Pengertian OEM Beserta Perbedaannya dengan Original dan KW

Bagi anda yang pernah berbelanja kebutuhan gadget, komputer atau otomotif secara online pasti pernah mendengar istilah OEM. Sebagian dari anda mungkin masih kurang familiar dengan istilah tersebut oleh karena itu pada kesempatan ini akan dibahas mengenai apa itu OEM dan perbedaan antara produk original, OEM dan KW, sehingga anda dapat menentukan produk mana yang sebaiknya anda beli.

Ketika membahas tentang produk OEM pada komponen otomotif, OEM merujuk pada perusahaan komponen asli, yang mana komponennya tersebut dipasang atau digunakan pada proses pembuatan mobil baru. Namun pada artikel ini kita hanya akan lebih fokus untuk membahas produk OEM pada perangkat komputer.

Pengertian OEM

Original Equipment Manufacturer atau biasa disingkat OEM adalah sebuah barang atau produk yang diproduksi dari sebuah perusahaan yang kemudian dijual kembali oleh perusahaan atau retail yang lainnya dengan menggunakan nama atau brand mereka sendiri.

Umumnya produk OEM ditujukan untuk perusahaan OEM, yaitu perusahaan yang membangun sebuah sistem komputer seperti Acer, HP, Toshiba, Dell dan lainnya. Namun pembelian secara individu juga dapat dilakukan, baik untuk tujuan penggunaan pribadi maupun untuk dijual kembali. Ketika membahas produk OEM untuk software, microsoft merupakan contoh yang paling populer. Microsoft merupakan perusahaan yang menyediakan produk OEM untuk sistem operasi Windowsnya.

PENGERTIAN OEM

Anda dapat melihat salah satu contoh diatas, dua produk tersebut adalah sistem operasi windows dengan versi yang sama dengan harga yang jauh berbeda. Seperti yang anda lihat pada gambar diatas bahwa product keys untuk barang OEM lebih murah dibandingkan harga barang original yang dijualkan.

Hal tersebut dikarenakan produk OEM biasanya dikemas dengan box atau pembungkus yang biasa, tidak seperti pada kemasan original yang dijual pada umumnya. Hal lain yang membuat produk OEM lebih murah adalah karena produk OEM biasanya tidak dilengkapi dengan perangkat tambahan maupun surat-surat pendukung, meski hal itu dianggap penting untuk produk tersebut.

Ketika anda akan membeli sebuah perangkat OEM, jangan heran jika tidak dilengkapi dengan kabel konektor atau adapter, instruksi penginstalan, kartu garansi, dan bahkan paket software yang digunakan untuk menjalankan perangkat tersebut. Anda hanya akan mendapatkan perangkat yang anda pesan dengan bungkusan yang biasa. Hal itu bertujuan untuk mengurangi biaya pengeluaran dari toko tersebut, sehingga produk yang dijual bisa lebih murah. Dan tentu menjadi incaran buat anda yang sedang mencari produk dengan harga murah.

Perbedaan produk original, OEM dan KW

Umumnya terdapat tiga jenis kualitas produk yang dijual dipasaran, yaitu originial, OEM, dan KW. Tentu saja ketiga jenis produk tersebut memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Produk original merupakan produk yang dijual lansung oleh produsen atau pembuatnya, sesuai dengan standarisasi dari perusahaannya.

Produk OEM merupakan produk yang memilki kualitas sama dengan produk originalnya namun memiliki standarisasi yang berbeda. Sedangkan produk KW atau biasa disebut replika merupakan produk yang dibuat semirip mungkin dengan produk originalnya.

Bila ditinjau dari segi kualitasnya barang original memiliki kualitas yang sama dengan OEM. Berbeda jauh dengan produk dengan kualitas KW atau replika. Barang dengan jenis KW lebih mengedepankan bentuk fisik yang hampir sama dengan produk original meskipun dengan kualitas yang jauh berbeda dari original.

Bila ditinjau dari segi harga, tentu barang original yang paling mahal, karena barang original dilengkapi dengan servis jaminan dan dukungan yang lengkap dari perusahannya. Barang OEM memiliki harga yang sedikit lebih murah, karena barang OEM memiliki jaminan dan dukungan yang terbatas. Dan untuk barang KW atau replika jauh lebih murah dibandingkan harga original, karena barang dengan jenis ini adalah replika fisik dari sebuah barang original.

Produk mana yang harus saya beli?

Mungkin terlintas dipikiran anda mengenai, mengapa kita harus membeli barang original sedangkan barang OEM memiliki kualitas yang sama dengan original dan dengan harga yang jauh lebih murah?

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa meski dengan kualitas produk yang sama, namun produk original memiliki fitur atau fasilitas yang lebih dibanding dengan produk OEM.  Contohnya ketika anda akan membeli sebuah DVD instalasi sistem operasi windows, terdapat beberapa perbedaan ketentuan yang dimiliki produk original dibandingkan dengan produk OEM, adapun perbedaan tersebut yaitu:

1. Produk OEM hadir dengan dua versi yaitu 32 bit atau 64 bit, sehingga anda harus memutuskan versi mana yang akan anda gunakan. Berbeda dengan produk original yang menyediakan dua versi sekaligus dalam satu box.

2. Produk OEM windows tidak dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain. Sekali diinstal pada komputer, maka sistem operasi tersebut hanya akan dapat dipasang pada komputer yang sama. Berbeda dengan versi original yang mana dapat anda pindahkan dari PC satu ke PC lain. Namun perlu anda ketahui bahwa sistem operasi tersebut tidak dapat diinstal lebih dari satu komputer pada saat bersamaan.

3. Produk OEM windows tidak dilengkapi dengan fitur support dari microsoft. Bila anda ingin menghubungi microsoft untuk support anda harus membayar biaya tambahan. Berbeda dengan produk original yang sudah dilengkapi dengan fitur support yang sudah termasuk didalam harga produknya.

Itulah pengertian OEM beserta perbedaannya dengan produk original ataupun KW yang bisa menjadi gambaran untuk anda dalam menentukan produk mana yang akan anda beli nantinya.

Umumnya penjual akan menjelaskan perbedaan yang ditawarkan antara versi OEM dan original pada deskripsi barangnya. Bila anda merasa tidak keberatan dengan perbedaan tersebut, anda sebaiknya membeli produk OEM guna menghemat biaya pengeluaran anda.

Ada pertanyaan atau komentar?