Cara Mengatasi Pendaftaran Prakerja yang Terkendala Gagal Upload KTP

5 Cara Mengatasi Pendaftaran Prakerja yang Terkendala Gagal Upload KTP

Banyak hal yang membuat gagalnya mendaftar kartu prakerja, maka pada artikel ini akan mengungkapkan rahasia cara mengatasi pendaftaran prakerja yang terkendala gagal upload KTP.

Tentu saja, berbagai masalah pada saat mendaftar kartu prakerja akan membuat kita merasa sangat kesal dan jengkel. Terlebih lagi apabila kita telah memenuhi semua syarat yang telah disebutkan di website prakerja.

Hal tersebut dapat terjadi karena disebabkan banyaknya orang atau pengguna yang sedang mengakses situs tersebut sehingga servernya menjadi down. Atau bahkan bisa saja kesalahan tersebut terjadi pada sistem prakerjanya itu sendiri. Oleh karena itu, kita sebagai pengguna harus mengetahui kiat-kiat dalam menyelesaikan masalah pada saat melakukan pendaftaran prakerja.

Cara Mengatasi Pendaftaran Prakerja yang Terkendala Gagal Upload KTP

Kesalahan umum yang sering ditemui pada saat mendaftar program kartu prakerja yaitu gagalnya mengupload foto KTP. Tetapi sebelum itu, kita harus melihat terlebih dahulu apakah foto KTP yang kita upload telah memenuhi syarat atau tidak. Seperti yang disebutkan pada website prakerja, kita harus mengupload foto KTP dengan beberapa syarat, yaitu :

  1. KTP harus berada didalam bingkai kamera dan jangan sampai bagian KTP tidak termasuk kedalam foto. Dan KTP yang di foto, bukan hasil dari fotokopi.
  2. Pastikan bahwa ukuran dari foto KTP tidak melebihi dari ukuran 2 MB.
  3. Pastikan bahwa jenis foto dari KTP adalah JPEG atau PNG.

Dan apabila ketiga persyaratan tersebut telah dipenuhi dan KTP tidak dapat diupload, maka Anda harus melakukan langkah khusus untuk dapat dan berhasil dalam mengupload foto KTP di website prakerja.

Apa-apa saja faktor yang mempengaruhi gagalnya mengupload foto KTP di website prakerja? Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan gagalnya mengupload foto KTP di website prakerja. Dan dibawah ini akan menjelaskan beberapa faktor serta cara mengatasi pendaftaran prakerja yang terkendala gagal upload KTP.

1. Cek Kualitas Foto KTP

prakerja

Kualitas foto KTP yang tidak baik merupakan salah satu faktor gagalnya foto KTP terupload di website prakerja. Nah oleh karena itu, Anda harus memeriksa kembali apakah kualitas foto KTP yang Anda hasilkan sudah baik atau belum. Pastikan nomor KTP, nama, dan informasi lainnya yang berada di KTP tersebut dapat terlihat jelas dan tidak tertutup oleh sesuatu.

Tetapi, Anda juga harus memeriksa kembali ukuran dari foto KTP yang Anda upload. Sesuai dengan peraturan yang disebutkan di website, maka file foto KTP tidak boleh melebihi 2 MB. Walaupun begitu, Anda juga harus tetap menjaga kualitas dari foto KTP.

2. Bayangan Pada Foto KTP

prakerja

Usahakan pada saat Anda mengambil foto KTP tidak terlihat ada bayangan apapun pada foto tersebut. Karena hal itu dapat mengganggu tampilan foto KTP. Maka cara yang lebih baik untuk mengambil foto KTP yang baik yaitu berada ditempat yang terang, sehingga informasi yang ada didalam KTP dapat terlihat dengan jelas.

3. Periksalah Koneksi Internet Anda

Koneksi Internet yang buruk juga merupakan salah satu faktor dari gagalnya mengupload file foto KTP. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa kembali koneksi internet agar dapat mengupload foto KTP.

4. Cobalah Mengakses Website Prakerja pada Malam Hari

Cobalah Mengakses Website Prakerja pada Malam Hari

Banyaknya pengguna yang mengakses website prakerja, akan membuat server menjadi down dan kita tidak dapat melakukan pendaftaran saat itu juga.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya kita dapat mendaftar pada jam-jam orang sudah tidur yaitu pada jam 01.00 WIB – 03.00 WIB. Cara ini sangat ampuh karena saya sendiri telah mencobanya dan tidak mengalami kendala apapun dalam mendaftar kartu prakerja.

5. Cobalah Mengecilkan Ukuran KTP menjadi 10Kb

Cara Mengatasi Gagal Upload Foto KTP Kartu Prakerja

Cara satu ini juga telah saya terapkan untuk mendaftarkan kartu prakerja, dan hasilnya foto KTP saya dapat terupload dengan benar.

Nah, untuk menggunakan cara ini, Anda dapat mengompres foto KTP Anda menggunakan tool online kompresor seperti TinyPNG, compressjpeg.com, dan iloveimg.com apabila Anda menggunakan PC. Dan jika Anda menggunakan Android, Anda dapat menggunakan aplikasi Photo & Picture Resizer, Reduce Photo Size dan Photo Resizer.

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai Cara Mengatasi Pendaftaran Prakerja yang Terkendala Gagal Upload KTP. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengupload file foto KTP dalam website prakerja.

Leave a Reply

Send this to a friend