Pengertian Mailing List Beserta Kelebihan dan Kekurangan Mailing List

Seiring dengan kemajuan dunia informasi dan komunikasi, kini segala pekerjaan dapat menjadi mudah dan cepat dikerjakan. Banyak sekali penemuan-penemuan menarik dalam bidang teknologi maupun komunikasi yang memang dapat membantu pekerjaan manusia. Misalnya untuk berkomunikasi, kini tidak perlu langsung bertatap muka untuk melakukan komunikasi.

Berbeda dengan dulu sebelum penemuan teknologi, tentunya untuk melakukan komunikasi diperlukan pertemuan langsung agar komunikasi tersebut dapat terjalin. Namun kini komunikasi antar manusia pun bisa dengan mudah dilakukan kapanpun dan dimanapun berada serta tidak terbatas, tanpa harus bertemu sekalipun. Dan tentu saja hal ini akan lebih menghemat pengeluaran anda.

pengertian mailing list

Salah satu penemuan dalam bidang teknologi dan komunikasi yang memang terbukti efektif membantu jalannya komunikasi antara sesama adalah dengan menggunakan Mailing List. Melalui mailing list, manusia dapat berkomunikasi bahkan secara berkelompok dan saling bertatap muka tanpa harus bertemu. Banyak sekali pengguna mailing list ini, bahkan hingga ke penjuru dunia.

Dengan adanya mailing list, komunikasi antar sesama menjadi lebih mudah dan dapat mempercepat suatu pekerjaan. Bahkan dapat pula dijadikan sebagai sarana untuk berbagi berita, informasi, serta hal lainnya. Namun mungkin beberapa orang belum mengetahui apa itu mailing list, kegunaan serta keunggulannya. Nah berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai pengertian mailing list beserta manfaatnya untuk sarana komunikasi yang efektif.

Pengertian Mailing List

Mailing List adalah salah satu fasilitas grup yang mana memungkinkan penggunanya untuk bisa saling bertukar informasi, berita, dan hal lainnya layaknya berdiskusi melalui internet. Mailing list sendiri bersifat terbuka, sehingga siapapun dapat menggunakan dan ikut serta di dalam grup tersebut. Cara kerja dari mailing list sendiri adalah dengan memanfaatkan media email, sehingga setiap anggota dari Mailing List wajib membuat sebuah Email.

Dari sini lah nantinya anggota mailing list bisa bertanya sesuka hati di dalam mailing list dan kemudian membroadcast kan pada seluruh anggota di dalam grup melalui email, yang mana anggota grup tersebut memang memiliki kepentingan serta kesukaan yang sama. Anggota dari Mailing list ini nantinya yang akan menerima pertanyaan melalui broadcast email tersebut dan kemudian membalasnya sesuai dengan keinginan mereka. Dan kemudian balasan tersebut juga dapat di broadcast kan kembali kepada anggota grup lainnya.

pengertian mailing list

Cara kerja Mailing List

Agar proses diskusi dapat berjalan dengan lancar, tentunya dibutuhkan seseorang atau lebih yang berperan sebagai moderator. Moderator sendiri memiliki tugas untuk memonitoring segala aktivitas yang terjadi pada anggota grup. Sehingga ketika ada anggota grup yang melanggar maka tugas moderator adalah untuk menegurnya. Bahkan moderator juga dapat mengeluarkan anggota yang melanggar tersebut dari grup diskusi. Contoh dari mailing list sendiri adalah group Yahoo, group Google, dan lain sebagainya. Pada dasarnya, ada 2 jenis Mailing list yang sering digunakan saat ini, antara lain adalah:

1. Announcement Type List

Merupakan proses komunikasi yang ada pada mailing list, namun hanya dilakukan satu arah. Sehingga anggota grup mailing list tersebut tidak memiliki otoritasi untuk bisa membalas pertanyaan. Anggota hanya dapat menerima email atau pesan dari mailing list.

2. Discussion Type List

Jenis Mailing list yang tipe nya dapat berkomunikasi dua arah. Berbeda dari sebelumnya, tipe ini memungkinkan anggota mailing list lainnya dapat menerima serta mengirim pesan pada sesama anggota grup lainnya.

Manfaat Mailing List

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mailing list merupakan sarana atau media komunikasi yang mana beberapa orang pengguna di dalamnya dapat saling bertukar dan berbagi berita, informasi, serta melakukan komunikasi lainnya. Melalui mailing list, penggunanya tak perlu bertemu dan bertatap muka untuk melakukan komunikasi. Dengan adanya mailing list, memungkinkan penggunanya agar dapat berbagi informasi kapanpun dan dimanapun tanpa adanya batasan waktu serta jarak.

Kelebihan dan Kekurangan Mailing List

Berikut ini beberapa kelebihan dari Mailing List, antara lain adalah:

  • Anggota grup mailing list dapat mudah menerima informasi terbaru dari anggota lainnya di dalam grup.
  • Sangat mudah dalam mendapatkan informasi-informasi.
  • Dapat menambah relasi

Berikut ini beberapa kekurangan dari Mailing List, antara lain adalah:

  • Kurang praktis, karena pengguna harus membuka email setiap hari agar pesan yang masuk ke dalam email tidak menumpuk.
  • Sistem pengiriman balasan dapat memakan kuota space pada email cukup besar. Hal ini dikarenakan saat mengirim pesan harus disertakan dengan kiriman yang sebelumnya.

Cara Menggunakan Mailing List

  • Pertama kali tentunya anda harus mendaftarkan diri pada grup yang anda minati. Biasanya terdapat pada grup Yahoo atau grup Google.
  • Pada saat anda mendaftar, anda akan diminta untuk mengisi database agar semua informasi anggota grup dapat terangkum rapi.
  • Setelah terdaftar, barulah anda bisa mengirimkan pesan ke mailing bila ada sesuatu yang memang ingin anda sampaikan. Setiap anggota mailing list dapat menuliskan apapun yang ingin disampaikan asal informasi tersebut memang akurat dan terpercaya. Informasi tersebut juga bisa dibroadcast kan anggota lainnya.

Nah itu tadi penjelasan mengenai Mailing list, mulai dari pengertian, manfaat, keunggulan dan kekurangan serta cara menggunakannya. Tentu saja dengan adanya Mailing list banyak sekali manfaat yang bisa anda peroleh. Untuk itu gunakan teknologi yang ada secara bijak agar manfaat positif bisa anda dapatkan. Jangan menjadikan media teknologi yang ada sebagai penyalur hal-hal yang negatif.

Ada pertanyaan atau komentar?