Ini Dia 5 Kelebihan Iphone Dibandingkan dengan Android, Wajib Tahu!

Siapa sih yang tidak tergiur dengan smartphone keluaran Apple ? Iphone memang menjadi salah satu smartphone yang paling banyak di incar oleh para pengguna.

Karena Iphone dinilai lebih baik dibanding smartphone yang lainnya. Dari segi performa Iphone lebih unggul dibanding Android. Berikut adalah 5 kelebihan Ipgone di banding dengan Android.

1. Update OS

Update OS

Image : TheVerge

System operasi menjadi hal yang sangat diperhatikan ketika membeli smartphone. Karena system operasi dapat meningkatkan performa dari sebuah handphone dan juga system operasi terbaru memiliki beberapa fitur yang menarik.

Sistem operasi milik Iphone biasa di sebut dengan IOS, update IOS dari iphone terbilang sangat konsisten. Karena Apple selalu memberikan kesempatan bagi handphone lamanya untuk bisa merasakan IOS terbaru, seperti yang akhir-akhir ini sangat marak yaitu IOS 12.

Jika kamu masih menggunakan Iphone 5S, kamu tidak perlu khawatir karna kamu masih dapat mengupgrade IOS 12 di handphonemu.

Lain halnya dengan Android, Android tidak melakukan pemberitahuan yang pasti kapan upgrade OS terbaru dapat di upgrade, bahkan mereka cenderung tidak memberikan upgrade OS terbaru bagi smartphone yang lama.

Kalaupun mendapatkan upgrade OS, penyebarannya pun tidak menyeluruh. Karena hanya smartphone-smartphone dengan merk ternama saja yang dapat melakukan upgrade.

Dari sini kita dapat menilai kalau Apple sangat royal memberikan IOS terbaru pada smartphone lamanya dibandingkan dengan smartphone Android yang memiliki upgrade OS terbatas.

2. RAM Pada Iphone

RAM Iphone

Image : TheVerge

Jumlah RAM pada smartphone Android saat ini terbilang sangat banyak, Mengapa ? karena smartphone Android ada yang memiliki RAM sampai dengan 6 GB. Seperti pada Samsung galaxy S9 yang baru-baru ini dirilis.

Lalu bagaimana dengan Iphone ? RAM pada Iphone terbilang sangat sedikit, RAM paling besar pada Iphone hanya 4 GB. Itu juga baru ada pada Iphone XS dan Iphone XS Max.

Seri Iphone lainnya seperti Iphone 5s dan Iphone 6, mereka menggunakan RAM hanya sebesar 1 GB saja. Tetapi jangan ditanya lagi masalah performa, tentu saja dengan RAM sebesar 1 GB kalian dapat menikmati handphone ini tanpa suatu kendala apapun.

Bahkan kekuatan RAM 3 GB milik Android mampu di kalahkannya, karena RAM Android yang memiliki RAM sebesar 3 GB sampai 4 GB masih sering freezing dan lag. So, Apple memang paling ajib deh untuk mendesain dan mengolah hal dengan sangat epic dan tidak banyak pemborosan.

Performa RAM ini dibuktikan juga dengan ketika dimainkan game sebesar PUBG mobile menggunakan Iphone 6s semua masih lancar jaya tanpa crash.

3. Kamera Iphone seperti DSLR

Kamera Iphone

Image : Techno.id

Salah satu daya tarik handphone yang menjadi hal yang harus di perhatikan yaitu kualitas kamera. Hasil tangkapan kamera yang jernih dan mulus membuat orang semakin tertarik untuk membeli handphone, karena kebutuhan di jaman sekarang ini adalah sosial media.

Seperti Android yang biasanya memiliki resolusi kamera yang cukup besar dan fitur beauty face yang kekinian dirasa tidak cukup ampuh untuk menyaingi Iphone.

Karena uniknya, kamera Iphone yang memiliki resolusi lebih rendah dan terlihat seperti DSLR sangat menarik dan lebih baik dari pada tangkapan kamera dari handphone android yang memiliki resolusi lebih besar.

Pasti kamu bertanya-tanya apa hal yang membuat kamera Iphone lebih baik dari pada Android walaupun resolusinya kecil. Ya, Iphone memang lebih konsisten dengan menggunakan kamera yang bersolusi kecil tetapi ada alasan khusus dibalik Iphone memilih untuk menggunakan kamera beresolusi kecil ini.

Yaitu Iphone lebih fakus membesarkan ukuran sensor mereka dibanding resolusi pada kamera, karena sensor dinilai lebih berfaedah dan menghasilkan tangkapan kamera yang lebih mulus.

Contohnya pada kamera Iphone 5S. Disaat semua kamera android menggunakan resolusi yang besar hingga 13 MP, Iphone tetap konsisten menggunakan kamera dengan resolusi 8 MP.

Tetapi sebagai gantinya, Apple meningkatkan ukuran pada sensor fotodioda sebanyak 15% lebih besar ketimbang ukuran sensor di Iphone yang sebelum-sebelumnya.

Tidak hanya itu Apple juga lebih memilih untuk memperlebar ukuran Aperture yang memungkinkan dapat meningkatkan sensitivitas cahaya yang akan ditangkap oleh kamera pada Iphone tersebut sehingga hasilnya hampir mirip dengan tangkapan kamera DSLR, walaupun tidak 100% sama persis.

4. Kualitas Terhadap Instagram Stories

Instagram Stories Iphone

Image : Mashable

Kualitas Instagram stories yang dihasilkan oleh smartphone sedikit berbeda dengan hasil Instagram Stories dari Iphone. Pasti kamu masih bertanya-tanya tentang hal ini, kan ?

Memang kualitas Instagram Stories yang dihasilkan oleh Android lebih buram dibanding dengan Iphone. Walaupun tidak ada klarifikasi khusus tentang perbedaan tersebut tetapi beberapa orang menyimpulkan bahwa perbedaan ini dikarenakan versi smartphone Android memiliki banyak variasi.

Dengan begitu instagram harus menyesuaikan system mereka dengan variasi Android yang sekarang modelnya kian menjamur.

Berbeda dengan Iphone, Instagram tidak perlu mengintegrasikan system mereka ke kebanyakan handphone pada produk Apple yang satu ini.

Karena varian dari Iphone hanya sedikit. Mungkin dengan begitu, Instagram lebih fokus pada Iphone yang memiliki model handphone yang lebih sedikit.

Maka di Iphone pun memiliki fitur khusus pada aplikasi Instagramnya yang tidak ada di smartphone Android yaitu seperti fitur stopmotion.

5. Memiliki proteksi yang baik jika terjadi kehilangan

Find My Iphone

Image : Iphone Life

Kelebihan Iphone yang kelima ini merupakan kelebihan yang harusnya dimiliki oleh semua smartphone Android. Yaitu Apple dapat melakukan proteksi dengan baik pada Iphone kamu jika terjadi kehilangan.

Banyak cara yang  bisa kamu lakukan untuk mengatasi jika kamu kehilangan Iphone kamu, yaitu dengan menggunakan fitur Find My Iphone.

Tidak hanya dapat menampilkan lokasi terakhir kali, kamu juga dapat memproteksi Iphone kamu dengan jarak jauh dan mengontrol Iphone kamu saat hilang.

Android juga memiliki fitur seperti ini pada device manager tetapi tingkat proteksinya masih sangat jauh di bawah Iphone.

Dari kelima kelebihan diatas, Iphone masih menjadi juara di dalam smartphone  dengan performa dan proteksi yang sangat baik dibandingkan dengan smartphone Android.

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend