• Our Partners:

7Zip Kini Dukung Fitur Keamanan Windows Mark of the Web (MoTW)

7Zip Kini Dukung Fitur Keamanan Windows Mark of the Web (MoTW)

NESABAMEDIA.COM7Zip akhirnya mendapatkan dukungan yang telah lama dinantikan, yakni fitur keamanan Windows ‘Mark of the Web’, yang menyediakan perlindungan lebih baik dari file berbahaya yang diunduh.

Ketika anda mengunduh file dari web, Windows menambahkan sebuah aliran data alternatif spesial bernama Zone.Id ke file, yang bernama Mark of the Web (MoTW). Pengidentifikasi ini memberitahu Windows dan aplikasi yang didukung bahwa file yang diunduh dari perangkat lain atau internet, memiliki resiko untuk dibuka atau dijalankan.

Ketika anda mencoba untuk membuka sebuah file yang baru saja diunduh, Windows akan memeriksa apakah fitur Mark of the Web ini tersedia dan jika memang ada, akan menampilkan peringatan tambahan kepada pengguna, bertanya untuk memastikan apakah mereka memang ingin menjalankan file tersebut. 

Microsoft Office juga akan memeriksa ada tidaknya MoTW, dan jika ditemukan, ini akan membuka dokumen dalam Protected View, dan file dalam mode Read-Only, serta fitur makro dimatikan. 

Untuk memeriksa apakah file yang sudah diunduh memiliki MoTW, anda bisa mengklik kanan file itu di Windows Explorer dan membuka bagian properti-nya. Jika file berisi MoTW, anda akan melihat sebuah pesan di bagian bawah, yang menyatakan “File ini berasal dari komputer lain dan mungkin terblokir untuk membantu melindungi komputer ini.”

Jika anda percaya akan file dan sumbernya, anda bisa memberi tanda centang pada kotak Unlock dan mengklik tombol Apply, yang akan menghapus MoTW dari File. Lebih lanjut, menjalankan file untuk pertama kalinya dan mengizinkan itu untuk terbuka, juga akan menghilangkan MoTW, jadi peringatan tidak lagi ditampilkan lagi ke depannya.

7Zip merupakan salah satu program pengarsipan yang populer di dunia, namun sampai sekarang, ini tidak memiliki dukungan untuk MoTW. Ini artinya apabila anda mengunduh sebuah arsip dari internet dan mengekstraknya dengan 7Zip, MoTW tidak akan menyebar ke file yang diekstrak, dan Windows tidak akan memperlakukan file yang diekstrak sebagai file yang beresiko.

Misalnya, jika anda mengunduh sebuah file zip yang berisi dokumen Word, maka file zip akan memiliki MoTW, namun dokumen Word yang diekstrak tidak memilikinya. Oleh karenanya, Microsoft Office tidak akan membuka file tersebut dalam Protected View.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend