• Our Partners:

Aksesibilitas di Windows 11 Gunakan Context Menu versi Lama?

Aksesibilitas di Windows 11 Gunakan Context Menu versi Lama?

Microsoft memang telah menerapkan beberapa perubahan yang cukup berbeda di sistem mereka, di mana salah satunya ialah perubahan akan Context Menu. Kabarnya, Microsoft masih akan menggunakan versi lama mereka di aksesibilitas Windows 11, Sabtu (31/12).

Microsoft saat ini telah memberikan dua jenis yang berbeda untuk Context Menu yang hadir di Windows 11, tentunya salah satu dari kedua Context Menu ini hadir dengan UI yang jauh lebih modern dan disesuaikan dengan WinUI.

Sedangkan untuk yang satunya, Microsoft masih memberikan dukungan yang sama namun dengan tampilan UI yang lebih jadul atau versi lama. Aksesnya juga masih menggunakan perintah yang sama, di mana pengguna hanya perlu menekan kombinasi CTRL + SHIFT dan klik Show More Option.

Context Menu sendiri merupakan fitur yang mana telah dirilis sejak lama, bahkan di era Windows sebelum Windows 10 dan Windows 11. Mengubah aksesibilitas ini tentunya menjadi salah satu cara dari Microsoft akan semua sistemnya bisa membawa UI yang sama, sehingga ekosistem penggunanya bisa terjaga.

Ada kabar menarik mengenai Context Menu yang hadir di Windows 11 ini, di mana salah satu pengguna Twitter membagikan bahwa Microsoft saat ini tengah menguji UI dari Context Menu versi lama sebagai aksesibilitas yang ada di Windows 11.

Mengenai hal ini, dugaan sementara muncul karna hadirnya sebuah fitur AccessibilityXAMLContextMenu yang hadir dengan kode ID 39696859, di mana fitur ini bisa dengan mudah diaktifkan oleh mereka yang menggunakan akses ViveTool di Windows 11, khususnya mereka yang menggunakan Insider Dev Channel.

Bagaimana tampilan Context Menu ini tampil? Menurut bocoran yang kami terima, Microsoft akan menggunakan UI lama mereka yang akan hadir untuk semua pengguna Windows 11, berikut gambarnya:

Aksesibilitas di Windows 11 Gunakan Context Menu versi Lama? 2

Namun tentu ini baru uji coba saja, kemungkinan besar Microsoft masih akan memberikan akses manual untuk penggunanya. Jadi bagi yang menyukai tampilan lama atau baru masih bisa mengubahnya dengan mengaturnya secara manual di lama Settings.

Bagaimana menurut Anda? Mungkin saja Context Menu ini akan dihilangkan dari Show More Option, namun pengguna bisa mengaktifkannya kembali melalui pengaturan yang tersedia di Windows 11.

Editor: Hudalil Mustakim

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend