4 Pembuat Virus Komputer Yang Berhasil Ditangkap Pihak Berwajib

Penyebaran virus komputer sangat ditakuti pada era digital seperti sekarang ini. Karena data-data pekerjaan, sekolah, tugas dan bisnis semuanya terikat dengan komputer.

Maka dari itu, setiap komputer haruslah memiliki proteksi atau keamanan yang baik agar virus komputer tidak mudah untuk menginfeksi komputer kita.

Ada banyak anti virus yang bisa digunakan untuk mengkarantina virus. Untuk yang lebih aman, lebih baik menggunakan anti virus yang berbayar karena proteksi yang dilakukan lebih komplit dibandingkan dengan yang gratis.

Omong-omong tentang virus, kamu tahu gak sih orang-orang dibalik terciptanya virus ? Karena virus ciptaannya, mereka bahkan sampai ditangkap oleh pihak berwajib karena merugikan banyak orang.

Berikut artikel yang membahas tentang orang pembuat virus komputer dan berhasil ditangkap oleh pihak berwajib.

1. David L. Smith

David L. Smith

Image : CBS News

Pria kelahiran tahun 1968 yang bernama David L. Smith ini adalah seorang pembuat worm virus bernama Melissa. Worm Melissa diluncurkan David yang pada saat itu berumur 31 tahun di Aberdeen Township, new jersey pada bulan Maret 1999.

David dengan sengaja mengunggah dokumen yang terinfeksi ke Usenet newsgroup dari akun AOL yang dicuri. Nama dari virus tersebut di yakini bahwa David menamakannya dari penari yang terkenal di Florida.

Virus Melissa ini berupa dokumen Microsoft Word yang selanjutnya di upload ke newsgroup di internet. Dan siapa yang mendownload atau membuka dokumen tersebut berarti telah mengaktifkan virus Melissa.

Dan Virus ini akan mengirimkan pesan secara otomatis dari pertama sampai ke 50 alamat dalam buku alamat email seseorang yang sudah terinfeksi virus ini. Dengan begitu virus ini menyebar dengan waktu yang sangat cepat.

Beberapa perusahaan besar seperti Intel, Microsoft, Lucent Technologies dan Loockheed martin terpaksa menutup system e-mail mereka karena virus tersebut. virus ini juga telah menyebabkan lebih dari 80 juta dollar dalam kerusakan bisnis yang ada di Amerika Utara.

Dan akhirnya David L Smith ditangkap oleh anggota FBI dan dijatuhkan hukuman selama 20 bulan penjara dengan denda US $5.000 oleh pengadilan. Setelah keluar dari penangkapannya, David L. Smith bekerja di FBI dan ditugaskan untuk menjaga software akan terhindar dari virus yang dapat melemahkan system keamanan dan dapat mengurangi kerusakan yang telah disebabkan virus-virus jahat.

2. Jan De Wit

Virus Anna

Image : Viva

Virus Anna kournikova, nama dari virus ini merupakan nama petenis cantik asal Rusia yang sangat terkenal. Pada virus ini adalah merupakan sebuah virus yang berada dibalik dokumen gambar yang bernama Anna Kournikova.jpg.vbs.

Nama tersebut sengaja dibuat untuk menarik perhatian pengguna email lainnya. Ketika pengguna mengklik dan membuka file gambar tersebut maka program berbahaya pun menyebar.

Ketika dokumen yang berisi virus tersebut diakses di Microsoft Windows, maka file tidak akan menampilkan gambar Anna Kournikova, melainkan akan menampilkan Visual Basic Script.

Menariknya lagi, orang yang menciptakan virus ini masih berusia 20 tahun pada saat itu. Anak itu bernama Jan De Wit. Ia membuat virus ini dengan memanfaatkan toolkit pembuat bug yang didapatkan secara online dari programmer coding Argentina.

Kerugian yang dihasilkan dari virus ini senilai 166 ribu US Dollar. Dikarenakan virus tersebut dapat menyebar luar dengan cepat, De Wit langsung menyerahkan dirinya kepada pihak yang berwajib karena tahu betapa besar dampak dan kerugian yang dihasilkannya dengan menyebarkan virus tersebut.

3. Onel De Guzman

Onel De Guzman

Image : Lucis Philippiness Press

Bisa dibilang virus yang di ciptakan oleh Onel De Guzman ini merupakan virus yang sangat romantis. Karena virus ini mengirimkan email ke anda dengan subjek I Love You.

Tetapi dibalik keromantisannya tersebut, virus ini memiliki sifat jahat. Ia dapat menyerang data dikomputer anda yang berformat MP3, JPEG, dan lain-lain. Awalnya pengguna akan mendapatkan email dengan subjek ILoveYou dan email tersebut memiliki tautan yang bernama’Love-Letter-For-You.TXT.vbs’.

Ketika pengguna tersebut membuka dokumen yang dikirimkan itu, pesan tersebut secara otomatis akan menargetkan semua orang yang ada di email pengguna lalu menyebarkannya lagi.

Virus ini mampu menyerang lebih dari 45 juta orang dalam waktu sehari saja pada tahun 2000. Dan virus ini menyebabkan kerusakan senilai 5,5 milliar US dollar. Onel sempat ditangkap oleh aparat kepolisian Filiphina tetapi dilepaskan kembali karena tidak adanya peraturan tentang penciptaan virus malware di Filiphina.

Awalnya Onel De Guzman menciptakan virus ini untuk menyelesaikan tesisnya tetapi akhirnya malah di tolak.

4. Sven Jaschan

Sven Jaschan

Image : Alchetron

Sven Jaschan merupakan anak jenius asal jerman yang sudah bisa membuat sebuah virus pada saat umurnya 17 tahun. Virus yang berhasil dibuatnya yaitu Netsky dan Sasser.

Virus-virus komputer tersebut merupakan virus yang cukup rumit dan dapat melumpuhkan ribuan komputer yang ada. Virus ini dibuat pada tahun 2004.

Tidak seperti virus-virus pada umumnya, virus ini tidak menyebar lewat email atau campur tangan manusia untuk bisa menerobos masuk ke system komputer.

Tetapi virus tersebut akan menginfeksi kerentanan yang hadir di kedua mesin milik Windows XP dan Windows 2000 yang biasanya dikenal dengan RPC (Remote Procedure Call).

Lebih hebatnya lagi virus ini berhasil menyebar dan menginfeksi ribuan komputer dalam beberapa hari saja. Setelah computer tersebut terinfeksi, maka program virus tersebut akan mengakses internet untuk mencari mesin yang rentan lainnya untuk dapat menginfeksi komputer lainnya.

Walaupun kerusakan yang ditimbulkan tidak secara permanen, tetapi virus ini dapat membuat computer menjadi crash dan reboot.

Total kerugian dari virus ini menjapai nilai 500 juta dollar. Dan Jaschan sempat dibekuk polisi setempat, tetapi dikarenakan ia belum mencapai umur 18 tahun, maka penahanannya tidak jadi dilakukan.

Itulah 4 pembuat virus yang akhirnya ditangkap oleh pihak berwajib. Mereka adalah termasuk orang-orang yang jenius tetapi malah memilih jalan yang salah karena menyebarkan virus komputer yang akhirnya membuat kerugian yang besar. Tetapi sebagian dari mereka di pekerjakan dengan layak setelah keluar dari penjara.

Leave a Reply

Send this to a friend