10+ Alat Musik Betawi Beserta Gambar dan Penjelasannya, Sudah Tahu?

Betawi merupakan julukan atau panggilan ke suatu etnis dimana yang pada umumnya bisa kita lihat dari nada bicaranya.

Berbicara tentang Betawi, suku Betawi adalah salah satu suku di Indonesia yang penduduknya mayoritas bertempat tinggal di Jakarta. Betawi memiliki beberapa bidang kesenian, seperti lagu, tarian, dan alat musik tradisional yang mempunyai beragam jenis. Tapi artikel ini hanya akan membahas tentang alat musik Betawi.

Alat Musik Betawi

Betawi merupakan suku bangsa asli Indonesia yang berada di Provinsi DKI Jakarta, ibukota negara Republik Indonesia. Suku Betawi mempunyai keragaman seni dan budaya yang masih tetap terjaga hingga saat ini.

Salah satunya adalah alat musik tradisional Betawi yang beraneka ragam dan masih bisa dijumpai dalam beberapa acara daerah. Berikut 10 alat musik tradisional Betawi:

1. Gambang Kromong

Alat musik Betawi - gambang kromong

Alat musik tradisional Betawi Gambang Kromong adalah sebuah orkes musik yang namanya merupakan perpaduan dari 2 buah benda, yaitu Gambang dan Kromong. Gamang Kromong memanfaatkan alat musik tradisional khas Betawi dalam sebuah pertunjukan. Ada juga yang menyebut bahwa orkes ini juga Tradisi Cina Banteng.

Gambang Kromong merupakan salah satu bukti dari toleransi terhadap sesama yang selaras pada unsur pribumi dengan etnis Tionghoa, mengapa demikian? Karna alat musik yang digunakan ada yang bernuansa Tionghoa seperti Sukong, Tehyan, dan Kongahyan. Perpaduan inilah yang menjadikan perbedaannya jadi indah.

Gambang Kromong merupakan kesenian musik Betawi yang hampir sudah merata ke seluruh lokasi Betawi (dalam artian DKI Jakarta dan juga area sekitarnya).

Jika kamu pergi ke daerah-daerah yang masih kental akan dengan unsur kebudayaan Cina dan juga Betawi-nya tentu ada kemungkinan untuk menemukan banyak kelompok orkes Gambang Kromong di daerah tersebut.

2. Marawis

Alat musik marawis

Marawis juga termasuk alat musik Betawi yang masih dilestarikan hingga saat ini. Marawis mungkin sudah tidak asing di kalangan masyarakat baik Jakarta atau sekitarnya. Karena alat musik marawis biasa digunakan dalam acara hari keagamaan ataupun perayaan tertentu.

Tidak hanya itu, alat musik ini jua biasanya digunakan untuk mengiringi proses perkawinan pada suku Betawi. Bentuk dan cara memaikan marawis hampir sama dengan alat musik rebana dengan cara dipukul menggunakan tangan kanan.

Dalam pertunjukannya, biasanya marawis diiringi dengan nyanyian para pemainnya. Dan juga, penggunaan atribut lain seperti seragam, peci, dan juga ondel-ondel. Biasanya digunakan agar pertunjukan menjadi semakin meriah.

3. Tanjidor

Alat musik Betawi - Alat Musik tanjidor

Tanjidor adalah jenis alat musik tradisional Betawi yang berupa kesenian Betawi sejenis orkes. Selain Gambang Kromong, alat musik Tanjidor sudah tersedia sejak abad ke-19 yang dulunya atas usulan Mayor Jantje di daerah Citeureup.

Kesenian Tanjidor juga bisa kita temukan di Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan, tetapi sangat disayangkan menurut infonya, Tanjidor dari Kalimantan Selatan telah punah.

Tanjidor berasal dari nama sebuah grup musik Tangsi (sebuah asrama militer Nippon/Jepang) yang kebetulan saat itu dimainkan penduduk Betawi yang sedang bekerja untuk hiburan pribadi. Hingga saat ini, Tanjidor lumayan sering digunakan jikalau ada acara rutinitas daerah tertentu seperti saat pesta perayaan Cap Go Meh di kalangan Betawi Chinese.

4. Kemong

Alat musik Betawi - Alat musik kemong

Alat musik tradisional Betawi yang juga masih digunakan sampai sekarang adalah kemong. Secara fisik, kemong memiliki bentuk yang hampir sama dengan gong.  Bedanya ukura kemong lebih kecil dan berjumlah banyak dalam satu barisnya. Alat musik ini bisa dibilang memiliki umur cukup lama dan menjadi salah satu bagian dari kesenian gambang kromong khas Betawi.

