• Our Partners:

Mengupas Jenis Teknologi Panel Layar: LCD dan OLED (Part 1)

Industri layar perangkat telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Dengan begitu banyak standar yang bersaing di pasaran saat ini, seringkali sulit untuk mengetahui apakah teknologi yang sedang berkembang layak dibanderol dengan harga mahal. OLED dan QLED, misalnya, terdengar cukup mirip di permukaan tetapi, pada kenyataannya, keduanya adalah jenis teknologi layar yang sama sekali berbeda.

Semua ini bagus dari sudut pandang teknologi, di mana kemajuan dan persaingan pada umumnya sama dengan nilai yang lebih baik bagi pengguna akhir. Namun, dalam jangka pendek, hal itu tentu membuat pembelian layar baru menjadi hal yang membingungkan.

Untuk membantu dengan keputusan semacam, nesabamedia.com telah merangkum semua jenis layar yang digunakan dalam perangkat elektronik seperti tablet atau smartphone.

LCD

LCD, atau Liquid Crystal Display yang berarti layar dengan material kristal cair, adalah yang tertua dari semua jenis layar dalam daftar ini. LCD terdiri dari dua komponen utama: lampu latar dan lapisan kristal cair.

Sederhananya, kristal cair adalah molekul berbentuk batang kecil yang mengubah orientasinya dengan adanya arus listrik. Pada layar, ini semacam teknologi yang mengizinkan atau memblokir cahaya agar tidak melewatinya. Proses ini juga dibantu oleh filter warna untuk menghasilkan subpixel yang berbeda. Dalam hal ini, dasarnya adalah nuansa warna primer merah, hijau, dan biru yang bergabung untuk membentuk warna yang diinginkan. Pada jarak pandang yang wajar, piksel individu (biasanya) tidak terlihat oleh mata kita.

Karena kristal cair tidak menghasilkan cahaya sendiri, LCD mengandalkan cahaya latar putih (atau terkadang biru). Lapisan kristal cair kemudian hanya membiarkan cahaya ini melewatinya, tergantung pada gambar yang perlu ditampilkan.

Banyak hal tentang persepsi kualitas gambar tampilan bergantung pada lampu latar, termasuk aspek seperti kecerahan dan keseragaman warna.

OLED

OLED adalah singkatan dari Organic Light Emitting Diode. Bagian organik di sini hanya mengacu pada senyawa kimia berbasis karbon. Senyawa ini bersifat electroluminescent, yang berarti mereka memancarkan cahaya sebagai respons terhadap arus listrik.

Dari deskripsi ini saja, mudah untuk melihat bagaimana OLED berbeda dari LCD. Karena senyawa yang digunakan dalam OLED memancarkan cahayanya sendiri, dengan kata lain senyawa ini adalah teknologi yang memancarkan. Sehingga tidak memerlukan lampu latar. Inilah sebabnya mengapa OLED secara universal lebih tipis dan lebih ringan daripada panel LCD.

Karena setiap molekul organik dalam panel OLED memancarkan, anda dapat mengontrol apakah piksel tertentu menyala atau tidak atau bahkan menyingkirkan arus dan piksel yang mati. Prinsip sederhana ini memungkinkan OLED mencapai tingkat warna hitam yang luar biasa, mengungguli LCD yang terpaksa menggunakan lampu latar yang selalu menyala. Selain memberikan rasio kontras tinggi, mematikan piksel juga mengurangi konsumsi daya.

Kontrasnya saja akan membuat teknologi itu sepadan, tetapi manfaat lain juga ada. OLED membanggakan akurasi warna yang tinggi dan sangat serbaguna. Smartphone yang dapat dilipat seperti seri Samsung Galaxy Flip tidak akan ada tanpa fleksibilitas fisik AMOLED, yang merupakan bagian dari OLED.

Teknologi pada OLED rentan terhadap retensi gambar permanen atau burn-in. Ini adalah fenomena di mana gambar statis di layar dapat menjadi timbul, terbakar, atau hanya menua secara berbeda dari waktu ke waktu. Karena itu, produsen sekarang menggunakan beberapa strategi mitigasi untuk mencegah burn-in.

AMOLED dan POLED?

Baik AMOLED dan POLED adalah istilah umum di industri smartphone tetapi tidak menyampaikan informasi yang mendetail.

Huruf AM di AMOLED mengacu pada penggunaan rangkaian matriks aktif (Active Matrix) untuk memasok arus, yang bertentangan dengan pendekatan matriks pasif (PM) yang lebih primitif. P di POLED, menunjukkan penggunaan substrat ‘plastik’ di dasarnya. Plastik lebih tipis, lebih ringan, dan lebih fleksibel daripada kaca. Ada juga Super AMOLED, yang merupakan merek mewah untuk tampilan yang memiliki digitizer layar sentuh terintegrasi.

Meskipun Samsung menggunakan branding Super AMOLED, banyak dari layarnya juga menggunakan substrat plastik. Smartphone dengan layar melengkung tidak akan mungkin terwujud tanpa fleksibilitas plastik. Demikian pula, hampir setiap tampilan POLED menggunakan matriks aktif.

Singkatnya, subtipe OLED hampir tidak beragam seperti LCD. Selain itu, hanya segelintir perusahaan yang memproduksi OLED sehingga ada variasi kualitas yang lebih sedikit dari yang diharapkan. Samsung memproduksi sebagian besar OLED di industri smartphone. Sementara itu, LG Display hampir memonopoli pasar OLED berukuran besar. Ini memasok panel ke Sony, Vizio, dan raksasa lainnya di industri televisi.

Berikutnya: Mengupas Jenis Teknologi Panel Layar: Mini-LED, Quantum Dot dan MicroLED (Part 2) 

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments