Pengertian Torrent dan BitTorrent Beserta Cara Kerjanya (Pembahasan Lengkap)

Kata “download via torrent” pastinya sering anda jumpai ketika akan mendownload suatu file yang umumnya memiliki ukuran yang besar. Banyak diantara anda mungkin kebingungan ketika mencoba untuk mendownload file menggunakan torrent, terlebih jika anda tidak mengetahui sama sekali apa dan bagaimana cara kerja dari torrent ini. Ketika anda mengklik tombol download, file yang terdownload hanya berupa file berukuran kecil dengan ekstensi .torrent, anda tentu bingung karena file tersebut sangat jauh berbeda dari file yang ingin anda download.

Oleh karena itu, ada baiknya anda menyimak penjelasan berikut mengenai apa itu torrent dan bittorrent, bagaimana cara kerjanya, dan apa saja kelebihannya dibanding download biasa agar nantinya anda tidak lagi bingung ketika dihadapkan dengan persoalan yang sama.

Pengertian Torrent

Kata Torrent disini sebenarnya mengacu pada file komputer yang berekstensi .torrent. File tersebut umumnya memiliki ukuran yang kecil, sebab file torrent tidak berisikan file yang akan anda download, melainkan hanya berisikan informasi mengenai file yang akan anda download. Informasi tersebut berupa informasi tracker, nama file, ukuran file, struktur folder, serta informasi lainnya yang dibutuhkan untuk memulai download.

Untuk memulai mendownload dari sebuah torrent dibutuhkan aplikasi downloader khusus yang mendukung protokol Bittorrent yang disebut dengan Bittorrent client, contohnya Utorrent atau Qbittorrrent. Setelah anda menginstal aplikasi tersebut, maka secara otomatis ekstensi .torrent akan terdaftar di sistem anda, sehingga bila anda ingin memulai download cukup dengan mengklik dua kali file torrent tersebut.

Pengertian Bittorrent

Bittorrent adalah sebuah protokol komunikasi peer-to-peer yang mana umumnya digunakan untuk membagi sebuah file yang berukuran besar seperti film, serial TV, game atau aplikasi. Tidak seperti metode download pada umumnya, Bittorent menggunakan bandwidth internet yang kecil namun dengan kecepatan yang maksimal. Hal ini dikarenakan Bittorrent membagi file yang akan anda download menjadi beberapa bagian kecil, untuk memahami bagaimana cara kerja dari bittorrent akan dibahas pada point berikutnya.

Bittorrent pertama kali diciptakan oleh seorang programmer Bram Cohen ditahun 2001, sebelumnya dia bekerja disalah satu perusahaan yang bernama MojoNation, yaitu sebuah perusahaan yang bergerak dibidang open source peer-to-peer sharing system yang digunakan untuk berbagi konten digital menggunakan bandwidth yang rendah.

Bittorrent berbeda dengan sistem jaringan peer-to-peer pada umumnya, dimana pada jaringan peer-to-peer sumber file yang anda download hanya dari satu komputer, yang mana bila komputer tersebut off maka otomatis proses download anda akan gagal. Berbeda dengan bittorrent yang menggunakan tracker untuk menuntun anda ke lokasi file yang akan anda download.

Cara Kerja Torrent dan Bittorrent

Cara Kerja Torrent dan Bittorrent

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa file dalam Bittorrent dipecah menjadi beberapa bagian kecil yang kemudian disebut pieces. Sebuah server pusat yang disebut tracker akan mengarahkan anda kepada komputer yang memiliki seluruh pieces dari file tersebut dengan lengkap, komputer tersebut kemudian disebut sebagai seeder. Tracker kemudian menginstruksikan seeder agar membagi file yang telah ia download tersebut ke komputer anda, komputer anda dalam hal ini disebut sebagai leecher.

Tidak hanya itu, tracker juga memungkinkan anda untuk saling bertukar pieces dengan seseorang yang sedang melakukan proses download juga, sehingga anda dapat menerima bermacam pieces secara terus-menerus. Setelah download anda selesai maka status anda akan berubah dari leecher menjadi seeder, sehingga anda mampu untuk membagi file tersebut kepada leecher lain yang membutuhkannya.

Mendownload file secara pieces (terpisah-pisah) secara bersamaan mampu mengatasi masalah umum pada metode peer-to-peer, dimana umumnya kecepatan upload dari sebuah peer lebih lambat dari kecepatan downloadnya. Hal ini tentu berdampak besar terhadap kecepatan transfer data yang dilakukan.

Beda Download Torrent dengan Download Biasa

Beda Download Torrent dengan Download Biasa

Pernahkah anda mendownload sebuah file besar dari suatu website dan hal tersebut memakan waktu hingga berhari-hari untuk dapat selesai, dikarenakan server file tersebut sangat lambat. Terlebih lagi ketika banyak orang yang juga mendownload file tersebut diwaktu yang sama.

Inilah yang menjadi pembeda antara download yang biasa dengan mendownload menggunakan torrent. Bila download yang biasa, anda mendownload file dari satu server saja, maka dengan menggunakan Bittorrent anda mampu mendownload file dari berbagai sumber diseluruh internet. Kecepatan download Bittorrent justru akan semakin cepat bila semakin banyak orang yang terlibat dalam jaringan tersebut.

Hal kedua yang menjadi pembeda ialah ketika anda mendownload sebuah file dari sebuah website, pada download yang biasa anda mengklik tombol download maka file yang anda inginkan akan terdownload, berbeda dengan torrent. Bila anda mengklik tombol download, maka anda hanya akan mendapatkan file torrent dengan ekstensi .torrent, bukan file yang ingin anda download. File torrent inilah yang selanjutnya akan menuntun anda menuju file download yang sesungguhnya, yang mana diperoleh dari orang-orang yang telah berhasil mendownloadnya atau bahkan yang sedang dalam proses mendownload. Torrent file ini sangatlah penting, karena tanpanya anda tidak dapat memulai download.

Banyak orang yang mempertanyakan mengenai legalitas dari penggunaan Bittorrent, kebanyakan orang berpandangan negatif disebabkan karena sebagian orang menggunakan Bittorrent ini untuk membagi file bajakan. Ada juga beberapa orang yang menggunakan Bittorrent ini untuk memasang jebakan yang mana memerintahkan anda untuk menuju kesebuah situs yang telah dipasangi malware.

Namun bukan itu inti dari Bittorrent ini, inti sesungguhnya dari Bittorrent ialah bagaimana kita bisa saling berbagi kesesama yang membutuhkan dengan cara yang mudah dan cepat. Lalu bagaimana dengan pandangan anda mengenai Bittorrent ini?

Ada pertanyaan atau komentar?