Cara memainkannya yaitu dengan dipukul menggunakan tongkat yang ujungnya sudah diberi pelapis berupa kain atau karet. Setiap kemong memiliki suara yang berbeda dalam satu baris atau rangkaian. Biasanya alat musik ini selalu ada dan digunakan dalam pertunjukan musik saat perayaan khusus masyarakat Betawi.

5. Keroncong Tugu

Alat musik keroncong tugu

Keroncong Tugu merupakan kesenian musik Betawi yang merupakan campuran antar budaya Indonesia dengan budaya luar Portugis. Pemberian nama Tugu sendiri digunakan dikarenakan dulunya sering dimainkan dan dipentaskan oleh masyarakat Tugu, Jakarta Utara.

Dalam kesenian ini juga memanfaatkan macam-macam alat musik tradisional khas Betawi. Jenis musik inilah yang menjadi awal dari keroncong Betawi asli, yang dikenal dengan sebutan Keroncong Tugu.

6. Gendang

alat musik gendang

Gendang merupakan sebuah alat musik yang sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. karena gendang selalu digunakan dalam pertunjukan musik tradisional. Meski begitu, banyak juga yang tidak tahu bahwa alat ini merupakan alat musik tradisional dari Betawi.

Cara memainkan gendang yaitu dengan cara memukul bagian sisi ujung dari alat musik ini. Walaupun terlihat mudah, tetapi untuk menyeimbangkan gendang dengan alat musik lain tidaklah mudah. Umumya gendang memiliki ketukan yang berbeda dengan yang lain. Dan dari situlah keseimbangan musik dan nilai estetika suaranya akan muncul.

7. Gender

Alat musik Betawi - alat musik gender

Gender sebenarnya masuk dalam salah satu alat musik gamelan. Dan untuk cara memainkannya adalah dengan cara dipukul. Biasanya gender terdiri dari 10-14 bilah  dalam suatu baris danmenghasilkan suara bervariasi.

Fungsi utama dari alat ini adalah untuk memberi isyarat kepada vokalis untuk mulai bernyanyi. Gande juga bisa untuk mengiringi rebab saat bernyanyi. Bahkan gender juga bisa berfungsi untuk memimpin jalannya lagu yang sedang dibawakan.

8. Gong

alat musik gong

Gong merupakan sebuah alat musik yang mungkin sudah tidak asing bagi masyarakat Jawa. Selain digunakan di daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur, gong juga termasuk dalam alat musik tradisional Betawi. Cara memainkannya yaitu dengan cara dipukul pada sisi yang menonjol di permukaan depan.

Selain digunakan untuk mengiringi orkes musik, ternyata alat musik gong juga biasa dimainkan pada upacara kematian. Bunyinya yang khas mampu memberikan nilai tersendiri bagi pendengarnya. Tidak hanya itu, gong juga biasa digunakan pada acara perkawinan baik di dalam gedung/luar gedung dengan tema adat Jawa.

9. Gambus

alat musik gambus

Orkes gambus merupakan budaya Betawi yang dipengaruhi budaya Timur Tengah. Orkes ini biasanya ditampilkan pada acara pesta perkawinan untuk mengiringi para penyanyi gambus baik laki-laki maupun perempuan. Orkes gambus umumnya digunakan memainkan lagu-lagu gambus yang memiliki lirik religius maupun lagu-lagu cinta berbahasa Arab.

Pada kesempatan-kesempatan tertentu, orkes gambus digunakan untuk mengiringi Tari Zapin, yaitu tari pergaulan yang lazimnya dilakukan oleh kaum pria saja.

10. Sukong

Alat musik Betawi - alat musik sukong

Sukong termasuk alat musik melodi dalam sebuah pentas grup musik. Bentuk alat musik Betawi ini seperti rebab (alat musik tradisional timur tengah) dari Arab, namun ukurannya lebih kecil dari rebab.

Cara memainkan sukong yaitu dengan cara dipetik, bukan digesek. seperti alat musik dengan dawai sedikit lainnya. Jumlah senar sukong adalah 2 buah.

Sukong dalam kesenian gambang kromong berfungsi sebagai Bass karena dapat menghasilkan suara yang unik dan memiliki nada dasar G. Penggunaan sukong dapat dilihat pada kesenian gambang kromong karena memang sukong merupakan bagian dari alat musik gambang kromong.

Leave a Reply

Send this to a friend