5 Film dengan Efek Visual Terbaik yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Film dengan Efek Visual Terbaik

Untuk kamu yang penggemar film bergenre fantasi, kamu pasti tidak asing dengan kata efek visual. Karena biasanya Film yang bergenre Fantasi, Action dan lain-lain menggunakan efek visual untuk mendapati hasil adegan yang terlihat nyata.

Jika kamu belum tau, VISUAL EFFECT atau sering disebut Visual FX (VISUAL F/X; VFX adalah Serangkaian proses pembuatan gambar yang menyertakan proses manipulasi tertentu di luar adegan pengambilan gambar syuting asli. Jadi intinya Visual Effect adalah pemberian effect tertentu ke dalam sebuat video atau film, Efek visual merupakan perpaduan dari gambar syuting asli dengan objek rekayasa komputer, serta objek lainnya untuk menciptakan adegan yang realistis sesuai dengan tuntutan skenario.

Hal ini dilakukan misalnya karena adegan tersebut berbahaya untuk dilakukan oleh para pemeran, atau berbiaya tinggi, atau bahkan mustahil untuk divisualkan secara nyata.

1. Avatar

Film dengan Efek Visual Terbaik

Image : OnlineGames

Avatar, dikenal sebagai James Cameron’s Avatar, adalah film fiksi ilmiah petualangan Amerika Serikat tahun 2009 yang disutradarai oleh James Cameron dan diproduseri oleh James Cameron dan Jon Landau. Naskah film ini ditulis oleh James Cameron. Film ini dibintangi oleh Sam Worthington, Zoe Saldana, Stephen Lang, Michelle Rodriguez dan Sigourney Weaver.

Film ini pada dasarnya adalah film tentang bagaimana manusia rela merusak alam demi keuntungan. Karena keganasannya pula, manusia tega merusak harmonisasi kehidupan mahluk di tata surya lain, yang selama berabad-abad sudah hidup serasi dengan alam. Dan di bagian akhir ditunjukkan, bagaimana alam juga bisa membalas.

Berbagai hewan berdatangan dan ikut serta dalam pertempuran itu. Dan disitulah terlihat, bahwa peralatan canggih manusia ternyata tidak berarti apa-apa jika berhadapan langsung dengan kekuatan alam.

Pada film ini juga menggunakan efek visual yang sangat baik, mulai dari burung-burung raksasa yang berwarna-warni, pohon raksasa yang super besar, dan bagaimana mereka bisa berhubungan satu sama lain dengan ujung rambut mereka yang berserabut.

2. Guardians Of Galaxy

Film dengan Efek Visual Terbaik

Image : DigitalTrends

Sebuah petualangan luar angkasa epik yang penuh aksi, Marvel’s Guardians Of The Galaxy mengekspansi dunia Marvel Cinematic Universe ke kosmos, di mana petualang Peter Quill menemukan dirinya diburu tanpa henti setelah mencuri sebuah benda misterius berbentuk bola yang diinginkan oleh Ronan, seorang villain kuat dengan ambisi yang mengancam jagat raya.

Untuk menghindari Ronan yang pantang menyerah, Quill terpaksa bekerja sama dengan sebuah kuartet makhluk terasing – Rocket, rakun bersenjata; Groot, makhluk mirip manusia yang berbentuk pohon; Gamora yang cantik dan penuh misteri; dan Drax The Destroyer yang penuh dendam.

Tapi ketika Peter mengetahui kekuatan asli dari benda yang ia curi dan bahaya yang dibawanya pada kosmos, ia harus berusaha sebaik mungkin untuk mengumpulkan sekutunya untuk berjuang – karena nasib jagat raya bergantung pada mereka.

Sedangkan untuk foto resminya (di atas) tak jauh berbeda dari concept art yang dikeluarkan sejak Comic-Con tahun lalu. Tapi kali ini kita sudah bisa sedikit menerka bagaimana wajah tokoh-tokoh yang diperankan oleh Chris Pratt, Zoe Saldana, Dave Bautista, Vin Diesel dan disuarakan oleh Bradley Cooper tersebut. Efek visual yang dimunculkan pada film tersebutyaitu seperti pemeran Rocket, Groot dan lain-lain.

3. Twilight

Twilight

Image : TeknoCore

Film yang banyak menerima penghargaan pada  MTV Movie Awards di Gibson Amphitheatre, Los Angeles, Amerika Serikat. Twilight menyabet Film Terbaik,  Adegan Pertengkaran Terbaik, penampilan Aktris Terbaik oleh Kristen Stewart, dan Aktor Pendatang Terbaik oleh Robert Pattison. Semua pemenang tersebut mendapatkan penghargaan berupa popcorn berlapis emas.

Cerita yang bertemakan kehidupan cinta segitiga antara Vampire, serigala dan manusia ini memiliki banyak sekali penggemar hingga pada seri film terakhir mereka yaitu, The Twilight saga : breaking dawn II. Efek visual yang ditampilkan pada film ini seperti hewan-hewan buas yang ditayangkan dan kabut.

4. Maleficent

Film dengan Efek Visual Terbaik

Image : video.disney.com

Maleficent adalah seorang peri yang tinggal di sebuah daerah bernama Moors, dimana seluruh peri dan bangsa non manusia hidup damai di sana. Maleficent menjaga Moors dengan baik dari serangan-serangan manusia yang biasanya punya maksud buruk di tempat mereka. Saat itu, Maleficent masih beranjak remaja namun dia sudah menjadi penjaga bagi Moors.

Film ini mendapat penghargaan sebagai Film tervaforit dan Film keluarga terbaik pada acara People’s Choice Award pada tahun 2015. Efek visual yang ditampilkan pada film ini seperti lingkungan di sekitar kastil yang seperti nyata dan kelihatan indah.

5. Transformers

Transformers

Image : GatehouseMedia

Transformers adalah film fiksi ilmiah Amerika yang diangkat dari kisah Transformers tahun 1984. Film ini memadukan teknologi CGI dengan aksi langsung. Teknologi CGI (Computer Generated Imagery) merupakan penerapan pencitraan grafis dengan menggunakan animasi 3 Dimensi untuk visual efek khusus.

CGI biasa digunakan dalam film, program televisi dan iklan, bahkan di media cetak. Film animasi Transformers menggunakan teknologi ini karena memiliki fungsi untuk efek visual yang sulit dilakukan pada adegan nyata.

CGI juga menjadi solusi penghematan biaya produksi film, namun dengan hasil visual yang sangat memuaskan, mirip adegan nyata. Misalnya adegan ledakan mobil, ledakan gedung, helikopter dan sebagainya. Film ini juga mendapatkan banyak penghargaan di setiap ajang di televisi.

Film yang baik akan menampilkan gambar yang baik pula, dimana hal yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata menjadi nyata setelah dilakukannya efek visual. Maka dari itu film tidak bisa lepas dari yang namanya efek visual. Karena dengan efek visual, film akan terlihat berkelas dan membawa penonton pada suasana yang ingin diciptakan oleh Sutradara.

Leave a Reply

Send this to a friend