• Our Partners:

Nesaba Review: Oppo Find X6 Pro, Flagship Kamera Spek Gila!

Oppo adalah salah satu merek ponsel yang saat ini banyak menguasai pasaran di Asia, merek ponsel ini memang terkenal dengan produk-produk andalan mereka yang banyak hadir di pasaran Mid-Range. Tetapi, Oppo juga kerap merilis seri ponsel Flagship mereka dan salah satu yang banyak disoroti ialah Oppo Find X6 Pro.

Apa yang membuat Oppo Find X6 Pro berbeda dan kelebihan apa saja yang mereka hadirkan? Well, harus diakui bahwa Oppo Find X6 Pro berhasil memikat saya karena spesifikasi kamera yang menurut saya tidak tanggung-tanggung. Ponsel ini hadir dengan kemampuan kamera super tinggi, resolusi yang tajam, hingga teknologi yang mereka hadirkan.

Pengembangan teknologi yang mereka hadirkan sejujurnya sudah sangat cocok untuk Oppo Find X6 Pro, di mana melalui seri ini mereka menghadirkan ponsel khusus untuk pasar Flagship yang mereka rilis secara global.

Pengisian baterai yang cepat, hingga dukungan layar OLED yang mereka hadirkan di Oppo Find X6 Pro terasa sangat pas dan cocok untuk pasarnya. Terlebih, harga yang ditawarkan oleh Oppo di seri ini bisa dikatakan lebih murah dari seri Flagship lainnya.

Nesaba Review: Spesifikasi Oppo Find X6 Pro, Flagship Kamera Spek Gila!

Menawarkan spesifikasi yang tinggi serta dukungan teknologi kamera yang sangat memuaskan, Oppo Find X6 Pro berhasil memikat saya dan ribuan konsumen di pasaran global. Lebih lengkapnya, berikut ini rangkuman singkat spesifikasi Oppo Find X6 Pro, simak selengkapnya:

  • Material/Desain: 164.8×76.2×9.1mm, 216g; Glass front (Gorilla Glass Victus 2), glass back (Gorilla Glass 5) or eco-leather back, aluminum frame; IP68 dust/water resistant (up to 1.5m for 30 min).
  • Spesifikasi Layar: 6.82″ LTPO3 AMOLED, 1B colors, 120Hz, Dolby Vision, HDR10+, 800 nits (typ), 1500 nits (HBM), 2500 nits (peak), 1440x3168px resolution, 19.8:9 aspect ratio, 510ppi.
  • Prosesor: Qualcomm SM8550-AC Snapdragon 8 Gen 2 (4 nm): Octa-core (1×3.2 GHz Cortex-X3 & 2×2.8 GHz Cortex-A715 & 2×2.8 GHz Cortex-A710 & 3×2.0 GHz Cortex-A510); Adreno 740.
  • RAM/Memori: 256GB 12GB RAM, 256GB 16GB RAM, 512GB 16GB RAM; UFS 4.0.
  • OS/Software: Android 13, ColorOS 13.1.
  • Kamera Belakang: Wide (main): 50 MP, f/1.8, 23mm, 1.0″-type, 1.6µm, multi-directional PDAF, Laser AF, OIS; Telephoto: 50 MP, f/2.6, 65mm, 1/1.56″, 1.0µm, 2.8x optical zoom, multi-directional PDAF, OIS; Ultra wide angle: 50 MP, f/2.2, 15mm, 110˚, 1/1.56″, 1.0µm, multi-directional PDAF, OIS.
  • Kamera Depan: 32 MP, f/2.4, 21mm (wide), 1/2.74″, 0.8µm, PDAF.
  • Perekaman Video: Rear camera: 4K@30/60fps, 1080p@30/60/240fps; gyro-EIS; HDR, 10‑bit video, Dolby Vision; Front camera: 1080p@30fps, gyro-EIS.
  • Baterai: 5000mAh; 100W wired, PD, 45% in 10 min, 100% in 30 min (advertised), 50W wireless, 50% in 22 min, 100% in 51 min (advertised), 10W reverse wireless.
  • Lainnya: Fingerprint reader (under display, optical); Infrared port; stereo speakers.

Unboxing, Design & Build Quality

Pembelian dar Oppo Find X6 Pro datang dengan kotak ponsel yang kali ini hadir dengan pilihan warna hitam, yang menurut saya cukup unik karena menghadirkan varian warna gelap. Bahanya terbuat dari kertas tebal dan kokoh, cukup untuk menahan benturan keras.

Saya sendiri merasa cukup terkejut, karena Oppo bahkan memberikan adaptor dari USB A-to-C yang mampu mengisi hingga 100W SuperVOOC Charging.

Konsumen juga akan mendapatkan 10A-Rated Cable yang diberikan secara gratis. Ini tentu berbeda dengan beberapa Flagship yang pernah saya ulas sebelumnya di Nesaba Review, di mana rata-rata hadir dengan USB saja tanpa adator alias dijual terpisah.

 

Nesaba Review: Spesifikasi Oppo Find X6 Pro, Flagship Kamera Spek Gila!
Aksesoris Oppo Find X6 Pro

Selama Oppo merilis seri Oppo Find, desainnya memang sudah tak diragukan lagi yang mana menurut saya hadir dengan bentuk desain yang berbeda dengan produk Oppo lainnya, tak terkecuali Oppo Find X6 Pro.

Saya menemukan desain yang unik, eksklusif dan elegan dalam satu ponsel ini. Oppo berhasil menghadirkan desain premium yang tidak kalah dari kompetitornya.

Oppo Find X6 Pro menggunakan Camera Modul yang terbuat dari bahan kaca atau lebih cocok dikatakan keramik, hal ini sama dengan material yang ditemukan di Find X5 dan Find X2. Oppo Find X6 Pro hadir dengan desain yang lebih tajam, inovatif dan titik kecil berwarna kuning tua yang hadir di area bawah kameranya.

Material keramik yang mereka gunakan ialah Gorilla Glass 5, yang akan melindungi kamera Oppo Find X6 Pro dari benturan yang cukup keras hingga goresan. Varian lainnya seperti Green dan Black juga hadir dengan material yang sama, titik kuning tua yang saya singgung di atas merupakan Camera Housing yang didesain khusus oleh Oppo.

Nesaba Review: Spesifikasi Oppo Find X6 Pro, Flagship Kamera Spek Gila!

Bisa dikatakan, untuk Build Quality yang dihadirkan di Oppo Find X6 Pro sangat kokoh dan memberikan kesan kuat dan aman karena telah menggunakan perlindungan baik di Camera Housing hingga layar OLED yang mereka gunakan. Bahkan, layarnya telah dibekali dengan Dolby Vision dengan tingkat kecerahan hingga lebih dari 2,000 nits.

Layar Lebar & Super Jernih

Oppo Find X6 Pro dibekali dengan dimensi layar hingga 6,82 inci dengan jenis LTPO3 OLED yang mana saat ini menjadi salah satu layar ekslusif yang bisa anda dapatkan di seri Flagship Android. Ini mampu memberikan resolusi dan Refresh Rate yang sangat tinggi, apalagi dengan dukungan Dolby Vision yang diklaim mampu mencapai 2,500 nits.

Nesaba Review: Spesifikasi Oppo Find X6 Pro, Flagship Kamera Spek Gila!

Ponsel ini juga hadir dengan Bezel tipis yang memberikan kesan layar super lebar dan potongan Notch yang kecil. Notch ini berisikan kamera depan yang mencapai resolusi 32MP, menjadikan Oppo Find X6 Pro sebagai salah satu Flagship dengan resolusi kamera depan yang tinggi.

Layar cekung, Bezel tipis dan OLED yang mereka gunakan dilindungi oleh Gorilla Glass Victus 2. Hal yang cukup mengejutkan ialah ada satu Stereo Speakers yang hadir di bawah layar tepat sebelum Frame pertama.

Juga dukungan Fingerprint Scanner tidak akan ditemukan di setiap sisi ponsel, karena telah pindah di layarnya langsung dengan menggunakan teknologi Under-Display Fingerprint Scanner.

Nesaba Review: Spesifikasi Oppo Find X6 Pro, Flagship Kamera Spek Gila!
Under-Display Scanner

Oppo juga mengklaim bahwa Oppo Find X6 Pro telah dibekali dengan peningkatan pemindaian sidik jari, saya sendiri merasakan hal ini karena kemampuan ponsel ini yang mampu memindai sidik jari secepat kilat.

Selain itu, pengalaman menggunakan Oppo Find X6 Pro juga terasa nyaman karena meskipun desain layarnya cekung namun bagian belakangnya memiliki desain datar, yang membuat ponsel ini nyaman digenggam.

LTPO OLED yang mereka hadirkan juga diberikan tambahan maksimal resolusi yang tinggi, Oppo memberikan maksimal hingga 3168 x1440px dengan kedalaman 510ppi dan 10-bit Color Depth.

Selain dilengkapi dengan Dolby Vision ponsel ini juga telah mendukung HDR10+. Tentunya dibekali dengan tingkat kecerahan layar yang mencapai 2,500 nits, tentunya kitab isa menggunakan Oppo Find X6 Pro di luar ruangan tanpa perlu takut kecerahannya menurun.

50MP Camera & 1” Sensor Camera

Nesaba Review: Spesifikasi Oppo Find X6 Pro, Flagship Kamera Spek Gila!

