Inilah 8 Tips Ampuh Memilih Laptop Gaming yang Wajib Anda Ketahui

Dewasa ini, banyak orang yang menggunakan laptop untuk bermain game. Berbagai jenis laptop gaming sering kita jumpai di beberapa toko komputer.

Biasanya laptop gaming mempunyai harga yang relatif mahal dengan spesifikasi yang bisa dibilang memang cocok untuk bermain game. Melalui artikel berikut, saya akan berbagi tips bagaimana cara memilih laptop gaming dengan benar.

Banyak orang yang mengklaim bahwa untuk urusan gaming, lebih baik menggunakan PC daripada laptop. Saya rasa asumsi tersebut tidaklah salah, mengingat PC sendiri mempunyai banyak kelebihan dalam urusan gaming ketimbang laptop, Salah satu kelebihan yang dimiliki PC adalah kemudahannya dalam hal upgrade perangkat keras komputer.

Tidak kalah dengan PC, laptop juga mempunyai nilai plus tersendiri dalam urusan gaming. Salah satunya adalah simple, efisien, dan mudah dibawa kemana-mana. Jadi anda bisa bermain game dimanapun, entah itu di sekolah, kampus, ataupun kafe. Saya sendiri biasanya bermain game bareng-bareng bersama teman sekolah saya pada waktu jam istirahat. 🙂

Tips Memilih Laptop Gaming

Mempunyai laptop gaming tidak harus dengan harga mahal. Jika anda mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli laptop gaming, tidak menutup kemungkinan anda bisa mendapatkan laptop gaming dengan harga yang murah. Baiklah, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan.

Bagaimana Cara Memilih Laptop Gaming ?

1. Perhatikan seri chipset VGA, bukan besar memory VGA

Kesalahan yang sering dilakukan orang ketika hendak membeli laptop gaming yaitu lebih memperhatikan besar memory pada VGA atau VRAM daripada seri chipset pada VGA tersebut. Padahal yang yang perlu diperhatikan adalah seri chipsetnya, bukan besar memorynya. Berbeda dalam hal desain grafis, VRAM sangatlah penting tetapi dalam gaming tidak terlalu dibutuhkan.

Agar lebih mudah memilih VGA yang pas buat gaming, perhatikan seri chipsetnya. Misalkan NVIDIA GeForce GT 720M, cara membacanya sebagai berikut :

  • Digit pertama menunjukkan generasinya, artinya VGA tersebut generasi ketujuh
  • Digit kedua dan ketiga menunjukkan tingkatan kelas atau performanya, semakin tinggi angkanya semakin bagus performa suatu VGA.
  • Yang paling utama yaitu digit kedua dan ketiga, misalkan Nvidia GeForce GT 720M performanya dibawah Nvidia GeForce GT 635M tetapi GT 635M teknologinya lebih canggih karena generasinya lebih baru. Seri chipset VGA yang saya jadikan contoh di atas merupakan seri chipset VGA versi mobile, bukan versi dekstop.

2. Jangan mengabaikan peran processor

Banyak orang yang lebih memprioritaskan VGA daripada Processor ketika hendak membeli laptop gaming. Mereka cenderung memilih VGA yang sangat bagus performanya tetapi tidak di imbangi dengan processor yang bagus pula.

Hal tersebut tidaklah salah, tapi perlu diperhatikan bahwa peran processor tidak bisa dianggap sebelah mata lagi, dikarenakan semakin banyak game yang melakukan berbagai perhitungan kompleks pada processor.

Selain itu, Banyaknya inti/ core yang dimiliki oleh processor dapat memperingan proses rendering yang dilakukan oleh VGA. Saya sarankan memilih laptop dengan processor non ULV, karena processor seri ULV kurang bagus untuk gaming.

3. Besar RAM yang dimiliki Laptop

Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki laptop semakin lancar pula proses multitasking. Jangan terlalu disibukkan dengan clock speed RAM karena rata-rata game saat ini lebih mengutamakan kapasitas RAM daripada clock speed RAM.

4. Perhatikan kapasitas hard disk

Pastikan kapasitas hard disk minimal 500GB. Jika anda mempunyai dana lebih, tidak ada salahnya meng-upgradenya menjadi lebih besar lagi.

Perlu diperhatikan juga, mengupgrade hard disk bukan hanya untuk memperbesar kapasitas penyimpanan, tetapi juga meningkat kinerja laptop.

5. Pilih laptop yang dapat diupgrade komponennya

Meskipun tidak semua komponen pada laptop dapat di upgrade. Usahakan memilih laptop yang mendukung upgrade komponen seperti RAM dan hard disk.

Dengan mengupgrade komponen, dapat meningkatkan kinerja pada laptop. Komponen yang terutama di upgrade adalah RAM dan yang kedua adalah hard disk.

6. Perhatikan ukuran layar laptop

Ukuran layar merupakan indikator kenyaman dalam bermain game. Pilih ukuran layar sesuai kebutuhan, saya rasa laptop dengan ukuran layar 14″ sudah lebih dari cukup.

Jika anda ingin pengalaman gaming yang lebih menarik lagi, tidak ada salahnya jika memilih laptop dengan ukuran layar 15″ – 17″.

7. Pilih laptop yang memiliki beragam port

Pilihlah laptop yang menawarkan konektivitas yang beragam . Pastikan laptop tersebut memiliki minimal port-port berikut :

  • USB 2.0 port
  • USB 3.0 port
  • HDMI port
  • D-Sub port

USB 2.0 port dan USB 3.0 port tentunya sangat penting guna memasang peripheral yang mendukung kenyamanan gaming seperti mouse, keyboard, maupun joystick. Kurang menarik rasanya jika menggunakan keyboard internal (bawaan laptop) maupun touchpad ketika bermain game.

Jika anda berniat bermain game dan ingin menghubungkannya ke LCD TV atau monitor yang ukuran layarnya lebih besar, pilih laptop yang juga menyediakan HDMI port dan D-Sub port.

8. Perhatikan lama garansi laptop

Setiap vendor laptop berbeda-beda dalam memberikan garansi kepada konsumennya. Rata-rata lama garansi pada laptop adalah 1 tahun, semakin lama semakin bagus.

Mengklaim garansi perlu dilakukan jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada hardware laptop. Tidak ada salahnya jika mempertimbangkan garansi dalam memilih laptop gaming.

Kesimpulan

Saat ini banyak laptop yang beredar dengan harga yang bervariasi dan spesifikasi yang bervariasi pula. Maka dari itu anda harus menjadi lebih bijak lagi ketika hendak membeli laptop gaming. Perhatikan 8 hal yang telah saya sampaikan di atas, jangan sampai termakan bujuk rayu penjual yang nakal.

Mungkin hanya itu saja yang ingin saya sampaikan hari ini, semoga tulisan pendek saya ini bermanfaat bagi anda. Hehehehe 🙂

3 Comments

  1. Neki-HitaKaru

Ada pertanyaan atau komentar?