Review Lengkap 5KPlayer : Bukan Hanya Sekedar Media Player!

Fitur Utama 5KPlayer yang Super KerenMenonton video atau mendengarkan lagu merupakan salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan oleh pengguna komputer. Banyak dari mereka yang lebih memilih menonton video / film dari rumah ketimbang harus capek-capek untuk datang ke bioskop.

Untuk memutar video di laptop, dibutuhkan sebuah software media player. Hampir semua sistem operasi memiliki media player bawaaan yang sudah terinstall secara default. Kalau di sistem operasi Windows, software tersebut diberi nama Windows Media Player.

Namun terkadang, fitur atau performa dari media player bawaan sistem operasi kurang memuaskan alhasil pengguna mencari alternatif media player yang memiliki fitur yang lebih kompleks dan memenuhi kebutuhan mereka. Salah satu media player gratis yang mungkin bisa anda jadikan pertimbangan adalah 5KPlayer.

Fitur Utama 5KPlayer yang Super Keren

5KPlayer merupakan media player besutan DearMob yang dilengkap dengan fitur yang kompleks dan sangat memanjakan penggunanya. Apa yang membuat 5KPlayer berbeda dari media player yang lain?

1. Bukan Hanya Sekedar Media Player

Di luar sana memang banyak media player yang bisa kita gunakan selain 5KPlayer. Namun hanya sedikit media player yang di dalamnya terdapat terdapat tool-tool lain seperti video editor, video cutter maupun video downloader. 5KPlayer memiliki itu semua!

5KPlayer memiliki tampilan yang modern dan menu navigasi yang mudah dipahami. Tidak hanya itu, 5KPlayer mendukung hampir semua format media seperti MKV, FLV, MP4, MP3, AAC dan lain sebagainya. Jadi anda tidak perlu khawatir file anda (file video atau musik) tidak dapat diputar oleh 5KPlayer.

Tersedia juga beberapa tombol shortcut yang mempermudah pengguna dalam mengoperasikan media player ini, seperti tombol Ctrl+O untuk membuka file video, Enter untuk menampilkan video secara fullscrean, Space untuk play / pause video dan lain sebagainya.

2. Download Video dari Situs Manapun

Anda pasti sering menonton video dari berbagai situs seperti Youtube, Dailymotion, Vimeo atau Facebook dan anda ingin sekali menyimpan video tersebut agar nanti bisa diputar suatu saat nanti. Namun untuk melakukan itu, terkadang anda kesulitan dan bingung bagaimana caranya.

Dengan adanya fitur downloader dari 5KPlayer, anda dapat mendownload video apapun dari 300 lebih situs tanpa ribet. Sangat jarang ditemui sebuah media player yang menyertakan fitur downloader di dalamnya, namun 5KPlayer berani memberikan fitur tersebut untuk memanjakan penggunanya.

Cara untuk mendownload video menggunakan 5KPlayer tidaklah sulit, anda dapat menyimak langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Pertama-tama buka video youtube yang ingin anda download. Kemudian copy linknya seperti gambar dibawah ini.

2. Pada aplikasi 5KPlayer, pilih Library.

download video dengan 5KPlayer 2

3. Setelah itu pilih menu Youtube lalu klik Paste URL & Analyze.

download video dengan 5KPlayer 3

4. Akan muncul preview / thumbnail video youtube yang akan anda download. Setelah itu pilih ikon gerigi (Setting) seperti yang ditunjuk tanda panah.

download video dengan 5KPlayer 4

5. Pilih resolusi yang anda inginkan. Semakin besar resolusi, semakin bagus kualitas videonya. Pilihan jenis resolusi bergantung pada masing-masing video, terkadang ada juga video yang hanya menyediakan opsi paling tinggi 480p. Terakhir pilih Done.

download video dengan 5KPlayer 5

6. Jika sudah menentukan resolusi videonya, silakan klik Download.

download video dengan 5KPlayer 6

7. Tunggu proses download hingga selesai. Lama tidaknya proses download bergantung pada kecepatan koneksi internet anda dan juga ukuran video yang didownload.

download video dengan 5KPlayer 7

8. Pada menu Videos, klik ikon Folder seperti yang ditunjuk tanda panah untuk melihat video yang barusan anda download tadi.

download video dengan 5KPlayer 8

3. Memotong Video Tanpa Ribet

5KPlayer juga menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk memotong video. Mungkin anda pernah ketika menonton video / film, anda hanya ingin melihat pada scene favorit anda saja. Dengan fitur ini, anda bisa mengambil scene mana saja yang anda sukai, dan membuang scene lain yang tidak diperlukan dalam video. Bagaimana cara melakukannya?

