• Our Partners:

Google Assistant di Ponsel Android

5 Fitur Google Assistant yang Harus Anda Nonaktifkan Mulai Sekarang

NESABAMEDIA.COM РMenggunakan fitur Google Assistant untuk membantu kegiatan Anda tentu menyenangkan karena hanya perlu pertanyaan singkat, seperti mengatur timer atau melaporkan cuaca hari itu sangat bagus. Anda dapat menggunakan asisten suaranya untuk mengelola rumah pintar Anda, menelepon teman atau restoran untuk dibawa pulang dan banyak lagi.

Namun, ada beberapa hal yang mungkin ingin Anda nonaktifkan di smart speaker atau smart display Google Anda. Setiap fitur Google Assistant belum tentu cocok untuk semua orang. Sebab, ada beberapa yang merasa tidak nyaman dan tidak terlalu membutuhkannya.

Apa saja fitur-fitur tersebut?

Pengaturan fitur voice recording

Google baru-baru ini mengumumkan perubahan pada pengaturan privasi rekaman suaranya. Kecuali Anda ikut serta, Google tidak akan menyimpan rekaman audio Anda atau membagikannya dengan penganalisis manusianya untuk meningkatkan algoritme Google. Namun, jika Anda memilih atau sebelumnya telah menyimpan rekaman audio, Anda dapat memilih berapa lama Google menyimpannya atau menghapusnya secara manual.

Continued Conversation

Untuk menyesuaikan pengaturan ini, kunjungi tautan ini atau di aplikasi homescreen Anda, ketuk gambar profil Anda di kanan atas, diikuti oleh Pengaturan Asisten. Di sana, Anda akan mendarat di tab Anda. Pilih Data Anda di Asisten dan gulir ke bawah ke Rekaman Audio. Ketuk untuk melihat opsi untuk menyimpan, meninjau, dan menghapus rekaman.

Untuk mematikan Continued Conversation di Home aplikasi, ketuk foto profil Anda di kanan atas, diikuti oleh Pengaturan Asisten. Di layar berikutnya, navigasikan ke tab Asisten. Di sana Anda akan melihat beberapa opsi termasuk Continued Conversation. Anda dapat menonaktifkan Continued Conversation dan melihat speaker mana yang akan terpengaruh.

Panggilan melalui fitur “hai Google” yang terlalu sensitif

Untuk menyesuaikan sensitivitas di aplikasi Home, ketuk pada gambar profil Anda di kanan atas, diikuti oleh Pengaturan Asisten. Di layar berikutnya, navigasikan ke tab Asisten dan Anda akan melihat beberapa opsi termasuk sensitivitas “Hai Google”. Di sana Anda akan dapat menyesuaikan sensitivitas untuk setiap speaker di rumah Anda. Pilih speaker yang ingin Anda sesuaikan dan pilih dari lima setelan dari “paling tidak sensitif” hingga “paling sensitif”.

Pengaturan kamera

Lampu indikator di samping lensa kamera menunjukkan status saat ini. Ini pertanyaan yang sulit, karena Anda harus ingat untuk menyalakan dan mematikannya setiap kali Anda menggunakan fitur kamera. Tetap saja, memiliki opsi untuk memastikan kamera Anda mati saat diperlukan itu penting.

Kontrol aktivitas via Google Assistant

Seperti rekaman suara, Google menyimpan informasi di situs dan aplikasi yang Anda gunakan dengan akun Google Anda. Jika Anda khawatir tentang privasi, sesuaikan pengaturan ini supaya pikiran Anda tenang.

Di tombol Home, ketuk gambar profil Anda di kanan atas, diikuti oleh Pengaturan Asisten. Ketuk tiga titik di kanan atas layar Anda dan pilih kontrol aktivitas Google. Di sana, Anda akan melihat halaman dengan opsi untuk mengontrol informasi mana yang dikumpulkan Google dari aktivitas aplikasi online dan seluler Anda. Anda juga dapat mengaktifkan hapus otomatis dan memilih seberapa sering data Anda dihapus.

Itulah lima fitur Google Assistant yang sebaiknya Anda matikan, tentunya dengan penyesuaian pribadi masing-masing.

Leave a Reply

Send this to a friend