Alasan Wajib Mengganti Smartphone Android Setiap Dua Tahun

Alasan Wajib Ganti Smartphone Android Dua Tahun Sekali

NESABAMEDIA.COMBanyak yang mengatakan bahwa anda tidak perlu mengganti perangkat smartphone anda, kecuali jika itu sudah rusak atau tidak bisa digunakan lagi.

Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena siklus dukungan yang buruk yang ditawarkan oleh pabrikan, anda sebaiknya ganti smartphone Android anda setiap dua tahun sekali, terhitung dari tanggal perangkat itu diluncurkan. 

Ini memang sebuah kenyataan yang mengecewakan yang banyak diharapkan pengguna untuk bisa diubah. Namun sampai perubahan itu datang, pengguna Android harus secara serius mempertimbangkan untuk ganti smartphone mereka setiap dua tahun sekali. 

Masalah Keamanan

Alasan paling utama untuk mengganti smartphone Android setiap dua tahun sekali adalah karena masalah keamanan dan privasi. Perangkat anda berisi banyak sekali informasi pribadi, seperti kata sandi, pesan, dan data lokasi.

Peretas bisa menjual informasi ini jika mereka berhasil membobol dan mengambilnya dari anda, dan bisa dibilang sangat mudah untuk meretas perangkat lawas daripada perangkat baru. 

Kenapa bisa demikian? Google merilis pembaruan keamanan penting untuk Android setiap bulan, dan pabrikan smartphone bertanggung jawab untuk mengirimkan pembaruan ke produk mereka. Namun faktanya mereka jarang melakukan ini secara rutin tiap bulan, dan bahkan tidak sama mengirimkan sama sekali ketika produk mereka telah berusia lebih dari dua tahun .

Harga Jual Menurun

Toko ritel biasanya menawarkan ratusan diskon smartphone baru saat anda menawarkan perangkat untuk ditukar, meskipun tentu saja, diskon ini seringnya tergantung pada usia dan kualitas smartphone yang anda berikan. 

Sayangnya, permintaan smartphone Android lawas tidak begitu banyak. Untuk bisa mendapatkan harga jual yang tidak terlalu jatuh cukup banyak, anda bisa menjual smartphone lama anda sebelum itu benar-benar dikategorikan terlalu tua. 

Smartphone Baru, Fitur Baru

Masalah keamanan dan privasi, bisa dijadikan motivasi untuk secara rutin mengganti smartphone anda. Namun, mendapatkan fitur baru dari smartphone baru adalah sebuah bonus.

Smartphone baru tidak hanya dilengkapi oleh kamera yang lebih baik, tetapi itu juga memiliki sejumlah fitur yang mungkin anda lewatkan, seperti jaringan 5G.

Belum lagi, baterai smartphone bisa menua dengan sangat cepat. Mengganti smartphone dengan cukup sering, akan membantu anda mempertahankan masa pakai baterai ketimbang harus menggunakan aplikasi penghemat baterai yang pada dasarnya tidak memberikan keuntungan apa pun. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend