• Our Partners:

Begini Menyembunyikan Recent Files di File Explorer Windows 11

Beberapa waktu yang lalu, Microsoft mulai memberikan peningkatan di File Explorer untuk perubahan tampilan dan fitur yang mereka miliki. Namun kini, beberapa pengguna merasa tak nyaman dengan fitur seperti Recent Files di File Explorer Windows 11, Rabu (15/03).

Pengembangan yang dilakuka oleh Microsoft terus berlanjut, yang mana kali ini hadir melalui File Explorer.  Beberapa waktu yang lalu mereka memang telah menerapkan versi terbaru dari antarmuka File Explorer, namun agaknya menjadi sedikit rancu karena fitur yang dihadirkan telah ada sebelumnya.

Fitur Home di File Explorer misalnya, fitur ini merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengakses berkas atau folder dengan lebih cepat. Fitur ini juga akan menampilkan sejumlah informasi dari berkas-berkas yang terakhir kali diakses seperti fitur Recent Files.

Begini Menyembunyikan Recent Files di File Explorer Windows 11 3
Recent Files

Jika Anda mengingat dengan saksama, fitur ini mirip seperti fitur Recommended di Start Menu Windows 11 22H2. Jadi, bisa dibilang Microsoft hanya buang-buang waktu saja untuk merilis fitur yang telah ada di sistem Windows 11. Selain itu, fitur ini menimbulkan rasa tak nyaman karena bisa saja pengguna mengakses berkas sensitif dan privasi, yang mana kemudian akan ditampilkan meskipun bukan diakses oleh pemilik PC.

Mengenai hal ini, kami akan memberikan cara untuk menyembunyikan fitur Recent Files di File Explorer yang bisa Anda ikuti dengan beberapa langkah mudah. Selanjutnya, simak beberapa langkah menyembunyikan fitur ini di File Explorer.

  1. Buka akses Folder Option di File Explorer.
  2. Buka Tab General, pilih Privacy.
  3. Lihat pilihan Show Recently Used Files.
  4. Nonaktifkan tanda centang (Anda bisa mencentangnya kembali untuk menampilkan fitur).
  5. Pilih
  6. Langkah terakhir pilih
  7. Proses selesai.

Setelah Anda selesai, maka nantinya Home di File Explorer tidak akan menampilkan fitur Recently Files lagi. Berikut penampakannya:

Begini Menyembunyikan Recent Files di File Explorer Windows 11 2

Bagaimana menurut Anda? Mudah sekali bukan? Jadi selain memberikan fitur baru tak lupa Microsoft juga memberikan dukungan fitur kostumasi yang bisa diatur oleh penggunanya.  Berangkat dari ulasan pengguna Microsoft yang selama ini memang terbiasa dengan akses kostumasi fitur di sistem Windows.

Editor: Hudalil Mustakim

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Hudalil Mustakim

Hudalil Mustakim, lebih akrab dipanggil Alil. Saya seorang Content Writer yang cukup lama bergelut dalam bidang ini, saya menyukai hal baru khususnya dalam menulis berbagai macam gaya penulisan artikel yang bervariasi.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments