Pengertian NFC, Fungsi NFC, dan Perbedaannya dengan Bluetooth

Kemajuan teknologi saat ini menuntut manusia untuk melakukan berbagai hal dengan cara yang lebih efisien. Dari mulai berbagi dokumen, membayar makanan dan biaya transportasi, mempermudah suatu tugas, diperlukan sebuah cara yang dapat memangkas waktu yang diperlukan.

Banyak orang sudah tidak asing lagi dengan istilah bluetooth yang sering dimanfaatkan untuk berbagi dokumen antar dua buah perangkat, namun belum banyak orang paham mengenai NFC yang sebetulnya prinsip dan cara kerjanya sama dengan bluetooth dan sudah banyak digunakan oleh negara-negara maju di dunia. Dalam artikel kali ini, akan dijelaskan mengenai pengertian NFC, fungsi NFC, dan perbedaannya dengan Bluetooth.

Pengertian NFC

NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication. NFC banyak digunakan dalam smartphone dan diperuntukkan sebagai alat berbagi dokumen, musik, foto, permainan multiplayer, hingga alat pembayaran. NFC sendiri dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk komunikasi tanpa kabel jarak pendek, dengan antena yang dipakai lebih pendek dari gelombang sinyal operator. Prinsip kerja NFC sebetulnya sama dengan bluetooth yang mencari pasangan sinyal menggunakan fasilitas komunikasi yang sama.

pengertian NFC

Komunikasi menggunakan NFC pada prinsipnya menggunakan medan elektrik yang termodulasi, namun bukan yang berasal dari gelombang elektromagnetik radio. NFC magnetis memiliki sifat khusus yang mampu menembus konduktor dan dapat membalikkan gelombang radio. NFC bekerja dengan menghubungkan gadget di jarak yang sangat pendek, yaitu beberapa cm saja. Banyak telepon genggam yang menggunakan NFC dengan frekuensi 13,56 MHz. Karena jarak NFC sangat pendek, maka sangat sulit untuk menggunakan NFC secara diam-diam.

Dengan mengaktifkan NFC pada telepon genggam, berarti akan terbuka segala informasi mengenai perangkat pribadi, artinya orang lain mampu mengetahui informasi tersebut sehingga Anda harus berhati-hati mengatur konfigurasi dan penggunaannya sebelum mengaktifkan NFC.

Terdapat pula istilah NFC tag yang merupakan penghubung antara dua buah perangkat menggunakan fitur-fitur yang disediakan NFC. Pengguna dapat mengendalikan berbagai fungsi pada telepon genggan secara otomatis dengan satu kali tap menggunakan NFC yang telah diprogram. Misalnya saja, pengguna dapat masuk ke dalam suatu aplikasi, mengatur alarm, mengaktifkan bluetooth, menyesuaikan volume, tanpa perlu menyalakan ponsel atau menyentuh tampilan menu terlebih dahulu.

Fungsi NFC

pengertian NFC

Selain digunakan sebagai alat untuk berbagi dokumen atau file, ada beberapa fungsi lain dari NFC, diantaranya:

1. Melakukan Pembayaran

Kini di Indonesia sudah mulai populer pembayaran dengan e-money, terutama di kota-kota besar. Pembayaran dengan kartu e-money ini sebetulnya menggunakan prinsip NFC, hanya dengan melakukan tap ke mesin pembayaran, maka otomatis saldo dalam kartu akan berkurang tanpa perlu repot menggunakan uang tunai atau kartu debit dan kredit.

NFC untuk pembayaran ini juga cukup populer di Australia. Misalnya, jika Anda ingin membeli makanan ringan, tak perlu menghitung uang dalam bentuk fisik, tinggal mengeluarkan smartphone, membuka aplikasi untuk memesan makanan, dan Anda dapat langsung melakukan pembayaran melalui aplikasi tersebut. Beberapa saat kemudian, makanan pun akan disajikan di meja Anda.

2. Memberitahu Posisi Suatu Tempat

Pada saat pertama kali diluncurkan, NFC marak digunakan untuk aplikasi check in di suatu tempat menggunakan sistem LBS (Location Based Service). Pengguna bisa melakukan check in dengan cara melakukan tap pada NFC tag yang ada di tempat-tempat tertentu. Jika tersedia, pengguna juga dapat melakukan tap NFC untuk mendapatkan informasi peta suatu daerah.

3. Membuka Aplikasi Secara Otomatis

Misalnya saja, pengguna ingin mengakses resep untuk suatu masakan. Jika sudah terprogram sebuah NFC tag di dinding dapur, maka pengguna tinggal melakukan tap pada NFC tag tersebut kemudian akan terbuka aplikasi yang memuat resep sebuah masakan. Begitu pula halnya untuk menyalakan musik di telepon genggam, menyalakan lampu, dan sebagainya, apapun dapat dilakukan dengan memanfaatkan NFC.

4. Mempermudah Tugas Tertentu

NFC juga dapat diprogram untuk melakukan banyak pekerjaan agar lebih mudah dan efisien. Misalnya saja, jika ingin mengirimkan pesan tertentu pada banyak orang, pengguna tidak lagi perlu mengetik secara manual keseluruhan pesan tersebut. Pengguna dapat memprogram sebuah tag yang mengatur agar pesan terkirim hanya dengan melakukan tap ponsel pada tag tersebut.

Perbedaan NFC dengan Bluetooth

perbedaan nfc dan bluetooh

Bluetooth vs NFC

NFC bekerja pada jarak yang jauh lebih pendek daripada bluetooth. Jika ingin berkomunikasi dengan NFC, kedua perangkat harus didekatkan paling jauh maksimal 10 cm, atau menyinggungkan dua perangkat tersebut agar jangkauan sinyalnya lebih baik, Bluetooth mampu berfungsi pada dua perangkat yang terpisah hingga 10 meter. Berbeda lagi dengan wireless yang bisa menjangkau hingga puluhan meter.

Cara Aman Mengaktifkan NFC

Secara umum, komunikasi data menggunakan NFC bisa dikatakan cukup aman, namun tentu saja diperlukan tindakan preventif untuk menghindari penyalahgunaan informasi yang terkandung dalam suatu perangkat. Berikut merupakan langkah-langkah pengamanan aktivasi NFC:

  1. Jangan terus-menerus mengaktifkan fasilitas NFC. Aktifkan seperlunya saja ketika ingin dipergunakan misalnya untuk bertukar data. Setelah tujuan tersebut selesai, segera matikan NFC agar tidak ada perangkat lain yang mencoba mengambil data dari perangkat. Walau kecil kemungkinannya karena membutuhkan jarak yang sangat dekat, tindakan ini adalah bentuk pengamanan terhadap data di dalam perangkat.
  2. Kunci dengan PIN. Agar tak sembarang orang mampu mengaktifkan NFC pada perangkat milik Anda ketika sedang lengah, kunci fasilitas NFC dengan PIN yang hanya diketahui Anda seorang, sehingga ketika ada perintah untuk mengaktifkan NFC perlu input PIN tersebut dan hanya Anda yang dapat melakukannya.
  3. Hindari Mendekatkan Perangkat ke Perangkat Lain. Ketika NFC sedang menyala, hindari untuk mendekatkan perangkat pribadi Anda dengan perangkat lainnya, walaupun belum tentu perangkat lain tersebut juga sedang menyalakan NFC.

Ada pertanyaan atau komentar?