Harus saya akui, Oppo Find X6 Pro hadir sebagai salah satu ponsel dengan kamera terbaik saat ini, desain kamera, sensor dan resolusi yang mereka tawarkan seakan menjadikan ponsel ini sebagai pengganti kamera DSLR yang biasa digunakan untuk memotret.

Jangan tertipu akan 50MP resolusi kamera yang mereka gunakan, meskipun ada yang lebih tinggi namun yakinlah Oppo Find X6 Pro mampu memberikan gambar dengan resolusi, kualitas, ketajaman dan detail yang sangat baik. Ponsel ini dibekali dengan 50MP kamera utama, 1” sensor dari Sony diikuti oleh 50MP Ultrawide Autofocus dan 50MP Zoom Camera dengan dukungan Stabilized Periscope.

Nesaba Review: Spesifikasi Oppo Find X6 Pro, Flagship Kamera Spek Gila!
Hasil Jepretan Oppo Find X6 Pro

Oppo menggunakan kembali 1” sensor dari Sony yang sama seperti Xiaomi 13 Pro dan 12 Ultra. FYI, 50MP Sony IMX890 hadir sebagai salah satu sensor terbaik saat ini dan ditambah Oppo memberikan dukungan fitur kamera yang sangat lengkap, bahkan juga dibekali dengan Night Mode yang mana mendukung untuk digunakan di tiga mode kamera Oppo Find X6 Pro.

Nesaba Review: Spesifikasi Oppo Find X6 Pro, Flagship Kamera Spek Gila!
Mode Ultrawide

Nah salah satu fitur menarik yaitu Dolby Vision HDR yang sama seperti di iPhone, di mana mampu mencapai maksimal resolusi hingga 4K 30 fps. Untuk pengaturan lebih jauh, ponsel ini memberikan akses untuk mengatur warna dan menyimpan gambar dan video menggunakan format HEIF dan HEVC.

Battery Life

Oppo Find X6 Pro kembali memberikan kejutan lainnya yang membuat saya terkesan, yaitu sebagai Flagship dengan kapasitas baterai yang besar di mana hadir dengan 5,000 mAh. Untuk kelas ponsel Flagship kapasitas ini tentunya sudah sangat besar.

Setelah melakukan pengujian, Oppo Find X6 Pro berhasil mendapatkan Battery Endurance Rating yang mencapai 114H. Daya tahannya mampu bertahan hingga 19 jam untuk browsing, 19 jam Video Playback dan 31 jam akses jaringan 3G untuk menelepon.

Nesaba Review: Spesifikasi Oppo Find X6 Pro, Flagship Kamera Spek Gila!
Uji Coba dari SmartViser

Jika dibandingkan, maka Oppo Find X6 Pro memiliki total daya tahan baterai yang terbilang memuaskan, di mana menurut data maka Oppo Find X6 Pro memiliki daya tahan yang tinggi di atas seri Find X5 Pro dan Vivo X90 Pro.

Selain itu kapasitas baterainya diikuti oleh kecepatam pengisian daya baterai yang super cepat, Oppo memberikan kecepatan pengisian daya hingga 100W SuperVOOC Wired Charging. Untuk adaptornya, seperti yang telah saya singgung di atas bahwa Oppo memberikan adaptor dengan kecepatan 100W secara gratis.

Oppo Adaptor 100W, Nesaba Review: Spesifikasi Oppo Find X6 Pro, Flagship Kamera Spek Gila!
Adaptor 100W dari Oppo

Selain dibekali dengan Wired Charging dengan kecepatan yang tinggi, Oppo Find X6 Pro juga hadir dengan Wireless Charging yang mampu mengisi daya hingga kecepatan 50W. Tetap saja ini tergolong cepat loh!

Dalam kurung waktu 5 menit, Oppo Find X6 Pro mampu mengisi daya baterai hingga 25% dan hanya dalam waktu 30 menit saja ponsel ini bisa langsung mengisi waktu hingga 100%, hanya dalam waktu 30 menit!!!

Nesaba Review: Spesifikasi Oppo Find X6 Pro, Flagship Kamera Spek Gila!

Jika dibandingkan maka Oppo Find X6 Pro memang mendapatkat peningkatan dari seri terdahulunya yaitu Find X5 Pro bahkan lebih cepat dari Galaxy S23 Ultra yang menjadi seri Flagship terbaru dari Samsung yang dirilis Februari kemarin.

Prosesor dan Sistem Operasi

ColorOS 13.1 & Android 13

Oppo Find X6 Pro memanjakan konsumennya dengan sistem operasi terbaru dan ColorOS terbaru yang tentunya akan memberikan Support Device yang tentunya akan berjangka lama. Oppo sendri memberikan janji bahwa Oppo Find X6 Pro akan mendapatkan 4 kali Major Update dan 5 tahun Security Patch dari Android.

