Aplikasi Emulator PS1

5 Rekomendasi Aplikasi Emulator PS1 untuk PC / Laptop (Pengguna Windows)

NESABAMEDIA.COM – PlayStation 1 pertama kali dirilis pada tahun 1994 di Jepang. PlayStation 1 merupakan sebuah konsol game generasi pertama milik perusahaan Sony. Konsol game ini dapat dikatakan konsol game yang sukses di pasaran. Game – game yang dimiliki PlayStaion 1 ini masih sering dimainkan oleh penggemarnya hingga saat ini.

Game PlayStation 1 masih sering dimainkan hingga saat ini karena adanya aplikasi emulator PS1 yang membantunya dapat eksis hingga sekarang. Jadi, tanpa menggunakan konsol Anda tetap bisa memainkannya menggunakan aplikasi emulator ini di PC atau laptop Anda.

Aplikasi Emulator PS1

Saat ini, sudah banyak aplikasi emulator PS1 yang dikembangkan oleh para developer. Sebenarnya bukan hanya emulator untuk PC saja yang tersedia, emulator untuk Android juga ada. Tapi pada artikel kali ini akan membahas aplikasi emulator PS1 pada PC atau laptop.

Berikut ini 5 rekomendasi aplikasi emulator PlayStation 1 yang bisa Anda gunakan di PC ataupun laptop. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

1. Emulator ePSXe

Emulator ePSXe

ePSXe merupakan salah satu aplikasi emulator PlayStation 1 yang paling populer. Aplikasi ePSXe ini termasuk aplikasi emulator PS 1 yang sangat berkualitas. Aplikasi ini memiliki kontrol yang bisa disesuaikan dan juga mempunyai dukungan pengontrol di semua platform.

Aplikasi ePSXe mempunyai dukungan grafis yang baik yang ditingkatkan oleh OpenGL yang mana terdapat opsi layar terpisah untuk game Local Multiplayer. Aplikasi emulator ini mempunyai fitur save dan load sehingga Anda bisa memainkan game yang sudah Anda simpan sebelumnya.

Aplikasi Emulator ePSXe ini dapat Anda unduh secara gratis di Windows, Linux, dan Mac OS. Lain halnya jika Anda ingin menggunakannya di Android, Anda harus membeli aplikasi emulator ini Google Play Store seharga $3,75 atau dalam rupiah sekitar Rp 65.000. Aplikasi emulator sPSXe ini dapat Anda perbarui secara berkala dan aplikasi ini masih menjadi aplikasi emulator lawas yang terbaik.

2. Mednafen 

Mednafen adalah Aplikasi Emulator PS1

Mednafen merupakan aplikasi emulator PS 1 yang disebarkan secara gratis di internet. Aplikasi ini pertama kali dirilis pada bulan April. Aplikasi Mednafen ini tidak hanya mendukung emulasi untuk game Play Station 1 saja, tapi game lainnya yang bukan termasuk game PS 1 seperti Game Boy Advance, Super Nintendo, Sega Genesis, WonderSwan, dan lain sebagainya juga bisa dimainkan menggunakan aplikasi emulator ini.

Emulator Mednafen ini masih terus dikembangkan oleh para relawan dan para developer tentunya untuk membuat performa dari aplikasi ini bisa terus dimainkan dengan lancar. PlayStation 1 merupakan platform game yang paling maju, sudah banyak game yang dapat dimainkan dengan sangat baik. Ada beberapa yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan emulator Mednafen ini untuk memainkan semua game retro yang Anda miliki.

Sebelum Anda bermain menggunakan emulator Mednafen ini, Anda perlu mengunduh file BIOS Anda sendiri agar emulator ini dapat berfungsi. Emulator Mednafen ini juga bisa berjalan lewat Command Line CPU Anda secara default. Tapi Anda tidak perlu bingung dan jangan khawatir, jika Anda tidak mengerti tentang file BIO, Anda bisa mengunduh MedGUI Reborn dan MetroMed agar memiliki tata letak yang lebih rapih dan mudah untuk digunakan.

3.  PcsxR

PcsxR

PcsxR merupakan aplikasi emulator PS1 yang sudah termasuk golongan cukup lama. Aplikasi emulator ini merupakan emulator pengembangan dari emulator legendaris yang sudah sering digunakan mulai dari tahun 2010 an. Emulator yang satu ini tergolong sudah cukup lama. Banya Bahkan, sudah digunakan dari tahun 2010-an. Saat ini, aplikasi emulator PcsxR sudah mempunyai perkembangan yang cukup baik.

