Pengertian Email Beserta Fungsi dan Cara Kerja Email yang Jarang Diketahui Pengguna Internet

Ilmu dan teknologi berkembang dengan sangat pesat dan mempengaruhi berbagai bidang kehidupan manusia termasuk dalam hal komunikasi. Di zaman dulu saat orang ingin mengirim surat kepada orang lain maka ia harus menulisnya pada selembar kertas dan mengirimkannya melalui pos dan layanan sejenisnya.

Saat ini, metode mengirim surat seperti itu sudah tidak banyak digunakan karena kita sudah mengenal suatu bentuk komunikasi yang baru yakni dengan menggunakan email. Email atau electronic mail memungkinkan seseorang untuk mengirimkan pesan atau file dengan lebih efisien, murah serta lebih cepat. Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian email beserta fungsi dan cara kerja email yang jarang diketahui banyak orang.

Pengertian Email

Email adalah singkatan dari electronic mail yang merupakan surat atau pesan dengan format digital. Email banyak dapat diakses dengan mudah dengan berbagai gadget seperti komputer maupun ponsel smartphone.

Pada awal perkembangan internet, email digunakan sebagai sarana komunikasi antar developer internet dan kini seiring dengan perkembangan teknologi, email digunakan untuk berbagai macam tujuan dan dapat diakses oleh siapa saja.

cara kerja email

Cara kerja email

Penggunaan email tidak dikenakan biaya dan hanya bermodalkan koneksi internet. Ada beberapa jenis email yang saat ini digunakan diantaranya pop mail, web mail dan forward mail.

1. Pop mail atau post office protocol mail adalah email yang hanya dapat diterima dari internet service provider yang digunakan. Jenis mail ini dapat dibaca secara offline tetapi tidak bisa diakses disembarang tempat dan hanya bisa diakses dari rumah atau kantor dengan koneksi internet tersebut.

2. Web mail, atau web based mail adalah email yang hanya bisa diakses dengan membuka laman web penyedia layanan email tertentu. Karena aksesnya hanya membutuhkan laman web maka web mail bisa diakses dimana saja asal terhubung dengan koneksi internet.

3. Forward mail adalah suatu layanan email dimana email yang masuk pada suatu alamat diteruskan pada alamat yang lain. Layanan ini cocok digunakan bagi mereka yang suka bergonta ganti email atau tidak ingin memberitahukan email yang baru. Intinya forward mail berfungsi sebagai perantara antara satu email dengan email lainnya. Karena berfungsi sebagai perantara maka tentu saja email yang diterima akan lebih lambat diterima oleh pengguna.

Beberapa situs penyedia email yang saat ini banyak digunakan diantaranya adalah Gmail, Yahoo dan Hotmail. Layanan email tersebut bisa diakses melalui web atau browser yang biasa digunakan dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu dan kemudian pengguna akan menerima alamat email yang sesuai dengan data yang diberikan oleh user atau pengguna.

Baca juga: cara membuat email gratis

Alamat email juga sangat khas dan dapat dikenali dengan penggunaan simbol “@’ atau at, secara analogi simbol “@” menyatakan alamat kita pada layanan tersebut misalnya [email protected] maka zakaria adalah nama pengguna dan gmail.com adalah tempat tinggalnya dalam dunia internet.

Fungsi Email

Dari pengertian diatas kita bisa mengetahui bahwa email berfungsi layaknya layanan pengiriman surat dalam bentuk digital. Beberapa fungsi email yang diketahui adalah sebgai berikut

1. Mengirim dan menerima pesan

mengirim dan menerima email

Pada dasarnya email adalah layanan untuk mengirim dan menerima pesan. Pengguna bisa mengirimkan pesan atau surat secara digital pada alamat email yang dituju dan email tersebut akan sampai dalam hitungan detik tergantung pada kecepatan koneksi internet.

Caranya mudah saja, kita hanya perlu menulis pesan pada dashboard menu email yang disediakan oleh penyedia layanan email dan kemudian mengirimkannya pada alamat yang dituju.

2. Mengirim dan menerima file

Selain berfungsi untuk mengirim pesan, email juga bisa mengirimkan file dalam bentuk gambar, dokumen, video atau bentuk file lainnya pada alamat yang dituju dengan menambahkannya pada lampiran atau attachment yang tersedia pada email. Biasanya ukuran file yang dikirim memiliki ukuran tertentu dan tidak boleh melebihi ukuran file maksimal yang telah ditetapkan.

3. Mendaftar akun sosial media dan lainnya

email untuk daftar social media

Saat ini hampir semua fitur layanan yang tersedia di internet baik jejaring sosial media, online shopping, game dan lainnya membutuhkan email saat mendaftar dan login pada layanan tersebut.

Biasanya fitur aplikasi tersebut akan meminta verifikasi dari akun email yang didaftarkan dan juga mengirimkan notifikasi melalui alamat email yang didaftarkan. Email juga merupakan komponen penting saat Anda akan membuat suatu blog atau website yang ada di internet.

4. Sarana Promosi

Saat ini email tidak hanya menjadi sarana pengiriman pesan dan dokumen melainkan juga menjadi lahan promosi bagi para pebisnis misalnya online store. Saat pengguna mendaftarkan emailnya pada suatu online store maka secara otomatis alamat email tersebut akan menerima email promosi dari online store tersebut.

5. Mengaktifkan Smartphone

Ponsel atau smartphone khususnya android hanya dapat diaktifkan dengan memasukkan alamat email terlebih dahulu dan alamat email tersebut biasanya akan tersinkronisasi dalam aplikasi yang terdapat dalam smartphone tersebut.

Itulah pengertian email beserta fungsi dan cara kerja email. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa email adalah salah satu layanan yang dapat membantu kita untuk mengirim dan menerima pesan kapan saja dan dimana saja dengan lebih cepat, murah dan efisien.

3 Comments

  1. Nidin santoso
  2. Nurul Azizah

Ada pertanyaan atau komentar?