Pengertian FAT32 dan NTFS Beserta Perbedaannya yang Perlu Anda Ketahui

Bagi anda yang menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows, mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata FAT dan NTFS. Kedua akronim ini akan dapat anda temukan saat menjalankan sistem oeprasi Windows. Meskipun begitu, masih banyak orang orang yang belum mengetahui apakah maksud dari kedua singkatan ini. Sebenarnya, NTFS dan FAT merupakan sistem file yang terdapat di dalam sistem operasi Windows dan cukup populer. NTFS merupakan singkatan NT File System sedangkan FAT merupakan singkatan dari File Allocation Table.

Pengertian FAT32 dan NTFS

Yang dimaksudkan dengan sistem file (file system) adalah struktur logika yang mana digunakan untuk bisa mengendalikan akses pada data-data yang ada di dalam disk. Atau dapat dikatakan jika sistem filer merupakan database yang memang khusus digunakan untuk menyimpan, mengelola, memanipulasi, serta mengambil data sehingga saat anda mencari data data tersebut akan mudah sekali untuk ditemukan dan diakses.

Baik NTFS maupun FAT memiliki beberapa versi tersendiri. Untuk NTFS telah mengalami beberapa perkembangan mulai dari NTFS versi 1.0 hingga versi 3.1. Sedangkan untuk FAT memiliki 4 versi yaitu FAT 12, FAT 16, FAT 32, dan exFAT. Setiap versi tentunya memiliki spesifikasinya masing masing. Kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai versi FAT 32 dan NTFS lebih dalam. Mulai dari pengertian, keunggulan, hingga perbedaan diantara keduanya.

Pengertian FAT 32

FAT adalah sebuah sistem file yang mana menggunakan metode struktur table alokasi berkas sebagai metode untuk beroperasi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada beberapa versi dari FAT, salah satunya yaitu FAT32. Dapat dikatakan jika FAT 32 merupakan jenis file sistem yang tertua jika dibandingkan dengan NTFS ataupun exFAT.

Sistem file ini merupakan generasi terakhir dari FAT yang mana diperkenalkan ketika OS Windows 95 diluncurkan dan menjadi pengganti dari sistem file FAT16 yang mana memiliki perbaikan utama dalam hal peningkatan jumlah kluster dalam setiap partisi. Meskipun diperkenalkan pada sistem operasi Windows 95, namun sistem file FAT 32 juga dapat bekerja pada beberapa sistem operasi windows lainnya, antara lain Windows 98, Windows ME, Windows 2000, Windows XP, Windows 2003 server, Windows Vista, Windows 7, dan DOS V7 – higher.

Kelebihan FT32:

  1. Dapat digunakan dalam sistem operasi yang berbeda
  2. Mampu untuk menampung lebih banyak jumlah cluster jika dibandingkan dengan FAT

Kekurangan FT32:

  1. Tidak adanya fitur keamanan
  2. Tidak ada fitur unruk mengkrompres data
  3. Tidak bisa mendukung segala jenis sistem operasi
  4. Tidak adanya emkripsi data

Pengertian NTFS

NTFS atau NT File System merupakan jenis file system yang menggunakan desaain yang cukup simple namun kemampuannya melebihi dari FAT File System. NTFS ini pertama kali diperkenalkan pada sistem operasi Windows NT, namun juga mendukung sistem operasi lainnya seperti Windows 2000, Windows XP, Windows 2003 Server, Windows 2008, hingga Windows 7.

NTFS memiliki beberapa fitur-fitur terbaik yang dibutuhkan dalam pendistribusian, misalnya seperti access control (pengaturan akses) sehingga siapapun dapat mengakses berkas-berkas (directory), penetapan seberapa banyak kuota yang dapat digunakan dalam kapasitas hardisk, toleransi pada kesalahan, serta fitur enkripsi. NTFS telah mengalami banyak perkembangan hingga kini, sehingga terdapat beberapa versi NTFS yang sudah pernah diluncurkan. Mulai dari versi 1.0 (Windows NT 3.1), versi 1.1 (Windows NT 3.50), versi 1.2 (Windows NT 4.0), versi 2.0 (tidak dilanjutkan), versi 3.0 (Windows 2000), dan versi 3.1 (Windows server 2003 dan Windows XP SP1)

Sistem file NTFS adalah sistem file default yang mana ada pertama kali ketika anda akan melakukan instal ulang pada windows XP dan jika anda ingin mengupgrade Windows 9x ke XP maka anda akan ditanya ulang untuk mengkonversi sistem file yang lama menjadi NTFS. Jika anda menolak permintaan ini sebenarnya bukanlah masalah yang besar, karena windows XP masih support untuk sistem file FAT32, hanya saja tentu fitur keamanan nya akan dirasa sangat kurang. Untuk mengkonversi dari sistem FAT menuju NTFS sebenarnya sangat mudah, namun jika sebaliknya akan terasa sulit karena anda perlu memformat hardisk anda terlebih dahulu. Dapat dikatakan jika NTFS lebih aman jika dibandingkan dengan FAT, berikut ini beberapa kelebihan dari NTFS:

Kelebihan NTFS

  1. Memiliki kemampuan mengatur kuota volume yang digunakan pengguna
  2. Mendukung adanya kompresi data secara transparan walaupun tidak didukung dengan rasio besar sehingga dapat lebih menghemat ruang di dalam hardisk.
  3. Memiliki dukungan pada sistem file yang terenkripsi dengan transparan yang menggunakan beberapa jenis teori algoritma enkripsi yang memang umum digunakan.
  4. Mendukung dalam penanaman berkas dengan menggunakan cara pengkodean Unicode.

Kekurangan NTFS

  1. Tidak dapat mendeteksi saat sedang melakukan boot dengan floopy disk
  2. Tidak mendukung dalam banyak sistem operasi.

Perbedaan FAT32 dan FT16

Perbedaan FAT32 dan NTFS

Perbedaan FAT32 dan NTFS

Itu tadi penjelasan terkait pengertian FAT32 dan NTFS serta perbandingan diantara kedua sistem file tersebut. Tentu saja setiap sistem file memiliki kelebihan dan kekurangannya maisng masing yang sudah dijelaskan. Dapat anda sesuaikan dengan sistem operasi windows yang anda miliki serta kebutuhan anda.

Ada pertanyaan atau komentar?