Aplikasi emulator ini sudah dibuat lebih responsif dan juga sudah dapat menampilkan gambar yang lebih bagus dibandingkan tampilan dari aplikasi emulator pendahulunya. Emulator PcsxR mempunyai ukuran yang dapat dikatakan cukup kecil dibandingkan emulator lainnya. Sehingga aplikasi emulator ini memudahkan para penggunanya untuk mengunduh dan menggunakannya kapan saja.

Terlebih lagi aplikasi emulator ini dapat Anda unduh dan mainkan secara cuma – cuma alias gratis. Jadi, Anda tidak perlu lagi memikirkan biaya yang dikeluarkan untuk men-download aplikasi emulator ini yang mempunyai performa sangat baik.

4. RetroArch

Aplikasi Emulator PS1 untuk PC Windows

RetroArch sebenarnya secara teknis bisa dibilang bukan sebuah emulator. RetroArch sebenarnya merupakan sebuah “frontend” yang memungkinkan Anda mempunyai rangkaian emulator di satu tempat yang mudah digunakan. Untuk Play Station 1, core emulasinya berasal dari emulator Mednafen, jadi aplikasi RetroArh ini bagus dan cocok untuk Anda yang merasa kesulitan menggunakan emulator Mednafen sebagai aplikasi yang berdiri sendiri.

Salah satu hal yang paling menarik dari RetroArch ini adalah aplikasi ini kompatibel dengan NetPlay, yang artinya Anda bisa memainkan game pilihan secara online. Namun Anda tetap harus mengunduh file BIOS seperti emulator Mednafen untuk bermain game di dalamnya. Emulator ini dapat digunakan di PC dan juga Android.

Emulator RetroArch ini memiliki tampilan antarmuka yang inovatif yang menggabungkan berbagai fungsi ke dalam satu aplikasi. Emulator ini cocok untuk Anda yang senang mengotak – ngatik pengaturan dari emulator yang Anda miliki. Aplikasi RetroArch memungkinkan Anda para penggunanya untuk dapat membuat game atau bahkan membuat emulator versi Anda sendiri.

Aplikasi RetroArch ini menggunakan program sendiri yang bernama Liberto. Program ini dapat Anda modifikasi dengan mudah dan mempunyai berbagai macam fitur seperti OpenGL. Selain dengan menggunakan aplikasi ini dapat membantu Anda untuk bermain game PS1, aplikasi ini juga dapat membantu Anda untuk lebih kreatif dalam membuat desain program yang ingin Anda mainkan. Dan ukuran yang dimiliki aplikasi ini juga sangat kecil hanya sekitar 97 MB saja yang tentunya tidak akan menghabiskan ruang penyimpanan pada PC atau laptop Anda.

5. BizHawk

Aplikasi Emulator PS1 Windows 10

BizHawk merupakan emulator tambahan dari aplikasi Mednafen. Aplikasi emulator BizHawk ini sering digunakan oleh para gamers yang sering memainkan game kasual di PS1. Tapi daya tarik utama yang dimiliki emulator BizHawk ini adalah potensi kecepatannya. Kecepatan dalam memainkan game menggunakan emulator ini di PC sudah tidak diragukan lagi.

Aplikasi emulator BizHawk ini memungkinkan para gamers nya untuk menggunakan tools yang dapat mengubah alur permainan dan berjalan melalui game klasik. Aplikasi emulator ini mempunyai berbagai macam tools bantu pre-loaded yang digunakan untuk membantu para pengguna untuk memanipulasi game sesuai dengan keinginan mereka. Da juga ada fitur seperti rewinding untuk latihan dan juga recording tools.

Dengan dukungan PlayStation 1 aplikasi emulator BizHawk ini dapat digunakan di berbagai platform. Jika Anda tertarik dengan kecepatan emulator yang satu ini, Anda tidak perlu ragu lagi untuk memilih emulator ini untuk memainkan game PS1 Anda.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang aplikasi emulator apa saja yang cocok untuk memainkan PS1. Beberapa emulator diatas ada yang membutuhkan framework dan juga BIOS untuk dapat memainkannya dan Anda pun bisa mencari framework ataupun Bios tersebut dengan mudah di internet. Silahkan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend