15 Kelebihan dan Kekurangan MySQL Server yang Perlu Diketahui

MySQL, siapa sih yang tidak mengetahui software yang merupakan vendor dari DBMS ini? Apalagi jika kamu yang sering melakukan manajemen dan pengolohan dari Database, pasti kamu sangat familiar dengan software DBMS tersebut.

MySQL sendiri juga merupakan sebuah server open source yang sangat terkenal dan sering digunakan untuk berbagai aplikasi terutapa untuk membuat WEB dan server. MySQL ini berfungsi sebagai SQL atau kepanjangan dari Structures Query Language yang ia miliki sendiri dan sudah diperluas oleh MySQL yang sering digunaan bersamaan dengan PHP untuk pembuatan aplikasi server yang dinamis dan yang memiliki fungsi yang lebih powerfull.

SQL juga merupakan sebuah konsep dari pengoperasian database terutama untuk seleksi, pemilihan, dan pemasukan data yang akan memungkinkan pengoperasian data dapat dikerjakan dengan mudah dan otomatis.

Lalu apa-apa saja kelebihan dan kekurangan MySQL Server? pada artikel ini saya akan menjelaskan apa-apa saja kelebihan dan kekurangan dari MySQL Server :

KELEBIHAN

1. MySQL Merupakan Multi-user

multi user

Image : Resort Software

Salah satu kelebihan yang dapat menguntungkan kita sebagai pengguna yaitu MySQL merupakan software yang mendukung kepentingan multiuser. Walaupun MySQL memiliki sifat yang Open Source, tetapi tidak membuatnya lupa untuk memiliki kemampuan yang baik untuk dapat mendukung kepentingan seperti multiuser.

Dengan kelebihan ini, MySQL dapat dijalankan oleh banyak user dalam satu waktu tanpa mengalami permasalahan seperti crash, dan lain sebagainya.

2. Dapat Diintegrasikan Dengan Bahasa Pemrograman Lainnya

bahasa pemrograman

Image : Tech4HD Information and Technology

Jika kamu memiliki kemampuan coding dengan bahasa pemrograman yang bermacam-macam, kamu tidak perlu khawatir jika kamu ingin menggunakan MySQl, karena MySQL ini dapat diintegrasikan dengan berbagai macam bahasa pemrograman.

Nah dengan kelebihan seperti ini, MySQL dapat membantu kita dalam pembangunan dari sebuah system menjadi lebih mudah dan juga efektif. Itu dikarenakan MySQL yang data terintegrasi dengan berbagai macam bahasa pemrograman yang kita gunakan untuk membangun sebuah system.

3. Tidak Perlu Memiliki RAM yang Besar

ram

Image : IndiaMART

Kamu memiliki laptop yang RAM-nya cenderung kecil ? jangan khawatir, karena DBMS ini memiliki kelebihan seperti kamu dapat menginstallnya di RAM yang kecil. Ini sangat berbeda sekali jika dibandingkan dengan database yang lain yang perlu memiliki RAM yang cenderung besar.

Kamu juga dapat menginstall dan menggunakan DBMS ini meskipun kamu hanya memiliki memori kurang dari 1 GB. Cukup terjangkau, bukan ?

4. Software yang Portable

mysql

Image : Inovasi Informatika Indonesia

Kelebihan lainnya dari MySQL yaitu, merupakan salah satu jenis software yang portable. Dengan begitu software portable ini dapat dijalankan untuk mengolah database multi platform. Berbagai system operasi seperti MAC, Linux maupun Windows dapat menggunakan MySQL ini. Sehingga ini membuatnya berjalan lebih stabil dari segi efisiensi dan juga fungsional yang lebih baik.

5. Struktur Tabelnya Lebih Fleksibel

alter table

Image : Techstrikers

Struktur data dari MySQl diklai lebih fleksibel dan sangat mudah untuk digunakan. Seperti saat MySQL menangani ALTER TABLE, dan lain-lain. Penggunaannya juga sangat mudah jika dibandingkan dengan database yang lainnya seperti Oracle dan PostgreSQL.

6. DBMS yang Open Source

kelebihan dan kekurangan dari MySQL Server

Image : pintar komputer

Seperti yang dikatakan diawal, MySQL ini merupakan salah satu DBMS yang Open Source. Dan keunggulannya yaitu MySQL ini dapat kamu gunakan secara gratis tanpa membayar sedikitpun. Karena software ini disediakan Open Source, maka dari itu MySQL yang memiliki versi paling basic atau standard dapat kamu dapatkan secara Cuma-cuma atau gratis.

