengertian dan Manfaat Internet Marketing serta Cara Mudah Menjadi Internet Marketer

Dewasa ini, di zaman yang semakin berkembang, dunia seakan seluruhnya dapat dijangkau dengan satu layar gadget milik Anda. Tak hanya hubungan dengan orang lain yang semakin dimudahkan, bagi para pedagang atau perusahaan, internet menjadi salah satu media tempat memasarkan produk yang dimilikinya sehinga lebih dikenal oleh banyak orang. Mencari uang pun bisa semudah membalikkan telapak tangan asalkan dengan adanya koneksi internet.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, internet marketing kian menarik untuk dilakukan. Ada beberapa alasan utama yang membuat orang memanfaatkan internet marketing, apa saja itu? Silakan cermati ulasan mengenai pengertian internet marketing, manfaat internet marketing, dan cara menjadi internet marketer di bawah ini.

Pengertian Internet Marketing

pengertian internet marketing - post

Internet marketing atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan istilah pemasaran internet merupakan segala cara yang dapat dilakukan individu atau perusahaan untuk memasarkan produk atau jasa yang ingin ditawarkannya melalui media elektronik atau internet. Internet marketing sering disebut juga dengan istilah cyber marketing, online marketing, atau e-marketing dengan pengertian yang sama.

Pelaksanaan internet marketing meliputi berbagai aktivitas yang bertujuan untuk memperkenalkan barang dan jasa ke lebih banyak orang. Internet marketing bisa pula digunakan untuk menghasilkan uang dengan berbagai cara dari internet. Aktivitas internet marketing meliputi pembuatan produk periklanan, pencarian prospek calon pembeli, serta penulisan kalimat atau konten digital untuk menjual barang dan jasa.

Manfaat Internet Marketing

manfaat internet marketing

Dibandingkan dengan pemasaran secara konvensional, tentunya internet marketing memiliki kelebihan tersendiri. Berikut merupakan manfaat internet marketing yang akan didapatkan oleh para internet marketer :

1. Tidak Lagi Ada Batasan Waktu

Perhatikan cara-cara orang melaksanakan marketing sebelum adanya internet. Rata-rata, pemasaran secara konvensional sangat terbatas oleh waktu. Iklan di televisi misalnya, tentu ketika mulai memasuki tengah malam berkurang keefektifan dan ketersampaian pada calon konsumen. Berbeda dengan internet marketing, kapanpun setiap individu atau perusahaan mampu memasarkan produknya yang dapat dilihat 24 jam tanpa batasan waktu, apalagi didukung dengan meningkatnya pengguna jumlah smartphone masa kini.

2. Pasar yang Dijangkau Lebih Luas

Dunia kini berada di tangan Anda. Biaya untuk memasarkan produk pada konsumen lokal maupun konsumen yang berada di lain benua kini bisa dilakukan dengan harga yang sama. Semakin luasnya pasar yang dapat dijangkau sistem internet marketing, maka semakin banyak pula calon konsumen yang berpotensi memiliki minat terhadap produk yang dipasarkan.

3. Menekan Biaya Pemasaran

Jika dahulu untuk memasarkan suatu produk dibutuhkan berbagai biaya seperti untuk mencetak brosur, spanduk, dan lain sebagainya, kini dengan internet marketing para pebisnis mampu menekan biaya pemasaran dan mengalihkannya ke ranah yang lebih efektif agar produk diketahui lebih banyak orang.

4. Sebagai Penghubung yang Efektif

Dengan adanya internet, setiap orang dapat berhubungan dengan orang lainnya walaupun terpisah jarak yang jauh. Begitu pula dengan internet marketing, penjual barang mampu terhubung dengan orang-orang di luar pulau, luar negara, bahkan luar benua sekalipun dengan modal layar laptop atau smartphone dan internet saja. Sangat efektif dibandingkan komunikasi secara konvensional seperti surat yang tentu membutuhkan waktu beberapa hari atau bahkan mingguan untuk sampai ke tujuan.

Cara Menjadi Internet Marketer

Cara Menjadi Internet Marketer

Setiap orang bisa dan mampu menjadi internet marketer, asalkan memiliki kemampuan yang baik untuk berkomunikasi, karena pada intinya, seorang inernet marketer memilik pekerjaan membuat konsumen tertarik dengan sebuah produk. Sangat banyak contoh internet marketer sukses yang berasal dari berbagai latar belakang, seperti bisnis, desain grafis, penulis, bahkan IT. Untuk menjadi internet marketer, setidaknya terapkan kiat-kiat berikut ini:

1. Bangun Relasi yang Baik

Tidak hanya di dunia nyata, di dunia maya pun untuk menjadi seorang internet marketer yang sukses, perlu dibangun relasi bisnis yang baik dengan banyak orang. Cukup banyak media yang dapat dimanfaatkan untuk membangun relasi yang baik, seperti media sosial (Facebook, Twitter, Instagram), Google Plus, LinkedIn, dan sebagainya.

Manfaatkan media tersebut untuk menceritakan bisnis yang sedang dijalankan. Dengan begitu, lingkaran pertemanan yang ada di semua media akan membangun citra diri atau perusahaan yang baik, sehingga orang pun lebih mempercayai bisnis Anda dan relasi terbangun dengan sendirinya.

2. Pahami Produk yang Akan Dipromosikan

Konsumen adalah raja, mereka berhak untuk mengetahui detail produk yang dipromosikan sebelum akhirnya memutuskan untuk membelinya. Untuk itu, sebagai internet marketer, Anda perlu menggali lebih dalam mengenai berbagai kelebihan yang dimiliki produk, kualitas menonjol yang menjadikannya lebih baik dari produk saingan, harga produk, serta varian apa saja yang tersedia.

Dengan memahami produk yang akan dipromosikan, tentunya promosi akan terlihat lebih meyakinkan dan profesional hingga akan menarik banyak orang. Yakinkan pula orang lain dengan menampilkan review dari konsumen sebelumnya yang sudah pernah bertransaksi.

3. Buat Target yang Tinggi

Jangan mudah merasa puas atas pencapaian yang telah didapatkan dari internet marketing. Jika suatu target terasa sudah tidak lagi menantang, maka ada baiknya untuk membuat target baru yang lebih tinggi untuk pengembangan diri sendiri. Kesuksesan akan lebih cepat datang bagi para internet marketer yang memiliki visi jangka panjang, dinamis dan bersemangat.

4. Hargai Orang-Orang yang Pernah Bekerjasama

Membangun relasi dengan orang-orang yang pernah bekerjasama juga merupakan sebuah poin yang penting untuk menjadi internet marketer sukses. Jika perlu, tampilkan semua testimoni pelanggan yang sudah merasa puas bekerjasama dengan Anda/ perusahaan. Tak hanya pelanggan yang akan merasa dihargai, orang lain yang berniat melakukan kerjasama di masa depan pun akan lebih yakin membuat keputusan.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian internet marketing, manfaat internet marketing, dan cara menjadi internet marketer. Kesemuanya tentu hanya teori yang tidak akan terwujud jika tidak dipraktekkan mulai dari sekarang. Pillihan ada pada Anda, apakah ingin berhenti belajar di akhir artikel ini, atau bangun dan memulai bisnis internet marketing dan menjadi sukses. Yang jelas, kerja keras tidak akan mengkhianati hasil yang akan didapat di masa depan.

Ada pertanyaan atau komentar?