1. Buka video yang anda inginkan dengan cara klik kanan file video kemudian pilih 5KPlayer.

klik kanan file video

2. Setelah video berhasil diputar dengan 5KPlayer, pilih ikon gunting untuk melakukan pemotongan video.

pilih ikon gunting

3. Berikut ini tampilan jendela untuk proses pemotongan videonya. Anda juga bisa melakukan rotate pada video, mengganti warna video menjadi hitam-putih, tingkat brightness dan lain sebagainya.

proses pemotongan videonya

4. Untuk menentukan bagian mana saja yang ingin anda potong, tinggal geser start point (nomor 1) dan end point (nomor 2) sesuai keinginan anda. Bagian video yang berada diluar lingkup start point dan end point akan dihapus. Setelah itu, coba preview dulu videonya dengan cara klik Start preview. Jika dirasa sudah pas, kemudian pilih Save file untuk menyimpan hasil video yang telah dicut.

bagian mana saja yang ingin anda potong

5. Setelah proses cutting video selesai, anda akan diarahkan ke lokasi folder dimana video tersebut disimpan.

proses cutting video selesai

4. Convert Video ke Format Lain

Misalkan anda ingin mengubah video menjadi musik dengan format .mp3, maka anda bisa menggunakan 5KPlayer untuk melakukan itu. Sebenarnya opsi format file yang ditawarkan oleh 5KPlayer sangatlah terbatas, yakni kita hanya bisa mengconvert video ke format musik (.acc dan .mp3) dan format video (.mp4).

Menurut saya pribadi hal ini terbilang wajar mengingat fungsi utama dari 5KPlayer adalah sebagai media player yang berguna untuk memutar file-file media seperti video dan musik. Fitur untuk mengconvert video ke format lain hanyalah fitur tambahan yang ditawarkan oleh 5KPlayer. Lalu, bagaimana cara mengconvert video ke format lain dengan menggunakan 5KPlayer?

1. Buka aplikasi 5KPlayer kemudian pilih Library.

2. Setelah itu pilih menu Movies. Klik tanda + untuk menambahkan video yang akan diconvert.

3. Video sudah berhasil ditambahkan. Setelah itu, klik video tersebut kemudian pilih Convert seperti yang ditunjuk tanda panah.

4. Disini saya ingin mengubah video saya menjadi file musik (.mp3). Maka dari itu, kita pilih MP3: Convert to MP3.

5. Tunggu proses converting hingga selesai. Anda bisa mengecek file video yang berhasil diubah ke mp3 melalui menu Music.

5. Puluhan Fitur Unik Lainnya

Fitur dari 5KPlayer tidak hanya sebatas itu saja. Fitur menarik lainnya adalah:

Mendukung GPU accelerated
5KPlayer mendukung fitur GPU accelerated yang memungkinkan software ini dapat berjalan 10X lebih cepat dan lebih stabil. Hal ini tentu akan berdampak pada kepuasaan pengguna dalam mengoperasikan software ini.

Mendukung UHD Video
4K Ultra High Definition (UHD) merupakan format video yang memiliki kualitas lebih tinggi dari HD. Berbeda dengan HD yang umumnya memiliki resolusi antara 720 hingga 1080 piksel. UHD memiliki resolusi yang jauh lebih gahar yakni antara 2160 hingga 3840 piksel.

Mendukung Layanan DLNA
Digital Living Network Alliance atau yang sering disingkat dengan DLNA merupakan fitur yang memungkinkan kita dapat memutar video dan musik yang ada di smartphone kita untuk bisa dinikmati di perangkat lain seperti laptop atau PC selagi kedua perangkat tersebut masih dalam satu jaringan yang sama.

Meskipun begitu, yang bisa menggunakan layanan DLNA hanyalah perangkat yang memang mendukung fitur DLNA. Hampir semua perangkat smartphone dan laptop versi terbaru mendukung fitur DLNA ini.

Mendukung Layanan AirPlay
AirPlay merupakan teknologi wireless besutan Apple yang memungkinkan perangkat lain bisa terhubung dengan perangkat Apple seperti iPhone dan MacBook. Memutar video dan musik dari perangkat lain ke perangkat Apple menjadi lebih dahulu dan jauh lebih efisien.

Kesimpulan....

Untuk saat ini, 5KPlayer hanya dapat dijalankan di sistem operasi Windows dan MacOS dan kedepannya tentu saja akan ditingkatkan lagi sehingga dapat berjalan di platform lain. Untuk kedepannya kami berharap dukungan platform untuk 5KPlayer lebih diperlebar lagi sehingga pengguna dapat menggunakannya di perangkat manapun.

Kemudian untuk fitur converter lebih dikembangkan lagi, terutama dukungan format pada hasil output yang masih sedikit dan perlu ditambah lagi. Secara keseluruhan, 5KPlayer sangat layak digunakan dan wajib anda pertimbangkan untuk menjadi media player favorit anda!

5kplayer free media player

Overall
4.9
  • User Interface
    (5)
  • Functionality
    (5)
  • Compability
    (4.5)
  • Ease of Use
    (5)
  • Features
    (5)

Leave a Reply

Send this to a friend