Apakah dengan disediakannya secara open source malah membuat performanya tidak baik ? tentu saja tidak, kamu jangan khawatir, walaupun software ini di sediakan secara open source tetapi MySQL ini telah memiliki lisenci GPL. Jadi kamu tidak perlu ragu lagi dengan kualitasnya.

Dan jika kamu membuatuhkan fungsi lebih dari SQL, kamu dapat membeli versi enterprise, atau kamu juga dapat membeli source code yang telah di tawarkan MySQL dengan harga yang sangat terjangkau, beda dengan Orecle yang memiliki harga yang cukup mahal.

7. Bisa Digunakan Dengan Spesifikasi Hardware Yang Rendah

hardware rendah

Image : Golepi

Keunggulan yang cukup mentereng dari MySQL yaitu kamu dapat menggunakan MySQL ini dengan spesifikasi hardware yang rendah. Jadi kamu tidak perlu memiliki computer yang spesifikasi hardwarenya sangat tinggi. Karena dengan spesifikasi hardware yang rendah saja, MySQL dapat kamu gunakan dengan baik tanpa ada kendala atau masalah.

8. Administrative Tools Sangat Lengkap

mysql

Image : MYSQL

Administrative tools pada MySQL terbilang sangat lengkap. Karena user dan juga programmer dapat menggunakan software ini dengan sangat mudah. Kamu tidak perlu repot-repot untuk mempelajari MySQL secara detail.

9. Tipe Data-nya Bervariasi

tipe data

Image : SISTEM INFORMASI – WordPress.com

Tidak dipungkiri lagi bahwasanya MySQL memiliki segudang tipe data yang dapat kamu gunakan. Tipe data yang disediakan pun beragam dan sangat bervariasi. Seperti Integer, double, float, date, char, text, timestamp dan lain sebagainya. Dengan berbagai macam tipe data yang didukung tersebut membuat software ini merupakan salah satu software yang berguna untuk kebutuhan DBMS.

10. Keamanan yang Terjamin

aman

Image : Security Magazine

Fitur keamanan dari MySQL ini cukup baik. Apalagi dilihat dari statusnya yang merupakan open source. Dan MySQL juga memiliki beberapa lapisan keamanan seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan system perizinan yang disertakan dengan sandi terenkripsi.

11. Interface yang Baik

kelebihan dan kekurangan dari MySQL Server

Image : RocketStock

MySQL juga memiliki interface atau antarmuka terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman lainnya dengan menggunakan fungsi API.

12. Performa yang Sangat Baik

kecepatan

Image : berbagaireviews.com

Kecepatan yang dimiliki oleh MySQL juga sangat baik ketika saat ia menangani query yang sederhana. Apalagi ketika ia bisa memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.

KEKURANGAN

1. Technical Support Kurang Baik

technical support

Image : Cheeky Munkey

Dibalik kelebihan dari MySQL, ada juga kekurangan dibaliknya, termasuk technical Support pada MySQL diklaim kurang bagus. Ini berhubungan dengan statusnya yang open source. Hal tersebut membuat user mengalami kesulitan ketika menghubungi technical support untuk mencari MySQL ketika dihadapkan pada suatu permasalahan pada saat menggunakan software tersebut.

2. Sulit Diaplikasikan dengan Database yang Besar

kelebihan dan kekurangan dari MySQL Server

Image : PropertiData.com

MySQL memang tidak cocok untuk diterapkan pada perusahaan ataupun instansi yang besar. Karena mereka pasti menggunakan database dan jumlah data yang sangat besar. Itu dikarenakan MySQL merupakan DBMS yang sangat ramah dengan spesifikasi komputer yang rendah, maka dari itu MySQL tidak memiliki fitur yang selengkap Oracle.

3. Tidak Populer Untuk Aplikasi Game dan Mobile

gamers

Image : BetaNews

Jika kamu ingin membangun sebuah aplikasi mobile ataupun game, MySQL bukan salah satu database yang tepat untuk kamu gunakan. Karena DBMS ini sangat kurang digunakan untuk aplikasi-aplikasi tersebut.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari MySQL Server. Dengan membaca artikel ini, diharapkan kamu dapat mempertimbangkan apakah software ini cocok atau tidak untuk kamu gunakan.

Leave a Reply

Send this to a friend