ColosOS, Nesaba Review: Spesifikasi Oppo Find X6 Pro, Flagship Kamera Spek Gila!

Dengan dukungan Android 13 dan ColorOS terbaru membuat Oppo Find X6 Pro mendapatkan dukungan fitur-fitur baru dari Oppo dan juga Android, salah satunya ialah tema yang lebih banyak, performa yang lebih kencang, hingga fitur untuk menghemat baterai. Untuk tema, anda dapat mengunduhnya melalui toko tema resmi dari Oppo.

Nesaba Review: Spesifikasi Oppo Find X6 Pro, Flagship Kamera Spek Gila!
Koleksi Tema Universal Lebih Banyak

Untuk tema yang mereka hadirkan, anda akan mendapatkan banyak sekali kostumasi tema karena UI yang dihadirkan oleh Oppo. Saya sendiri merasa puas, karena akhirnya Oppo memberikan kendali lebih baik untuk pengalaman mengatur UI/UX dari ponsel mereka. Ngomong-ngomong mengenai UI dan UX, di Oppo Find X6 Pro anda dapat menggunakan Dark Mode dengan tiga jenis mode gelap.

Performa Prosesor

Sebagai ponsel Flagship Oppo Find X6 Pro hadir dengan prosesor terbaru dari Qualcomm, selayaknya Samsung Galaxy S23 Ultra. Oppo Find X6 Pro telah menggunakan Snapdragon 8 Gen 2 yang mana menjadi prosesor keluaran terbaru dari Qualcomm, diikuti oleh LPDDR5X RAM dan UFS 4.0 dari penyimpanan lokal.

Prosesor Snapdragon 8 Gen 2 hadir dengan Octa-Core dan 1 Prime Core, 3 Efficient Core atau 1+2+2+3 configuration. Ini artinya memiliki CPU 1×3.2GHz Cortex-X3 + 2×2.8 GHz Cortex-A715 & 2×2.8GHz Cortex-A710 & 3×2.0GHz Cortex-A510 CPU cores. Kesimpulannya, sudah tidak diragukan lagi kecepatan performanya.

Spesifikasi ini juga diikuti oleh dukungan W-Fi 7, Bluetooth 5.3, Dual-SIM mendukung 5G dan NFC. Unit yang saya gunakan ialah 16GB RAM dan 512GB penyimpanan lokal yang mana juga hadir dengan varian lain seperti versi 12GB RAM dan 256GB penyimpanan lokal.

Oppo mengklaim bahwa Oppo Find X6 Pro hadir dengan performa baterai yang lebih baik, di mana mereka telah memberikan konfigurasi Prime CPU yang mampu membuat ponsel ini stabil dan tahan panas ketika digunakan untuk bermain game dengan intensitas yang tinggi. Lantas, bagaimana dengan uji coba dari Geekbench? Simak di bawah ini:

Geekbench Oppo Find X6 Pro

Dengan Multi-Core Oppo Find X6 Pro berhasil mendapatkan poin hingga 4791 dengan poin performa, di mana membuat mereka berhasil mengalahkan beberapa kompetitornya seperti Honor Magic5 Pro dan Xiaomi 12S Ultra serta Oppo Find X5 Pro.

SIngle Core Geekbench Oppo FInd X6 Pro

Sedangkan untuk Single-Core mereka berhasil mendapatkan poin hingga 1496 yang membuat mereka lebih baik dari Xiaomi 13 Pro, Vivo X90 Pro dan Huawei Mate 50 Pro. Poin yang didapatkan ialah tingkatan perform dari Oppo Find X6 Pro, di mana mreka hampir setara dai Galaxy S23 Ultra.

Kisaran Harga Oppo Find X6 Pro

Nesaba Review: Spesifikasi Oppo Find X6 Pro, Flagship Kamera Spek Gila!

Oppo Find X6 Pro dibanderol dengan harga yang beragam tergantung dari RAM dan penyimpanan lokal yang anda beli, di mana untuk varian tertinggi yaitu 16GB/512GB dibanderol mulai dari 21 jutaan.

Sedangkan varian 12GB/256GB dibanderol mulai dari 19 jutaan. Jika dilihat dari harga dan spesifikasi yang mereka tawarkan, Oppo Find X6 Pro bisa saya katakana Worth It!

Editor: Muchammad Zakaria

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Hudalil Mustakim

Hudalil Mustakim, lebih akrab dipanggil Alil. Saya seorang Content Writer yang cukup lama bergelut dalam bidang ini, saya menyukai hal baru khususnya dalam menulis berbagai macam gaya penulisan artikel yang bervariasi.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments