Sebenarnya 1 GB Berapa MB? Dan 1 GB Berapa KB? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Di era digitalisasi ini, internet sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi sebagian orang untuk melakukan aktivitas dalam kesehariannya. Misalnya saja, untuk melakukan komunikasi dengan orang lain sampai melakukan transaksi jual beli kini sudah dapat dilakukan menggunakan internet.

Di Indonesia sendiri, gaya hidup masyarakat terus mengalami perubahan yang sangat drastis dengan adanya internet. Bahkan, budaya Indonesia yang dikenal tradisional telah berubah menjadi lebih modern. Contohnya, kini banyak orang yang senang melakukan transaksi secara online. Hal itu menjadi salah satu penyebab bergesernya budaya tradisional, dimana syarat melakukan transaksi yang harusnya pembeli dan penjual bertemu langsung, dengan internet syarat tersebut tidak perlu dilakukan hanya butuh perjanjian di antara kedua belah pihak saja.

Ditambah lagi sekarang ini banyak bermunculan aplikasi untuk melakukan transaksi online, seperti Shopee, Tokopedia, BukaLapak dan masih banyak lagi.

1GB berapa MB 1GB berapa KB

Banyaknya perubahan yang terjadi akibat arus digitalisasi ini bukan menjadi jaminan meningkatnya pengetahuan masyarakat Indonesia. Sampai saat ini, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara menghitung kuota internet yang dimilikinya. Nah, Apakah Anda mengetahui apa itu kuota internet ?

Kuota internet merupakan jumlah batasan atau limit dalam penggunaan akses internet. Satuan yang digunakan untuk menghitung kuota internet sama dengan satuan dalam hal komputasi, yaitu Byte dan Bit (binary digit). Biasanya untuk menambah konektivitas internet, Anda melakukannya di penyedia layanan internet. Hal Yang pertama yang mereka tanyakan adalah “Mau pilih yang berapa Giga ?” Itu pertanyaan yang sederhana, namun masih banyak orang yang bingung untuk menjawabnya. Ada juga orang yang langsung menjawab “1 GB, 2 GB atau 5 GB”. Dan dalam benak pikiran anda timbul pertanyaan, “Sebenarnya 1 GB berapa MB sih? Dan kalau 1 GB berapa KB?

Untuk itu, dalam artikel kali ini Anda akan diberi penjelasan mengenai perhitungan kuota internet yang Anda gunakan. Dengan begitu, Anda tidak mudah tertipu oleh para penyedia layanan internet yang curang. Yuk, simak cara menghitungnya dibawah ini.

Sebenarnya, 1 GB Berapa MB Sih?

Istilah GB merupakan singkatan dari Gigabyte. Untuk mengubah ukuran Gigabyte ke Megabyte terdapat dua cara. Tergantung Anda ingin mengubahnya kedalam bentuk desimal atau biner. Perbedaan diantara keduanya, yaitu :

    • Bilangan desimal itu merupakan bilangan yang umum kita gunakan yang terdiri dari angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9.
    • Bilangan biner merupakan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1. Namun, biasanya kebanyakan provider menggunakan bilangan biner, karena sesuai bilangan yang dikenali oleh komputer adalah biner. Berikut cara mengubah dari Gigabytes ke Megabytes.

1 GB = 1.024 MB (Biner) = 1.000 MB (Desimal)

Anda juga dapat melihat perbandingannya melalui tabel dibawah ini.

1 GB berapa MB

Jika 1 GB = 1024 MB, Maka 1 GB Berapa KB ?

Ketika Anda telah menggunakan sebagian kuota internet di handphone Anda, otomatis jumlah kuota Anda akan semakin berkurang. Bisa saja yang awalnya ada 10 GB menjadi tinggal 100 KB. Lantas, apakah itu KB?

KB merupakan singkatan dari Kilobyte. Dalam dunia komputasi, 1 KB = 1.024 Byte . Maka untuk mengubah ukuran GB ke KB perhatikanlah rumus dibawah ini.

  • 1 MB = 1.024 Kilobyte (Biner) = 1.000 Kilobyte (Desimal)
  • 1 GB = 1.024 MB (Biner) = 1.024 MB * 1.024 Byte = 1.048.576 Kilobyte (Biner)
  • 1 GB = 1.000 MB (Desimal) = 1.000 MB * 1.000 Byte = 1.000.000 Kilobyte (Desimal)

Perhatikanlah penjelasan lebih lanjut menggunakan tabel dibawah ini.

1 GB berapa KB

Dari penjelasan diatas, apakah Anda sudah dapat memahami perhitungan data internet yang telah Anda gunakan ? Perhatikanlah contoh dibawah ini untuk membantu Anda lebih memahaminya kembali.

Contoh:

Di smartphone Anda tertulis “Kuota Internet Anda : 2.150 MB”. Maka berapa GB kuota yang Anda miliki?

Jawabannya adalah:

Jika 1 GB = 1.024 MB, maka sisa kuota Anda 2.150 MB = 2.150 : 1.024 = 2.09 GB

Apakah Manfaat yang Anda Dapatkan ?

Ketika Anda telah mengetahui perhitungan tersebut, ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan, diantaranya :

  1. Anda dapat mengontrol kuota dalam penggunaan aplikasi. Pada umumnya, aplikasi tidak langsung menghabiskan data sebesar 1 GB, tetapi dari ukuran yang terkecil terlebih dahulu, yaitu Byte, Kilobyte, dan Megabyte.
  2. Anda juga dapat mengontrol aplikasi. Sekarang, hampir semua perangkat gadget dilengkapi dengan fitur yang dapat mengontrol batas data yang Anda izinkan untuk menggunakan setiap aplikasi.

Demikianlah pembahasan mengenai satuan yang digunakan dalam kuota internet. Anda sekarang pasti sudah tahu 1 GB berapa MB dan 1 GB berapa KB. Jadi, kesimpulan dari pembahasan kali ini adalah, bahwa 1 GB = 1.024 MB = 1.048.576 KB. Selain itu, pembahasan diatas dapat membantu Anda lebih bijak dalam memanfaatkan kuota internet yang Anda miliki.

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend