Pengertian Processor ULV Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Seperti yang diketahui bahwa processor merupakan komponen yang terpenting pada sebuah komputer, yang berperan layaknya sebuah otak pada manusia. Intel yang merupakan merek processor yang paling populer saat ini yang secara resmi meluncurkan seri Core I yang terdiri dari Core i3, Core i5 dan Core i7 pada Januari 2010 yang lalu. Bersama dengan itu, Intel juga memperkenalkan salah satu teknologi pada processornya yang disebut Ultra Low Voltage processor.

Pengertian Processor ULV

Processor Ultra Low Voltage atau biasa disebut processor ULV adalah salah satu teknologi pada processor (khususnya processor keluaran Intel) yang mana didesain khusus untuk mengurangi konsumsi daya yang digunakan dengan cara mengurangi jumlah clock rate-nya. Dengan cara tersebut penggunaan konsumsi daya dapat dihemat hingga 15% bila dibandingkan dengan penggunaan konsumsi daya pada processor yang biasa.

Anda dapat dengan mudah mengenali processor jenis ULV dengan lambang U pada akhiran nama processornya, contoh Intel Core i7-4550U, Intel Core i7-6600U, Intel Core i5-6300U, Intel Core i3-6100U dan masih banyak lagi contoh produk lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Processor ULV

Kelebihan yang ditawarkan dari teknologi processor ultra low voltage ini adalah konsumsi daya yang digunakan lebih rendah hal ini membuat laptop dengan processor jenis ini memiliki daya tahan baterai yang lebih lama.

Disamping itu processor ultra low voltage juga tidak menimbulkan panas yang berlebih, hal ini yang membuat laptop dengan processor jenis ini hanya menbutuhkan pendingin yang kecil, sehingga membuatnya menjadi lebih ringan dan tipis. Laptop ULV rata-rata memiliki berat sekitar 1,4 kg dengan ketebalan yang tidak lebih dari satu inci.

Laptop dengan processor ULV ini bisa menjadi pilihan yang cocok untuk anda yang berstatus pelajar ataupun pekerja kantoran yang membutuhkan laptop dengan ukuran tipis dan ringan sehingga mudah untuk dibawa-bawa, dan juga performa yang bagus untuk menjalankan tugas harian seperti menjalankan office, menonton film, browsing dan sebagainya.

pengertian processor ULV

Namun untuk anda untuk penggemar game dengan kualitas tinggi atau yang sering melakukan task yang berat seperti video editing tidak disarankan untuk menggunakan laptop dengan processor ULV ini. Bukan karena laptop jenis ULV tidak mampu melakukannya, namun seperti yang kita ketahui bahwa processor jenis ini mengurangi nilai clock ratenya, sehingga kekuatan maksimal dari processor tidak akan didapatkan. Disamping itu, harga dari jenis processor ULV lebih mahal bila dibandingkan dengan jenis processor yang biasa, namun dengan kualitas teknologinya serta kelebihan-kelebihan yang ditawarkannya membuatnya menjadi sepadan.

Yang jelas dengan laptop processor ULV ini anda tidak perlu lagi cemas akan banterai anda habis saat berada di sekolah atau di kantor, dan juga tidak ada salahnya anda membayar dengan biaya yang sedikit mahal untuk jenis laptop yang satu ini.

Sebagai informasi tambahan untuk anda yang ingin mengecheck jenis processor yang anda miliki, anda dapat membaca artikel mengenai cara melihat spesifikasi laptop & PC yang sudah pernah ditulis di blog ini.

Ada pertanyaan atau komentar?