Akhirnya Whatsapp Tidak Bisa Digunakan di Android 4.0.4

Akhirnya Whatsapp Tidak Bisa Digunakan di Android 4.0.4

Jika anda memiliki perangkat Android yang cukup lama dan anda mengandalkan WhatsApp untuk sebagian besar komunikasi, nesabamedia.com punya kabar buruk untuk anda. Mulai 1 November 2021, Facebook, atau lebih tepatnya aplikasi perpesanan milik Meta akan berhenti mendukung perangkat yang menjalankan Android 4.0.4 dan yang lebih lama. Jadi jika anda ingin tetap menggunakan aplikasi ini, anda tidak memiliki pilihan lain selain beralih ke smartphone Android yang lebih baru. 

Namun mengingat sudah banyak perangkat yang menawarkan Android 4.1 dan yang lebih baru, anda tidak akan kehabisan pilihan.

Karena WhatsApp selalu memperbarui aplikasinya untuk meningkatkan keamanan dan fitur, ini berarti mereka harus meningkatkan persyaratan perangkat keras minimum dari perangkat yang mereka dukung. Sayangnya, ini berarti perangkat lama yang hanya dapat menjalankan sistem operasi Android versi lama akan tertinggal. Dan itulah yang terjadi sekarang karena WhatsApp mengumumkan bahwa mereka tidak lagi memberikan dukungan perangkat dengan Android 4.0.4 dan versi yang lebih lama.

Meskipun anda masih dapat menjalankan aplikasi, lebih baik buat cadangan riwayat obrolan sekarang juga, jika merasa data dan pesan yang di Whatsapp anda anggap penting . Anda dapat mengakses ke Settings → Chat → Chat Backup → Cadangkan. Jika anda telah mencadangkan secara berkala ke Google Drive, maka itu juga akan lebih mudah. Anda juga dapat mengekspor riwayat obrolan anda untuk obrolan individu atau grup. Buka Chat dan ketuk opsi lainnya dan pilih ekspor obrolan. Anda memiliki opsi untuk mengekspor dengan atau tanpa media.

Jika anda tidak tahu lagi versi Android apa yang dijalankan perangkat anda, anda dapat memeriksanya dengan membuka Settings → About Phone, lalu menggulir ke bawah untuk menemukan versi apa yang sedang dijalankan. Jika 4.0.4 atau lebih rendah, maka anda harus mulai berpikir untuk mendapatkan perangkat baru untuk bisa kembali menjalankan WhatsApp. Atau jika anda lebih memilih menggunakan smartphone dengan versi Android tersebut, mungkin sudah waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal pada WhatsApp dan mencari aplikasi perpesanan lain.

Tetapi pengguna juga harus menyadari bahwa pada akhirnya, aplikasi perpesanan lainnya itu juga bisa saja berhenti memberikan dukungan perangkat anda yang lebih lama. Jadi, anda mungkin memang ingin mempertimbangkan untuk meningkatkan ke perangkat yang lebih baru.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend